Mengenal Jenis-Jenis SEO (Panduan SEO)

Jenis-jenis pekerjaan dalam dunia SEO
Pengembangan Diri

SEO adalah strategi marketing yang sering digunakan oleh perusahaan, mengingat biayanya yang murah. Strategi ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan trafik website melalui pencarian organik pada mesin pencari dan mendorong website berada pada peringkat tertinggi Google. Dalam belajar SEO, kamu juga harus mengetahui seluruh jenis-jenis SEO.

Terdapat tiga jenis SEO yang biasa digunakan dalam melakukan optimasi website yaitu  jenis SEO berdasarkan tipenya, jenis SEO berdasarkan optimasinya, dan SEO berdasarkan jenis websitenya.

Jenis-Jenis SEO

Jenis-Jenis SEO Berdasarkan Tipenya

Tipe SEO terbagi kedalam tiga jenis yaitu whitehat, greyhat, dan blackhat. Berikut penjelasannya.

Whitehat SEO

Whitehat SEO adalah strategi yang mengacu pada seluruh praktek meningkatkan peringkat website pada Situs Engine Result Page (SEP) dan tetap menjaga integritas website agar tidak melanggar persyaratan Google. Strategi whitehat meliputi navigasi website mudah digunakan, meta description kaya akan keyword, konten dan layanan berkualitas, serta website yang cepat dan mudah digunakan.

Greyhat SEO

Greyhat SEO merupakan strategi optimasi yang menggabungkan dua taktik SEO berupa whitehat dan blackhat. Optimasi greyhat meliputi paid linking, content duplicate, dan cloaking.

Blackhat SEO

Blackhat SEO adalah optimasi website secara ilegal yang bertujuan untuk mendorong website berada pada peringkat pertama mesin pencari. Blackhat SEP meliputi cloaking spam building, scorpion, link farm, keyword stuffing, dan lainnya.

Baca Juga : Belajar SEO Untuk Pemula (Panduan Menjadi SEO)

Jenis-Jenis SEO Berdasarkan Optimasinya

Berikut merupakan jenis-jenis SEO berdasarkan cara optimasinya.

On-Page

SEO on-page merupakan upaya optimasi halaman website untuk meningkatkan trafik website dan berada pada peringkat teratas dalam mesin pencari. Optimasi on-page meliputi beberapa elemen berupa keyword, heading, meta title, meta description, internal links, alt text, page load speed dan responsive web design.

Off-Page

Off page SEO merupakan upaya optimasi yang dilakukan dari luar website. Caranya dengan memberikan backlink website pada konten diluar website sehingga pengunjung dapat membuka website melalui backlink tersebut.

Teknikal

Teknikal SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan dengan mengoptimalkan seluruh aspek teknis dalam website. Hal ini akan memugkinkan peringkat website meningkat dalam mesin pencari.

Jenis-Jenis SEO Berdasarkan Jenis Websitenya

Selain berdasarkan dengan tipe dan optimasinya, dalam SEO juga terdapat dikategorikan dalam jenis websitenya

Local SEO

Local SEO adalah upaya mengoptimalkan website pada wilayah tertentu agar visibilitas website pada wilayah tersebut meningkat dengan menggunakan pencarian organik. Faktor yang mempengaruhi local SEO adalah pencarian kedekatan, keunggulan, serta relevansi.

Enterprise SEO

Enterprise SEO merupakan strategi perusahaan besar dalam mengelola kinerja mesin pencari yang dimiliki. Enterprise SEO meliputi komponen kehadiran online dari perusahaan seperti konten, lalu lintas website, dan kemampuan menemukan website. Adapun strategi dalam enterprise SEO meliputi meningkatkan peringkat keyword, meningkatkan kecepatan website, mengoptimalkan website dan teknikal SEO, mempertimbangkan template, membuat lebih banyak konten, memperbarui konten lama, menggunakan optimasi jika memungkinkan, dan mempertahankan tautan.

News SEO

News SEO merupakan upaya optimasi yang dibuat secara spesifik untuk kebutuhan berita digital. SEO ini akan berfokus dalam mendorong visibilitas berita yang dipublikasikan di internet kepada user di berbagai platform digital dan kemudian akan diarahkan pada website berita.

Ecommerce SEO

Ecommerce SEO berfungsi untuk meningkatkan trafik website bisnis. Selain itu dengan menggunakan strategi ini, bisnis akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan.

Saas SEO

Saas SEO adalah upaya mengoptimalkan website dalam mesin pencari agar visibilitasnya meningkat. Tujuannya adalah untuk mendorong peringkat website pada ranking teratas agar pengguna lebih mudah menemukan dan mengakses website.

Multinational SEO

Multinational SEO merupakan upaya optimasi website yang dilakukan dengan skala internasional. Biasanya optimasi yang dilakukan akan memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa asli dari pemilik  website dan cenderung menggunakan bahasa internasional seperti bahasa Inggris, China, Jepang, dan lainnya.

Baca Juga : Contoh Portofolio SEO dan Cara Membuatnya (Panduan SEO)

Jenis-Jenis Pekerjaan SEO

Jika kamu ingin bekerja dalam bidang SEO, ketahuilah jenis-jenis pekerjaan ini. Berikut merupakan jenis jenis pekerjaan SEO

Jenis jenis pekerjaan seo yang perlu diketahui

SEO Specialist

SEO Specialist adalah pekerja yang memiliki tanggungjawab optimasi website agar beradapada peringkat tertinggi di Search Engine Result Page (SERP). Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang SEO SPecialist harus paham bagaimana memilih keyword yang berpotensi dan menguasai tools SEO agar optimasi berjalan maksimal.

SEO Content

SEO content adalah seseorang yang bertugas untuk menulis konten SEO friendly agar konten tersebut dapat memberikan pengaruh pada trafik website ataupun peringkat website pada Google. SEO content harus memahami apa saja yang dapat mempengaruhi peringkat konten maupun website pada Google.

SEO Strategies

SEO strategies merupakan profesi yang mengatur keseluruhan konten website berdasarkan topiknya dan memungkinkan visibilitas website pada mesin pencari. Artinya, profesi ini akan memaksimalkan peluang agar dapat meningkatkan trafik website.

SEO Technical

SEO technical adalah profesi yang bertugas untuk melakukan optimasi website dengan menggunakan seluruh aspek teknis dalam website. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah website saat proses crawling dan dipahami oleh Google.

Nah, setelah memahami artikel secara keseluruhan kamu dapat memperdalam pengetahuan SEO dengan mengikuti kursus di Arkademi. Arkademi memiliki kursus SEO yang akan membantumu dalam memahami keyword research hingga teknik SEO. selengkapnya mengenai kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Kamu bisa baca selengkapnya mengenai KELAS SEO DISINI atau bisa klik banner dibawah ini

Ikuti Kursus SEO di Arkademi