9 Jenis Minuman Kopi dan Cara Pembuatanya yang Wajib Diketahui

Bisnis

Apa aja sih jenis jenis minuman kopi? Semakin hari bisnis kedai kopi semakin dilirik oleh banyak orang terutama yang memiliki modal terbatas.

Dasar utama yang perlu kamu miliki untuk memulai usaha kedai kopi adalah mengambil pelatihan online atau offline guna mendapat sertifikat yang bisa meningkatkan kredibilitas kamu sebagai Barista sekaligus pemilik kedai kopi.

Pun begitu, pelatihan tatap muka untuk mendapat sertifikat sebagai Barista tergolong mahal, di pasaran kelas untuk menjadi barista pemula mulai dari Rp2.000.000-7.000.0000 bahkan lebih, belum lagi kamu perlu mengambil dua sertifikat sekaligus untuk menjadi Barista dan pelatihan layak membangun kedai kopi/manajemen kopi. 

Maka itu Arkademi menawarkan pelatihan barista secara online. Dengan harga yang lebih terjangkau Rp645.000, seluruh pelatihan dilakukan secara online dan kamu akan mendapatkan ilmu tentang jenis-jenis minuman kopi, identifikasi jenis kopi, cara serta Teknik pembuatan kopi. 

Pada akhir pelatihan, kamu juga akan mendapat dua sertifikat sekaligus. Menarik bukan? Untuk pengenalan awal, yuk baca lebih lanjut tentang jenis-jenis minuman kopi sebagai dasar pengetahuan.

Jenis-jenis minuman kopi berdasarkan tekniknya

jenis-jenis minuman kopi
(Sumber : Freepik)

Sebagai barista wajib hukumnya mengetahui jenis-jenis minuman kopi yang sering disuguhkan pada kedai kopi, umumnya kedai kopi saat ini menyediakan dua jenis minuman kopi yaitu kopi hitam yang diseduh tanpa tambahan susu/pemanis dan espresso based yang biasa dijasikan bersamaan susu, kental manis, atau syrup sebagai penambah rasa. 

Pada artikel ini kamu akan mengetahui jenis-jenis minuman kopi berdasarkan Teknik seduhnya.

1. Jenis minuman kopi dengan Teknik manual brew

Manual brew atau seduhan manual dikenal lebih dulu di dunia seduh kopi, Teknik ini hanya menggunakan air panas sebagai pelarut bubuk kopi tanpa tambahan apapun. 

Dalam Teknik penyeduhan manual brew pun dibagi menjadi dua, immersion (bubuk kopi yang dibiarkan berkontak dengan air panas secara langsung selama beberapa menit) Teknik ini bisa kita temukan pada penyeduhan kopi tubruk, menggunakan alat French press, Mokapot, atau Japanese Cold Brew.

Cara lain untuk menikmati kopi dengan Teknik manual brew adalah pour over atau sebuah Teknik yang membatasi waktu kontak bubuk kopi dengan air panas. 

Seorang barista harus mampu mengekstraksi bubuk kopi menggunakan alat yang tepat untuk menghasilkan citarasa yang baik, pada pelatihan online maupun tatap muka yang kamu ambil pastilah akan ada kelas untuk menggunakan alat seperti V60, Syphon, atau Chemex.

Baca Juga : Cara Menjadi Barista untuk Mulai Bisnis Kedai Kopi!

2. Jenis minuman kopi dengan mesin/espresso based

Sebagai pemilik kedai kopi tentunya kamu mau memiliki varian jenis-jenis minuman kopi yang bisa dinikmati oleh banyak orang dong? Maka dari itu penting untuk kamu juga mempelajari cara mesin pembuat kopi. 

Seduhan yang umum disebut espresso based ini selanjutnya akan ditambah beragam syrup, dan pemanis untuk menciptakan menu yang kekinian. 

Jenis Jenis Minuman Kopi yang Wajib Di Ketahui

jenis-jenis minuman kopi
(Sumber : Freepik)

Beberapa jenis-jenis minuman kopi hasil ekstraksi mesin kopi yang terangkum rapi dalam artikel ragam espresso based yang perlu kamu ketahui sebagai calon barista sekaligus pemilik kedai kopi:

1. Espresso

Sering digunakan sebagai macam-macam olahan minuman kopi, banyak juga orang yang menggemari meminum seduhan ini secara langsung. Memiliki tekstur kental, berwarna hitam pekat dengan rasa yang cenderung pahit.

2. Cappuccino 

Berbahan dasar espresso dan campuran susu, jika kamu mengikuti pelatihan online di Arkademi, kamu bisa mengetahui bahwa rasio perbandingan espresso dan susu bisa mengubah citarasa bahkan mengganti namanya menjadi Café Late, Flat White dan lain sebagainya.

3. Iced coffee 

Ini adalah jenis minuman kopi yang paling sering kita temukan di kedai kopi kekinian, biasanya berbahan dasar espresso, dengan tambahan syrup atau pemanis buatan lainnya dan bongkahan es untuk menambah kenikmatan. 

Jenis minuman ini memiliki banyak sekali ragam menu, bahkan kamu bisa meracik sendiri menu untuk dijadikan signature kedai kopi.

4. Latte

Jenis minuman ini bisa dibilang sangat populer sama seperti americano dan lainnya. Jenis kopi ini biasanya mempunyai ciri khas terdapat sedikit busa di atasnya. Dengan perpaduan antara espresso dan steamed milk membuat jenis kopi ini sangat nikmat untuk dinikmati.

5. Americano

Jenis kopi ini sangat mirip dengan kopi hitam yang terdiri dari espresso dan air panas. Cukup mudah bukan untuk dibuat seperti membuat kopi hitam. Membuat kopi hitam ini bisa dibuat sendiri dirumah dan hanya memerlukan bahan simpel tersebut.

6. Black Coffee

Semua orang pasti sudah pernah merasakan jenis kopi ini. Black coffee atau kopi hitam adalah kopi yang umumnya banyak di konsumsi oleh masyarakat baik itu remaja atau orang dewasa.

Dengan ciri khasnya yaitu mempunyai rasa yang pahit, kopi ini terbuat dari biji kopi yang yang sudah dijadikan bubuk dan di tuang dengan air panas.

7. Macchiato

Macchiato yang berarti tanda atau noda, sama seperti latte, ini adalah jenis kopi yang memiliki sedikit busa di atasnya, perbedaanya adalah pada jumlah busanya. Pada jenis kopi macchiato ini memiliki jumlah busa yang lebih sedikit.

8. Cortado

Ini merupakan jenis kopi perpaduaan antara espresso dan steamed milk hangat yang seimbang. Adanya campuran steamed milk berfungsi untuk mengurangi tingkat asam dari cortado.

9. Flat White

Bagi orang awam mungkin cukup asing mendengar jenis kopi ini. Jenis kopi flat white adalah kopi perpaduan antara cappucino tanpa foam dan taburan coklat yang berasal dari Australia dan New Zaeland.

Baca Juga : Langkah Untuk jadi Barista Handal, Meskipun Belum Berpengalaman

Nah, itu tadi jenis-jenis minuman kopi yang perlu kamu ketahui sebagai dasar pengetahuan untuk menjadi barista, jadi nanti saat kamu sudah memilih untuk mengambil pelatihan online maupun tatap muka kamu sudah memiliki bekal lebih dulu dibanding peserta lain ya! 

Di Arkademi, kamu bisa mengambil pelatihan online menjadi Barista dan bisnis kopi kekinian atau jika kamu memutuskan untuk fokus menjadi barista saja, kamu cukup mengambil pelatihan online resep aneka olahan kopi yang harganya lebih terjangkau, hanya Rp349.000 loh!

Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri kamu melalui website Arkademi atau download aplikasinya di Google Play Store. Arkademi terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informasi dan memiliki kapabilitas untuk mengeluarkan sertifikat yang diakui di dunia industri.