arkademi Kursus Online No. 1

3 Cara Menjadi Barista untuk Mulai Bisnis Kedai Kopi!

2 min read

cara menjadi barista

Kejarlah ilmu sampai negeri china, tapi kalau kamu mau tau cara menjadi barista tidak perlu pergi jauh-jauh kok, cukup baca artikel ini sampai selesai yaa. Arkademi sudah merangkum 3 cara menjadi barista yang mudah untuk kamu ikuti, mulai dari yang gratis sampai berbayar untuk mendapat sertifikasi profesi yang selanjutnya bisa kamu gunakan untuk melamar lowongan pekerjaan barista atau bahkan memulai bisnis kedai kopi sendiri!

Semakin hari banyak merek kedai kopi bermunculan, bahkan hingga menjamur ke daerah-daerah padat penduduk. Kalau kamu merasa tertantang untuk memulai bisnis dengan melihat peluang ini, pertama-tama kamu perlu tau dulu caranya menjadi barista untuk bisa mengelola bisnis kedai kopi yang stabil.

Secara umum ada 3 cara menjadi barista yang idealnya perlu kamu ambil, yaitu otodidak atau belajar sendiri melalui media sosial yang tersedia, mengambil kelas tatap muka atau offline dan bisa juga mencari pelatihan online bersertifikat yang tersedia di Arkademi. Untuk tau lebih detail, yuk lanjut baca informasi dibawah:

cara menjadi barista

3 Cara Menjadi Barista

  1. Belajar menjadi Barista secara otodidak

Di era digital saat ini, kita semakin dimudahkan untuk mendapat informasi dari berbagai sumber terpercaya salah satunya informasi untuk mengolah kopi untuk kebutuhan sendiri maupun untuk berlatih menjadi barista. Sudah banyak content creator yang membagikan tips and trik cara membuat kopi yang baik dan benar, tidak jarang para konten creator ini juga merupakan spesialis di bidangnya.

Salah satu konten creator sekaligus World Brewers Cup adalah James Hoffman, memulai karirnya sebagai barista dia sudah memiliki gelar master brewer yang diakui dunia, terkenal dengan bukunya yang berjudul The World Atlas of Coffee, laki-laki ini juga menjadi content creator yang aktif membagikan informasi seputar kopi, tips dan trik menyeduh kopi manual dan jenis-jenis biji kopi yang bisa kamu tonton di Youtube James Hoffman. 

cara menjadi barista
  1. Mengikuti sekolah Training Barista

Cara menjadi barista yang kedua melalui sekolah tatap muka atau kursus yang diadakan oleh Lembaga yang diakui, di Indonesia sudah ada beberapa kedai kopi sekaligus berperan sebagai Lembaga penyedia pelatihan menjadi barista maupun untuk mengembangkan bisnis kedai kopi. Sebut saja Esperto Barista, ABCD Coffee dan Firstcrack Coffee & Roastery.

Harga kelas yang ditawarkan tiap Lembaga berbeda dan tergantung pelatihan yang dipilih, jika kamu hanya tertarik untuk menjadi barista manual brew kami sarankan untuk memilih kelas yang memfokuskan pelatihan pada Teknik penyeduhan manual tanpa mesin espresso. Idealnya, sebagai barista kamu perlu memiliki kemampuan melakukan Teknik latte art yang hanya bisa kamu dapatkan jika mengambil kelas espresso/cappuccino. Semua Lembaga ini sudah mengantongi izin untuk mengeluarkan sertifikasi yang diakui di industri kopi dengan mentor yang profesional, sehingga jika di rata-rata harga pelatihan kopi mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp7.000.000.

cara menjadi barista
  1. Pilih pelatihan di Arkademi

Kamu mau jadi barista tapi belum memiliki dana untuk mengambil pelatihan tatap muka? Tenang aja, di Arkademi kamu bisa memilih pelatihan yang dirancang untuk barista pemula. Melalui kelas Menjadi Barista kamu akan mendapat ilmu bagaimana cara membuat berbagai olahan kopi menggunakan Teknik manual dan mesin espresso yang umum digunakan di kedai kopi kekinian. Pelatihan ini tergolong sangat terjangkau jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan, kamu hanya perlu membayar Rp349.000, karena dilakukan secara online kamu bisa mengakses pelatihan darimana saja dan kapanpun. Menarik bukan?

Nah, itu tadi 3 cara menjadi barista yang bisa kamu lakukan. Tidak ada pelatihan yang lebih baik maupun buruk, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini saja ya. untuk kamu yang bertekad #liftupyourskill ada banyak pilihan pelatihan yang bisa kamu ambil di Arkademi.com jadi langsung saja daftarkan diri ya!

Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika republik Indonesia, Arkademi mengkhususkan pembelajaran berbasis keahlian untuk membantu meningkatkan daya siang Angkatan kerja Indonesia sesuai dengan perkembangan industri hari ini. Download aplikasinya di Google Play Store.

arkademi Kursus Online No. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.