1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 17 Aplikasi Edit Video Di PC Gratis dan Mudah Digunakan

17 Aplikasi Edit Video Di PC Gratis dan Mudah Digunakan

Pengembangan DiriTeknologi

Editing video merupakan aktivitas yang cukup digemari banyak orang saat ini. Mulai dari edit video untuk kebutuhan konten TikTok, YouTube, lomba, hingga kebutuhan pekerjaan. Untuk pekerjaan, biasanya editor video akan menggunakan aplikasi video editor PC untuk menciptakan video dengan kualitas terbaik. Selain itu, aplikasi video editor PC biasanya memiliki tools lebih banyak daripada aplikasi video editor pada smartphone. Penasaran apa saja aplikasi edit video pada software? Yuk simak artikel berikut ini!

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Di PC

Berikut terdapat 17 aplikasi video editor PC terbaik yang dapat digunakan untuk membuat video berkualitas

Adobe Premiere

Adobe Premiere merupakan aplikasi video editor PC paling populer dan terbaik bagi pemula hingga profesional. Meskipun berbayar dan cukup mahal, aplikasi ini memiliki banyak tools yang akan memudahkan pengguna untuk menciptakan video terbaik.

Aplikasi ini juga memiliki masa free trial bagi pemula yang ingin mencoba belajar edit video. Adobe Premiere memiliki fasilitas efek yang dapat diaplikasikan dalam software berupa fasilitas sound effects dan video effects serta memiliki kemampuan timeline untuk memasukkan video dan audio ke dalam banyak kolom. Aplikasi ini telah ada sejak tahun 2003 dan telah digunakan oleh banyak editor.

Filmora

Filmora adalah aplikasi editor PC milik Wondershare yang merupakan perusahaan teknologi ternama. Filmora sangat cocok untuk belajar bagi pemula karena aplikasi ini memiliki tampilan interface sederhana. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik yang dapat digunakan oleh pemula hingga professional.

Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi yang dapat digunakan secara online. Aplikasi ini menjadi solusi video editing untuk keperluan personal basic bagi para video editor. Selain itu, Windows Movie Make memiliki tampilan yang simple dan praktis.

Baca Juga : Video Editor, Tugas dan Tanggung Jawab Serta Jenjang karir

InShot

Inshot merupakan aplikasi editing video yang sangat cocok bagi pemula. Hal ini karena tools yang disediakan tidak asing bagi pemula serta fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap. Selain itu, watermark pada InShot dapat dihapus.

Sony Vegas

Sony Vegas merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur profesional namun memiliki tampilan yang sederhana. Aplikasi ini menawarkan fitur kecanggihan edit audionya. Terdapat berbagai pilihan yang dapat membuat kualitas audio yang digunakan sangat baik. Selain itu, terdapat masa trial yang dapat digunakan bagi pemula.

VN

VN adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan bagi pemula dan juga harganya murah, bahkan gratis. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat dicoba. Seperti berbagai macam efek, penghapusan background, hingga penambahan subtitle.

LightWorks

LightWorks merupakan aplikasi editing video yang sering digunakan oleh profesional untuk menghasilkan film komersial. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lengkap dan aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Aplikasi ini memungkinkan editor mengedit file dengan tipe PAL, NTS dan HD sehingga kualitas video yang dihasilkan baik. Menu yang ditawarkan oleh aplikasi ini berupa sync slip, melakukan sinkronisasi multi channel, antarmuka dengan objek, varispeed pemutaran, dan lainnya.

VSDC Free Video Editor

VSDC merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam efek audio dan visual yang baik untuk dapat menghasilkan video menarik.

Corel Video Studio

Corel Video Studio adalah aplikasi milik Corel® . Aplikasi ini dibuat dirancang untuk dapat digunakan pada komputer dengan Sistem Operasi Windows XP, maupun 7 dan Vista. Corel Video Studio memiliki fitur 4K support, motion tracking, 360-degree VR video support, multicam support, 3D text editing, dan lainnya sehingga aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula.

Final Cut Pro

FInal Cut Pro memiliki kepopuleran setara dengan Adobe Premiere. Aplikasi ini telah ada sejak tahun 2011 dan memiliki performa yang cepat. Aplikasi ini mampu untuk mengedit video HDR dan 360°. Selain itu hampir seluruh fitur dalam aplikasi ini otomatis.

LumaFusion

LumaFusion merupakan aplikasi yang terkenal dapat memberikan kualitas gambar tingkat tinggi. Aplikasi ini juga memiliki efek yang cukup beragam untuk menghasilkan video yang menarik.

AVS Video Editor

AVS Video editor memiliki fungsi mirip dengan aplikasi Adobe Premiere Pro. desain yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat sederhana sehingga akan lebih mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi ini memiliki ukuran software yang kecil dan tidak memakan RAM yang besar. Selain itu AVS Video Editor telah mengadaptasi teknologi video cache.

OpenShot

OpenShot merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah dipahami serta powerful. Fitur yang disediakan juga sangat cocok untuk profesional dan memiliki layer tak terbatas. Bisanya aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan video animasi.

Shotcut

Shotcut adalah aplikasi edit video gratis yang memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Fitur utama yang dimiliki oleh aplikasi Shotcut adalah kemampuan mendukung berbagai format video.

Baca Juga : Rekomendasi Kelas Video Editing dan Software Untuk Pemula

Blender

Aplikasi Blender dasarnya merupakan aplikasi software animasi 3D. Blender dapat digunakan semua pengguna secara gratis.

VirtualDub

VirtualDUb adalah aplikasi editing video yang memiliki tampilan sederhana sehingga mudah digunakan. Fitur convert format video juga sangat mudah dengan aplikasi ini. VirtualDub memiliki fitur effect blur, sharpen, dan setting kecepatan video yang akan mempercantik hasil project. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam PC.

Pinnacle

Pinnacle merupakan aplikasi video editor PC yang memiliki fitur editing lengkap dengan harga yang murah. Untuk mengoperasikan aplikasi ini cukup mudah dibandingkan dengan aplikasi editing lainnya.

Pinnacle memberikan fasilitas transisi standard hingga transisi khusus. Aplikasi ini juga memberikan fasilitas output film untuk berbagai format media berupa mp4, avi, mpg, dan lain-lain. Video yang dihasilkan juga memiliki kualitas baik.

Nah, setelah mengetahui apa saja aplikasi video editor PC terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan editing video, kamu dapat menentukan kira-kira aplikasi mana yang cocok denganmu. Selain belajar otodidak, kursus editing video menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri untuk mampu bersaing di industri.

Arkademi merupakan salah satu kursus online yang menyediakan kursus belajar editing video dengan menggunakan Adobe Premiere. Pada kursus ini peserta akan mendapatkan skill berupa teori dasar editing video, proses membuat transisi, memotong video, menggabungkan video menjadi sebuah cerita yang berkelanjutan dan pemahaman terhadap efek kontrol dan layer.

 

“Klik banner dibawah ini untuk selengkapnya mengenai kelas.”

Skill untuk jadi video editor

Rekomendasi