Sertifikat Prakerja Tidak Muncul di Dashboard? Ini Solusinya!

pelatihan prakerja tidak muncul didasbord prakerja ? ini dia solusi untuk mengatasinya
Prakerja

Seluruh peserta program kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini merupakan dokumen bukti bahwa peserta memiliki kemampuan serta kompeten dalam suatu bidang. Sertifikat kelulusan ini akan muncul pada dashboard Kartu Prakerja, tepatnya di bagian ‘riwayat pelatihan’.

Namun terkadang sertifikat Prakerja tidak muncul di Dashboard karena beberapa hal. Artikel ini akan membahas alasan kenapa sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard beserta solusinya. Simak sampai tuntas artikel berikut ya!

Penyebab Sertifikat Belum Muncul di Dashboard Prakerja

Berikut merupakan beberapa penyebab mengapa sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Belum Selesai Menyelesaikan Kelas

Penyebab pertama sertifikat Prakerja tidak muncul adalah peserta belum menyelesaikan kelas. Sertifikat Prakerja merupakan baru akan didapatkan jika peserta telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus pelatihan. 

Jika kamu belum menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dan belum mengikuti ujian kelulusan, maka kamu tidak akan memperoleh sertifikat. Lihatlah persentase proses kamu belajar pada lembaga pelatihan dan lanjutkan pelatihan hingga selesai dan berikanlah rating serta ulasan pelatihan agar sertifikat cepat diproses.

Baca Juga : Begini Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai Untuk Dapatkan Insentif!

Masih Dalam Proses Pengiriman sertifikat

Penyebab kedua sertifikat Prakerja tidak muncul adalah sertifikat sedang dalam proses pengiriman. Laporan penyelesaian latihan akan diterima jika peserta telah memberikan ulasan serta rating pada lembaga mitra pelatihan Prakerja. Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard Kartu Prakerja dalam satu hingga tiga hari setelah manajemen pelaksana menerima laporan penyelesaian.

Nama Sertifikat Tidak Sesuai dengan Dashboard Prakerja

Data yang tidak sesuai dengan identitas yang terdaftar di program Kartu Prakerja akan menghambat penerbitan dari sertifikat pelatihan. Pastikan nama yang kamu tuliskan untuk sertifikat sesuai dengan data diri dan juga tidak typo saat penulisan nama.

Baca Juga : Begini Cara Membuka Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Cara Mengatasi Sertifikat belum muncul di Dashboard Prakerja

Jika seluruh penyebab mengapa sertifikat Prakerja tidak muncul di Dashboard telah kamu hindari namun sertifikat masih belum muncul, kamu dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut:

Pastikan Sudah Menyelesaikan Seluruh Rangkaian Kelas Webinar

Untuk mendapatkan sertifikat, tentunya peserta harus menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan webinar. Selesaikanlah seluruh rangkaian pelatihan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh lembaga pelatihan.

Pastikan Nama Telah Sesuai yang Terdapat Pada Lembaga Pelatihan dan Prakerja

Nama mungkin menjadi hal yang sepele bagi peserta saat mengisi data diri untuk sertifikat. Padahal hal ini merupakan hal yang penting dalam proses penerbitan sertifikat. Jika terdapat salah ketik maka sertifikat akan sulit terbit, jadi perhatikanlah penulisan saat kamu mengisi data diri untuk sertifikat!

Sudah Mengisi Ulasan di Dashboard Prakerja

Ulasan dan rating menjadi hal yang wajib diberikan oleh peserta terhadap pelatihan yang dibeli. Ulasan dan rating tersebut akan berfungsi sebagai review jujur dari peserta terhadap pelatihan yang dilakukan. Misalnya pelatihan tersebut mudah dimengerti ataupun materi yang diajarkan sangat detail dan menyenangkan.

Coba Menghubungi Call Center Lembaga Pelatihan atau Prakerja

Jika sertifikat belum juga terbit setelah kamu menyelesaikan pelatihan dan telah memberikan ulasan serta rating, maka kamu dapat menghubungi call center lembaga penyelenggara pelatihan yang kamu beli. Selain itu, peserta yang mengalami kendala juga dapat menghubungi call center Prakerja pada 0800-150-3001.

Program Kartu Prakerja merupakan program pemerintah dalam mewujudkan SDM yang produktif dan kompeten dengan memberikan fasilitas pelatihan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Pada pelaksanaan skema semi bansos tahun 2020 hingga 2022 tercatat ada 398 lembaga pelatihan berkualitas yang pernah bergabung menjadi mitra Kartu Prakerja, salah satunya Arkademi.

Arkademi merupakan mitra lembaga pemerintah sebagai penyedia layanan pelatihan Kartu Prakerja yang memiliki banyak pelatihan di berbagai bidang. Tujuannya adalah untuk menciptakan angkatan kerja Indonesia yang berkompeten dan siap kerja.

Memiliki mentor yang berkualitas serta berpengalaman di bidangnya, Arkademi juga telah mengantongi izin resmi penyelenggaraan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Arkademi menyediakan kursus dan pelatihan berbasis kompetensi terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Arkademi Prakerja

Yuk intip Pelatihan Prakerja di Arkademi dan beli pelatihan sesuai dengan bidang yang kamu minati!