1. Beranda
  2. Hobi
  3. Video Editor: Tugas dan Tanggung Jawab Serta Jenjang karir

Video Editor: Tugas dan Tanggung Jawab Serta Jenjang karir

Pengertian video editor
HobiKarierPengembangan Diri

Video editor adalah profesi yang memiliki tugas untuk mengumpulkan serta mengolah materi video dari berbagai macam sumber menjadi satu kesatuan sesuai dengan tema video yang akan disebarluaskan ke masyarakat. Profesi ini memiliki peran penting dalam proses pembuatan video dan penentuan kualitas video yang akan ditampilkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang video editor, yuk simak artikel berikut ini!

Mengenal Apa Itu Video Editor

Video editor adalah sebuah profesi yang memiliki peran untuk mengumpulkan, memilih, mengelola sejumlah video yang telah ada menjadi satu kesatuan. Materi video yang diambil meliputi wawancara, efek suara, dialog, footage, dan lainnya.

Video editor adalah seseorang yang memiliki tanggungjawab untuk menyatukan seluruh materti video untuk menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati masyarakat. Video editor menjadi profesi yang berperan penting dalam kegiatan pasca produksi karena profesi ini yang akan menentukan kualitas video yang dibuat.

Tugas dan Tanggung Jawab Video Editor5 Tanggung jawab video editor

Untuk dapat menghasilkan video yang berkualitas dan menampilkan video dengan visualisasi yang baik, video editor memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai berikut :

  • Menggabungkan video atau menyatukan beberapa adegan untuk menjadi satu kesatuan yang selaras hingga terbentuk suatu cerita.
  • Memfilter video, yaitu memilih gambar yang penting untuk ditampilkan dan memberikan efek serta memanipulasi grafik agar meningkatkan tampilan video.
  • Mengolah suara, video editor akan mengolah suara asli yang muncul saat proses pengambilan gambar atau menambah suara tambahan yang diperlukan untuk memperkuat suasana video seperti tambahan musik atau sound effect.
  • Membuat Title, setelah seluruh video dan gambar telah tersusun menjadi suatu cerita yang utuh dan sesuai dengan scenario, video editor bertugas untuk membuat title atau judul video. Title akan berisikan informasi mengenai materi dalam video.
  • Finishing, setelah seluruh tahapan selesai dilakukan, video editor akan menyaksikan video yang dibuatnya bersama dengan sutradara, penata suara, dan crew lainnya. hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa video sudah tersusun dengan baik.

Baca juga: Rekomendasi Kelas Video Editing dan Software Untuk Pemula

Skill Video Editor

Adapun skill yang dibutuhkan untuk menjadi video editor adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kreativitas yang tinggi dan proaktif
  2. Inovatif, disruptive dan menyukai tantangan baru
  3. Kemampuan memperhatikan detail
  4. Kemampuan berkolaborasi dan bekerja dalam tim
  5. Kemampuan pemecahan masalah
  6. Adaptif dan mampu bekerja dalam lingkungan yang serba cepat
  7. Kemampuan manajemen waktu
  8. Kompeten dalam mengerjakan design software / software video editing
  9. Mampu berpikir sistematis
  10. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik (verbal)
  11. Kemampuan bekerja dibawah tekanan dan deadline
  12. Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 

Baca juga: 9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Seperti Apa Sih?

Cara Menjadi Video Editor

Untuk menjadi video editor dibutuhkan lulusan minimal SMK multimedia, komunikasi, atau jurusan komputer. Namun terdapat banyak juga video editor yang memiliki jenjang pendidikan akhir D3 atau S1 jurusan komputer.

Selain itu, untuk menjadi video editor kamu harus berlatih keterampilan komunikasi. Karena pekerjaan ini akan melibatkan banyak individu atau tim dalam berbagai divisi. Kemudian, komunikasi yang baik akan mempermudah dalam bertukar ide dengan orang lain.

Hal terpenting sebelum melamar pekerjaan menjadi video editor adalah membuat portofolio. Dokumen portofolio sangat penting untuk menunjukkan hasil karya yang pernah dikerjakan. Untuk fresh graduate, kamu dapat melampirkan hasil karya yang pernah dibuat selama berlatih video editing.

Baca juga: Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Contohnya

Cara Belajar Belajar Video Editor

Untuk menjadi seorang video editor professional dibutuhkan banyak latihan untuk dapat menghasilkan video berkualitas baik. Adapun beberapa aplikasi edit video yang dapat digunakan untuk berlatih adalah Magisto, Videoshow, Kinemaster, Filmorago, VQuick, Adobe Premiere Clip, Action Director Video Editor dan Videoshop Editor.

Jenjang Karir Video Editor

Seorang video editor memiliki prospek kerja yang cukup luas di berbagai perusahaan. Selain di perusahaan film, seorang video editor juga dapat bekerja di perusahaan penyiaran, agency, perusahaan video game, perusahaan multinasional, dan lain-lain. Berikut merupakan jenjang profesi dari video editor :

1. Staff Editor Video

Staff editor video merupakan pemula dalam bidang editor video. Biasanya seorang staff editor video akan ditugaskan untuk editing video sesuai dengan arahan tim atau atasannya.

2. Koordinator Editor Video

Seorang koordinator editor video diberikan wewenang atas memberikan masukan dan solusi pada setiap proyek yang dikerjakan. Jabatan ini bertugas untuk memberikan arahan pengeditan kepada staff editor video.

3. Direktur Artistik

Pada jabatan ini, direktur artistik bertugas untuk memberikan ide dan konsep pada suatu video atau film. Hal ini meliputi seluruh konsep film, tanggungjawab pada bagian operasional, hingga proses eksekusi dari pembuatan film.

Seorang video editor dituntut untuk dapat memberikan video dengan kualitas terbaik untuk dapat dinikmati penonton. Maka untuk dapat menjadi video editor profesional dibutuhkan keterampilan dan kreativitas.

Keterampilan dan kreativitas tersebut dapat dibangun dengan terus berlatih editing video dan mencari referensi.

Arkademi merupakan kursus online yang siap membantu kamu untuk meningkatkan karier dan keahlian di bidang video editing. Arkademi memiliki Kursus Video Editor Profesional dengan Adobe Premiere untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing di industri. 

Untuk detail lebih lengkap mengenai Kursus Video Editor Profesional dengan Adobe Premiere, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Skill untuk jadi video editor

Rekomendasi