Mengenal Apa Itu Project Manager (Panduan Lengkap)

Pengertian project manager dan kanapa penting didalam perusahaan
Pengembangan Diri

Proyek ingin berjalan dengan maksimal dan efisien, maka peran seorang project manager sangat diperlukan dalam hal ini.

Project manager merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan management dari sebuah proyek dari mulai perencanaan, pengawasan, kontrol hingga selesai dengan jangka waktu dan anggaran yang sudah disediakan.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar mengenai pengertian project manager, fungsi, jenis-jenisnya dan skill apa yang dibutuhkan.

Apa itu Project Manager

Seorang project manager merupakan pemimpin dalam sebuah proyek. Seorang project manager bertugas untuk memimpin tim dalam melakukan perencanaan, pengawasan, evaluasi dari setiap kegiatan proyek yang berlangsung.

Dilansir dari pmo.org, project manager adalah seorang profesional yang mengatur dan berorientasi terhadap tujuan dengan mengandalkan kreativitas dan berkolaborasi untuk membuat proyek berjalan dengan sukses.

Fungsi Project Manager

Seorang project manager memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, berikut ini beberapa fungsi project manager dalam perusahaan :

Meningkatkan Efektifitas

Seorang project manager memiliki fungsi untuk meningkatkan efektifitas kinerja dan anggaran agar sesuai dan maksimal. Project manager akan melakukan organisir dari setiap tugas yang akan dikerjakan supaya tidak tumpang tindih.

Menyelesaikan Tugas Tepat Waktu

Project manager akan memastikan semua tugas yang perlu dikerjakan selesai tepat waktu. Project manager harus mampu melakukan manajemen waktu supaya tugas yang dikerjakan dari setiap orang mampu dikerjakan sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan.

Melakukan Manajemen Anggaran

Sebuah proyek tidak akan lepas dengan yang namanya anggaran. Seorang project manager harus mampu melakukan manajemen anggaran supaya dapat meminimalisir anggaran yang tidak diperlukan.

Seorang project manager harus mampu mengambil tindakan supaya dapat memaksimalkan sumber daya agar lebih efisien dan efektif.

Meningkatkan Kualitas Kerja

Seorang project manager harus tetap menjaga kualitas pekerjaan yang dikerjakan, hal ini karena project manager akan melakukan pelaporan kepada stakeholder mengenai proyek yang dijalankan.

Baca Juga : Apa itu Project Management, Manfaat dan Perbedaan dengan Project Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Seorang project manager memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat kompleks karena sangat bertanggung dengan keberhasilan suatu proyek. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab pada umumnya untuk seorang project manager :

  1. Melakukan identifikasi tujuan, kebutuhan dan cakupan pekerjaan proyek tersebut.
  2. Melakukan perencanaan, pengawasan dan dokumentasi dari setiap tugas yang dilakukan.
  3. Memastikan semua tugas hingga hasil dapat selesai tepat waktu sesuai timeline yang sudah ditentukan.
  4. Mengelola semua sumber daya yang ada agar berjalan efektif dan sesuai.
  5. Menjaga hubungan baik dengan stakeholder dan memberikan laporan mengenai proyek.
  6. Membuat planning mengenai manajemen resiko dari setiap kegiatan yang dilakukan.
  7. Melakukan dokumentasi dari setiap tindakan atau tugas yang dilakukan.
  8. Memastikan semua pekerjaan selesai dengan baik dan memiliki kualitas yang baik juga.

Tanggung Jawab diatas merupakan tanggung jawab umum yang biasanya wajib ada dalam project manager. Tentunya setiap perusahaan memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai project manager yang berbeda. Berikut ini merupakan tugas project manager dari lowongan di Indonesia.

Tipe Project Manager

Dilansir dari Harvard Business Review terdapat 4 tipe project manager. Berikut ini adalah tipe-tipe project manager tersebut :

#Prophet

Jenis project  manager ini memiliki sangat aktif dalam mencari peluang baru demi pertumbuhan yang ada. Tipe project manager ini sangat menyukai tantangan dan terkadang melewati batas.

Project manager ini memiliki visi misi yang sangat jelas dan melihat sangat meyakinkan saat berhadapan dengan klien mengenai peluang atau terobosan yang ada.

#Gambler

Jenis project manager ini biasanya bekerja sesuai dengan aturan yang ada, tapi tidak memiliki data yang ada dan valid sehingga tidak bisa memprediksi keberhasilan dari sebuah proyek yang ada.

Tipe project manager ini mampu untuk meyakinkan perusahaan dalam mengambil keputusan yang besar juga, tetapi sangat memiliki resiko yang sangat tinggi.

#Expert

Tipe project manager ini bekerja berdasarkan data yang kuat, ia akan mengambil resiko dengan mempertimbangankan data yang dia punya. Project manager ini biasanya mampu mengajak perusahaan dalam mengambil peluang yang ada dan divisi lain untuk berkembang dari zona nyaman.

#Executor

Jenis project manager ini biasanya bergerak berdasarkan kesuksesan proyek-proyek sebelumnya. Ia biasanya bergerak sejalan dengan pertumbuhan perusahaan dan menghindari resiko yang tinggi.

Baca Juga : Perilaku Kerja Prestatif dan Manfaatnya Bagi Karirmu

Jenis Project Manager berdasarkan Industri

Selain berdasarkan tipe sifat dari project manager itu sendiri, terdapat jenis-jenis project manager berdasarkan tempat dia bekerja.

Berikut ini beberapa tipe project manager berdasarkan industrinya :

1. Marketing project manager

Jenis project manager ini biasanya bertugas untuk melakukan perencanaan, manajemen, dan pelaksanaan proyek kampanye pemasaran. Mereka mengidentifikasi keterampilan dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek pemasaran tepat waktu dan dalam anggaran, serta mengawasi mereka yang bekerja pada kampanye pemasaran.

2. Architectural project manager

Jenis project manager ini bertugas untuk memimpin proyek arsitek dan perancang dari anggaran hingga implementasinya.

Mereka biasanya mengunjungi lokasi konstruksi dan memberikan rekomendasi selain itu juga melakukan inspeksi. Seorang manajer proyek arsitektur juga bertanggung jawab atas pengadaan penawaran konstruksi, merekrut dan memilih kontraktor, serta negosiasi kontrak konstruksi.

3. Construction project management

Project manager Konstruksi biasanya bertugas menjaga keseimbangan anggaran, melacak pasokan, berkolaborasi dengan subkontraktor, dan memastikan peraturan terpenuhi dan izin diperoleh.

4. Electrical project manager

Project manager kelistrikan biasanya bertanggung jawab atas pengelolaan staf, menugaskan tugas kepada anggota tim, memantau sumber daya, dan mengawasi seluruh cakupan proyek konstruksi dan pemeliharaan listrik.

5. Systems project manager

Project manager system bertugas untuk mengorganisir semua aspek proyek jaringan. Seorang project manager ini biasanya harus memahami mengenai sistem analis.

6. IT project manager

Sesuai dengan namanya, IT Project manager harus bisa memimpin tim IT dalam menyelesaikan proyeknya.

7. Engineering project manager

Manajer teknik ini merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan pengembangan produk baru, desain, proses, atau penawaran. Tanggung jawab mereka mencakup memimpin tahap penelitian dan pengembangan proyek serta membuat rencana proyek terperinci.

Skill Project Manager

Pekerjaan sebagai project manager sangatlah kompleks sehingga diperlukan skill management yang baik untuk mendukung pekerjaan. Berikut ini merupakan contoh skill yang harus dikuasai untuk menjadi project manager.

Hardskill :

  • Paham mengenai metodologi Project management
  • Memahami Teknik Tools Project
  • Mampu melakukan manajemen tim
  • Memiliki manajemen waktu yang baik
  • Menguasai skill project planning
  • Mampu memanajemen Tugas
  • Manajemen Anggaran
  • Manajemen Resiko

Softskill :

  • Komunikasi
  • Leadership
  • Negosiasi
  • Problem solving
  • Interpersonal

CTA Project Management

Penutup

Menjadi seorang project manager harus memiliki pemahaman yang kompleks, selain itu juga harus bisa menjadi pemimpin yang dapat memimpin timnya dalam kesuksesan proyek yang dijalankan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi project manager, kamu perlu menguasai ilmu dan skill yang diperlukan.Arkademi merupakan lembaga kursus online bersertifikat yang dapat membantu kamu meningkatkan skill sehingga siap dalam bekerja.

Apabila kamu ingin meningkatkan skill  sebagai project management, kamu bisa mencoba mengikuti kelas project management bersama Arkademi.