Ini 15 Tools SEO yang Akan Mempermudah Pekerjaan Sebagai SEO Specialist

Tools SEO yang familiar dan mudah digunakan untuk pemula
Pengembangan Diri

Tools SEO merupakan alat yang akan mempermudah kamu untuk mencapai tujuan SEO, yakni mendapat peringkat tertinggi dalam mesin pencari. Tools SEO berfungsi untuk memaksimalkan upaya SEO yang telah dilakukan dalam mesin pencari.

Selain itu tools SEO juga berfungsi untuk mengukur kualitas backlink, melihat performa trafik dari website, melihat link building dan lainnya. Artikel ini akan membahas lima belas tools SEO terbaik yang akan menunjang performa SEO yang telah dilakukan. Apa saja kelima belas tools SEO tersebut? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Tools untuk Menunjang Kinerja SEO

Berikut ini merupakan lima belas tools website yang sering digunakan oleh SEO Specialist untuk menunjang kinerja SEO.

Ahref

Ahref merupakan Tools SEO yang sering digunakan oleh SEO Specialist. Tools ini memiliki lima fitur utama untuk optimasi SEO berupa site audit, site explorer, keyword explorer, content explorer, dan rank tracker.

Ahref berfungsi untuk mengumpulkan data secara berkala mulai dari crawling pada web untuk melihat traffic pencarian, backlinks, keyword dan memungkinkan konten berada di ranking tertinggi mesin pencari. Sayangnya Ahref merupakan tools berbayar yang cukup mahal di antara tools SEO lainnya. Biaya langganan Ahref mulai dari Rp 1.370.000 hingga Rp 13.880.000

Semrush

Semrush merupakan tools yang digunakan dalam optimasi SEO On-page dan Off page yang berfungsi untuk memberi informasi mengenai saran keyword yang relevan dengan keyword utama. Semrush memiliki lima keyword utama berupa keyword research, competitive research, link building, rank tracking, dan on pege & technical SEO. Biaya langganan perbulan Semrush sekitar Rp 1.660.000 hingga Rp 6.210.000.

Baca Juga : Belajar SEO Untuk Pemula (Panduan Menjadi SEO)

Similarweb

Similarweb adalah tools yang berfungsi untuk memprediksi jumlah lalu lintas pengunjung yang didapatkan website lain. Hal ini akan memungkinkan website dapat melihat trafik pesaing.

Google Search Console

Google Search Console adalah tools SEO gratis yang berfungsi untuk melakukan identifikasi performa website dengan pencarian organik. Adapun fitur yang disediakan oleh toos ini berupa:

  • Menganalisis trafik dari website
  • Saran keyword
  • Mengetahui reffering domain
  • Melakukan pengaturan pada sitemap website
  • Mengidentifikasi halaman populer dalam website
  • Melakukan pengecekan kapabilitas website pada perangkat mobile
  • Memeriksa broken link pada konten

Google Analytics

Google analytics merupakan tools SEO gratis yang berfungsi untuk mengetahui adanya aktivitas serta demografi pada website. Adapun fitur yang disediakan oleh Google analytics berupa demografi user, realtime, aktivitas user, jumlah trafik, sumber trafik, dan kecepatan website. Dengan seluruh fitur tersebut kamu akan secara mudah mengetahui strategi apa yang harus digunakan untuk mengalahkan kompetitor.

Moz SEO

Moz merupakan tools SEO yang memiliki dua fitur optimasi berupa keyword explorer dan link explorer. Moz memiliki fungsi untuk mengelola SEO pada website dalam jumlah besar dan membantu untuk memantau bagaimana kinerja SEO pada website. Biaya langganan Moz dimulai dari harga USD 99 hingga USD 599 per bulan.

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools yang ramah bagi pemula karena sangat mudah digunakan. Tools ini memiliki fungsi untuk membantu website berada pada ranking tertinggi halaman Google. Untuk mencapai tujuan tersebut, ubersuggest memiliki fitur saran keyword, content ideas, dan traffic analyzer overview. Biaya langganan perbulan Ubersuggest sekitar Rp 165.000 hingga Rp 522.000.

Baca juga : Ini Skill SEO Specialist Wajib Dimiliki Agar Sukses menjadi SEO

Google Page Speed

Google Page Speed merupakan tools SEO gratis yang memberikan layanan berupa analisis kecepatan website baik dalam tampilan mobile maupun desktop. Fitur yang disediakan oleh Google Page Speed berupa:

  • Melakukan analisis kecepatan website serta memberikan skor website.
  • Memberikan saran pada web agar audiens dapat mengakses website dengan cepat.

SEO Minion

SEO minion merupakan tools SEO yang berfungsi untuk melakukan analis SEO pada halaman website yang meliputi pemeriksaan broken list, SERP previews, redirect, dan lainnya. Tools ini merupakan tools yang dapat digunakan secara gratis.

SEO Quaker

SEO Quarter adalah tools SEO gratis yang berfungsi untuk menampilkan data berupa laporan peringkat URL pada Google Index, Bing Indes, SEMrush rank, Alexa rank, dan lainnya. Untuk menggunakan tools ini sangat mudah, tanpa melakukan login akun kamu juga dapat mengakses tools ini.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan tools SEO yang disediakan oleh Google secara gratis. Tools ini dikenal cukup efektif dalam melakukan optimasi SEO On-Page, sehingga kualitas dari konten yang kamu hasilkan akan baik dan akan meningkatkan trafik website.

Google Keyword Planner memiliki 2 fitur utama berupa Discover New Keyword serta Get Search Volume and Forecast. Dengan kedua fitur ini, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seperti keyword relevan, rata-rata volume pencarian, dan tingkat kompetensi tiap keyword.

Keyword Tools IO

Keyword Tools SEO merupakan tools SEO yang berfungsi untuk mencari saran keyword dan keyword yang masih relevan. Tools ini akan menyediakan data keyword dengan bentuk pertanyaan yang kamu cari.

Google Trend

Sama seperti Google Keyword Planner, Google Trend merupakan tools SEO gratis yang dapat digunakan oleh semua orang. Melalui Google Trends kamu akan lebih mudah untuk mencari keyword yang sedang populer, mencari referensi keyword, membandingkan performa keyword, dan mengetahui lokasi yang memiliki potensi besar atas keyword tertentu.

Answer the Public

Answer the public merupakan tools yang berfungsi membantu untuk mengetahui apa yang dicari user pada mesin pencari. Terdapat dua fitur unggulan yang dimiliki oleh tools ini yaitu alat riset keyword dan data keyword yang bisa didownload.

Baca Juga : KPI SEO , Manfaat dan Jenis KPI dalam SEO

People also ask

People also ask merupakan fitur kotak pertanyaan dari user yang berkaitan dengan penelusuran yang kamu lakukan. Kotak ini akan menampilkan jawaban dari website beserta dengan link halaman jawaban dan juga akan menampilkan pertanyaan baru yang dapat ditambahkan pada kotak people also ask.

Nah setelah mengetahui apa saja tools SEO, diharapkan kamu dapat menguasai tools-tools tersebut. Untuk lebih cepat memahami cara kerja tools, tentunya kamu harus memahami konsep dasar SEO hingga tekniknya, caranya dengan mengikuti kursus di Arkademi. Arkademi menyediakan kursus SEO yang akan mengantarmu sukses belajar SEO. selengkapnya mengenai kursus, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Ikuti Kursus SEO di Arkademi