1. Beranda
  2. Dari Arkademi
  3. Siap Ganti Karir? Kuasai 4 Skill Public Relation Ini!

Siap Ganti Karir? Kuasai 4 Skill Public Relation Ini!

Skill public relations yang wajib dikuasai
Dari ArkademiPengembangan DiriPersiapan Kerja

Tahun 2020 mungkin menjadi awal trend ganti karir, pandemi global menciptakan perubahan di industri kerja dan memaksa para pekerja untuk bertahan dengan ganti karir. Selain perlu menguasai keahlian baru, para pencari kerja juga butuh menguasai 4 skill public relation untuk memudahkan proses perubahan karir.

Public relations lebih dari sebuah profesi, menguasai kemampuan dasar menguntungkan bagi siapapun. Menguasai sebuah keahlian perlu didampingi dengan keahlian berkomunikasi yang baik. Dalam artikel ini Arkawan mendapat informasi tentang kemampuan dasar public relations yang bisa membantu mensukseskan perjalanan ganti karir.

Baca juga: Cari Tau Rekomendasi Pekerjaan untuk Ekstrovert!

Apa itu Public Relations?

Merupakan cabang keilmuan komunikasi, public relation adalah cara komunikasi strategis yang biasa digunakan perusahaan untuk menyampaikan pesannya kepada publik. 

Strategi komunikasi terbagi menjadi ratusan bahkan ribuan cara, karena setiap individu, organisasi atau kelompok yang lebih besar memiliki caranya masing-masing. Sebagai makhluk sosial, berkomunikasi efektif merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan.

Baca juga: Pengertian Public Relation : Peran, Tujuan, Gaji dan Jenjang Karir

Bukan hanya menarik bagi para penggiat profesi namun juga bagi individu yang ingin memiliki kemampuan berkomunikasi efektif agar apapun tujuan maupun alasan berkomunikasinya bisa tercapai, termasuk di dalamnya jika Arkawan sedang merencanakan switching career ke industri yang baru.

Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk ketahui skill public relation yang bisa kamu asah dan miliki!

Skill Public Relations

Secara garis besar skill public relations adalah kemampuan berkomunikasi verbal maupun non verbal. 

Bisa kita pahami bahwa akan menguntungkan bagi kita sebagai individu untuk dapat berkomunikasi efektif menggunakan berbagai alat.

Mari kita simak singkat, apa yang dimaksud dengan komunikasi, menulis dan presentasi.

  1. Komunikasi

Dewasa ini komunikasi diartikan sebagai cara seorang individu untuk menyampaikan pesan dan mendapat timbal balik. 

Ada komunikasi yang dilakukan secara interpersonal, intrapersonal, organisasi hingga tahapan yang lebih luas. Poin utama dari komunikasi adalah tercapainya pemahaman bersama.

  1. Menulis

Menulis menjadi media paling umum yang digunakan setiap individu maupun organisasi dalam berkomunikasi, keterbatasan ruang dan waktu memaksa kita harus memiliki kemampuan berkomunikasi efektif melalui tulisan. 

  1. Presentasi

Ada dua role yang selalu muncul dalam komunikasi bentuk apapun, pemberi pesan dan penerima pesan. Presentasi, artinya memiliki kemampuan untuk mengisi role sebagai pemberi pesan

Presentasi juga merupakan cara berkomunikasi yang umum dilakukan saat proses lamaran kerja, yang artinya jika Arkawan sedang merencanakan proses ganti karir menguasai keahlian mempresentasikan diri bisa menguntungkan.

Lebih dalam, kita akan membahas 4 skill public relation yang bisa dikuasai untuk meningkatkan value diri dan menyukseskan apapun tujuan komunikasi yang hendak kita capai.

4 Skill Public Relations

Setiap individu adalah makhluk sosial. Namun tidak serta merta membuat semua individu mampu berkomunikasi dengan diri sendiri apalagi dengan pihak eksternal.

Jika kita kembali ke skenario awal, Arkawan yang saat ini sedang dalam proses ganti karir perlu menyadari bahwa faktanya hari ini begitu banyak lulusan S1 yang masih menganggur. Artinya, validasi hard skill atau keahlian teknis tidak cukup untuk perkembangan industri saat ini.

Meningkatkan kredibilitas tidak melulu tentang seberapa kompeten keahlian teknis, namun juga keahlian soft skill salah satunya membangun dan merawat relasi dengan orang lain.

Yuk, kuasai 4 skill public relations ini!

  1. Kemampuan Interpersonal

Kamu perlu memiliki kemampuan interpersonal dalam membangun citra positif diri dan keterampilan yang dibutuhkan termasuk mendengarkan dengan baik, mengartikulasikan pesan dengan jelas, serta dapat membaca dan memahami perilaku orang lain.

2. Kemampuan untuk Menentukan Prioritas

Dalam berkomunikasi, kita perlu memahami struktur pesan yang utama dan pesan pendukung. Memahami konteks dan tujuan komunikasi akan membantu kita menyusun prioritas pesan yang disampaikan.

  1. Kemampuan Media Digital

Salah satu alat komunikasi yang umum digunakan saat ini adalah media digital.

Keuntungan dari komunikasi menggunakan media digital, Arkawan memiliki waktu yang lebih leluasa untuk menyiapkan materi dan menyampaikannya. 

Kemampuan berbicara di depan umum sering dikenal sebagai Public Speaking, yang bisa kamu pelajari lebih lanjut pada halaman kursus public speaking ini.

  1. Kemampuan Public Speaking

Di awal, kita telah menyinggung bahwa kemampuan public speaking atau berbicara di depan khalayak juga menjadi salah satu skill public relations.

Memiliki pemahaman tentang cara berkomunikasi dengan orang lain akan mendatangkan kesempatan baru.

Public speaking tidak sebatas bagaimana berbicara, tapi juga cara menampilkan diri, memilih suara yang pas untuk momen tertentu. 

Bayangkan jika Arkawan menggunakan suara yang lemah saat hendak melamar pekerjaan di perusahaan perintis. Kemungkinan besar perekrut akan menilai buruk kualitas yang kamu tawarkan.

Pelajari lebih lanjut dan dapatkan tips serta trik menguasai public speaking pada kursus online bersertifikat di Arkademi.

Itu tadi artikel yang membahas tentang public relation lebih dari sebuah profesi, namun juga skill yang bisa kamu kuasai

Semakin yakin ganti karir di tahun 2023? Pastikan kamu kuasai 4 skill public relations di atas, dan wujudkan impianmu dengan 500+ kursus online bersertifikat di Arkademi.

Unduh aplikasinya di Google Play Store, buat akun dan dapatkan langsung 20.000 Arkademi Koin untuk kamu yang melengkapi data diri dan selanjutnya bisa digunakan untuk pemotongan biaya harga kelas. Memiliki akses ke berbagai lowongan kerja, mari mulai perjalanan ganti karir kamu!

 

Rekomendasi