1. Home
  2. Pengembangan Karier
  3. Ini 20 Pertanyaan Tentang Public Speaking yang Harus Kamu Ketahui!

Ini 20 Pertanyaan Tentang Public Speaking yang Harus Kamu Ketahui!

Pengembangan Karier Persiapan Kerja
pertanyaan tentang public speaking yang perlu di ketahui

Era digitalisasi saat ini menuntut banyak orang untuk memiliki skill lebih, salah satunya adalah public speaking. Public speaking merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk berbicara didepan public secara lansung, baik mengenai gagasan, ide, informasi, maupun hiburan.

Kemampuan public speaking dapat membawa dampak yang besar kepada kesuksesan seseorang atau suatu bisnis perusahaan. Maka sangat penting bagi kita untuk mempelajari dan mempraktekkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan tepat sesuai dengan tujuan dan karakteristik pendengar. Banyak sekali pertanyaan tentang public speaking yang masih asing di telinga kita. Apa saja sih hal-hal yang sering dipertanyakan tentang public speaking? berikut penjelasannya.

Ini 20 Pertanyaan Tentang Public Speaking yang Harus Kamu Ketahui!

1. Kenapa Public Speaking itu Penting?

Banyak sekali orang beranggapan bahwa bicara di depan umum itu mudah, namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu melakukannya. Kemampuan ini sangat penting, selain dapat memberikan dampak kesuksesan bagi perusahaan, public speaking juga akan memberikan nilai atau value yang penting dalam hal karir maupun studi.

 Selain itu, jika kita memiliki kemampuan tersebut maka kita dapat memperluas networking. Banyak sekali orang yang memiliki ketakutan terbesar untuk bicara di depan umum, jika kita telah percaya diri maka itu akan menjadi kesempatan untuk membangun relasi baru dengan orang lain.

2. Bagaimana Cara Mempersiapkan Public Speaking?

Hal pertama sebelum kamu menjadi komunikator publik ialah menguasai materi. Jika kamu telah menguasainya, maka kamu akan merasa lebih percaya diri. Kemudian, kamu juga harus mengetahui audience-mu! Kenali usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar dapat menentukan gaya bahasa yang akan kamu gunakan untuk menyampaikan materi.

Selain itu, kamu juga harus menarik perhatian audience dengan cerita atau jokes. Jangan lupa untuk melakukan interaksi terhadap mereka agar presentasimu semakin menyenangkan.

3. Bagaimana Cara Mengetahui Topic yang menarik bagi Audience?

Untuk mengetahui topic yang menarik bagi audience yakni ialah dengan bertanya langsung kepada mereka. Kamu cukup bertanya kepada 1-2 orang untuk memilih ide yang menarik bagi mereka. Kamu juga bisa untuk membuat opsi tentang tema di sosial media.

4. Berapa Banyak Harus Latihan Public Speaking?

Kamu bebas untuk menentukan seberapa banyak kamu berlatih. Tapi, akan lebih baik kamu berlatih hingga sudah memahami secara keseluruhan tentang apa yang ingin kamu sampaikan. Kamu dapat berlatih dengan berbicara di depan kaca ataupun merekam diri sendiri. Practice makes perfect.

5. Berapa Banyak Pesan yang Harus disampaikan Saat Berbicara?

Kamu tidak perlu menyampaikan pesan terlalu banyak terhadap audience. Hal ini dilakukan karena adanya keterbatasan waktu serta jika pesan disampaikan terlalu banyak, maka akan membuat audience tidak dapat mengingat pesan yang kamu sampaikan secara keseluruhan.

Kamu dapat menyampaikan pesan berupa fakta atau tindakan. Buatlah pesan yang akan anda sampaikan secara spesifik, sederhana, dan ringkas.

6. Haruskah Menghafal Presentasi?

Pertanyaan tentang public speaking ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Sangat sulit untuk menghafal materi secara keseluruhan. Audience juga tidak menyukai penyampaian materi yang terlalu teoritis, karena beberapa dari mereka akan sulit memahami apa yang kamu sampaikan.

Audience lebih menyukai pembawaan yang natural dan santai. Jadi, akan lebih baik jika kamu paham tentang materi bukan menghafalnya. Namun, jika ada beberapa materi yang perlu dihafal, tidak apa-apa untuk menghafalnya.

7. Apakah Boleh Membaca Text Presentasi?

Keseringan membaca teks akan membuat audience cepat bosan. Mungkin kamu memang ingin menyampaikan banyak hal, tetapi kamu harus ingat adanya durasi waktu.

Buatlah presentasi dengan ringkas dan jelas. Kamu dapat mencatat poin-poin penting dari materi yang akan kamu sampaikan di catatan. Kamu juga dapat melihatnya sesekali untuk mengingatkan materimu.

 8. Apakah Harus Menyiapkan Catatan?

Jika dirasanya perlu, kamu dapat menyiapkan catatan berupa bullet point ataupun ringkasan. Hal ini tidak wajib, namun ini bisa menjadi alat pembantu dalam kesuksesan presentasimu!

9. Bagaimana Cara Memulai Presentasi?

Kamu dapat memulai presentasi dengan menyapa audience, menanyakan kabar, melontarkan pertanyaan terkait materi, storytelling, pantun, dan lain-lain. Buatlah kamu menjadi center dengan menarik perhatian mereka!

10. Bagaimana Cara Ice Breaking?

Kamu dapat memilih ice breaking yang berkaitan dengan tema yang ingin kamu sampaikan. Hal ini dilakukan agar audiens merasa santai dan tidak tegang.

11. Bagaimana Membuat Presentasi yang Berkesan?

Untuk membuat presentasi yang berkesan, kamu dapat mengambil contoh dari kegiatan sehari-hari yang sering kita lakukan. Kaitkanlah kegiatan tersebut dengan materi yang akan kamu sampaikan. 

12. Bagaimana Menggerakan Tangan saat Presentasi?

Biarkanlah tanganmu bergerak secara alami sesuai dengan gagasan dan intonasi yang kamu berikan. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri dalam presentasimu.

13. Bagaimana Cara Menutup Presentasi?

Kamu dapat menutup presentasi dengan kesimpulan materi yang kamu sampaikan. Selain itu kamu juga dapat memberikan kesempatan terhadap audience untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai apa yang telah kamu paparkan sebelumnya.

14. Bagaimana Mengetahui Pidato Efektif?

Untuk mengetahui keefektifan pidatomu, kamu perlu melakukan interaksi dengan mereka! Lontarkanlah beberapa pertanyaan atau pendapat mengenai tema uang kamu sampaikan. Jika jawaban yang mereka sampaikan sesuai dengan yang kamu sampaikan, maka pidatomu efektif.

15. Cara Membuat Audience Nyaman?

Gunakan intonasi yang tepat saat kamu berbicara serta interaksi dengan audience juga sangat penting agar mereka tidak merasa presentasimu terlalu serius ataupun kaku.

16. Bagaimana Cara Menghilangkan Gugup saat Presentasi?

Untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi kamu dapat melontarkan pertanyaan kepada audience mengenai tema terkait. Hal ini dilakukan agar kamu dapat berpikir materi apalagi yang ingin kamu sampaikan jika mengalami blank out.

17. Presentasi dengan PowerPoint akan selalu membosankan?

Presentasi dengan menggunakan PowerPoint tidak akan selalu membosankan jika kamu menulis poin-poinnya saja! Kamu juga dapat membuat PowerPoint lebih menarik dengan menggunakan item-item unik. Jika kamu menulis banyak tulisan pada PowerPoint maka akan membuat audience merasa bosan.

18. Berapa Slide yang dibutuhkan?

Tidak ada aturan dalam menggunakan slide PowerPoint. Kamu cukup membuatnya sesuai dengan materi yang ingin disampaikan. yang kamu butuhkan.

19. Poin yang Harus disampaikan didalam Slide?

Kamu tidak perlu menulis semua hal yang ingin kamu sampaikan. Manfaatkanlah slide dengan baik, yakni menggunakannya dengan mencantumkan poin-poin yang kamu rasa penting untuk disampaikan.

20. Cara Mematikan Slide setelah selesai menyelesaikan Presentasi

Setelah menyelesaikan presentasi, jangan langsung matikan laranya. cara mematikannya sangat mudah, hanya dengan klik huruf B pada keyboard, maka layar akan menjadi hitam.

Nah, itu semua merupakan pertanyaan tentang public speaking yang paling sering ditanyakan. Apabila Arkawan masih bingung, silahkan mengikuti kelas public speaking dari Arkademi. Arkawan akan mendapatkan ilmu baru mengenai cara menjadi public speaking professional.

Telah hadir juga aplikasi Arkademi yang semakin mempermudah kamu dalam belajar public speaking. Selain itu, kamu juga bisa untuk mendapatkan koin yang digunakan untuk mendapatkan kelas.

Cara untuk mendapatkan Arkademi Koin sangat mudah! Setelah kamu mendaftarkan diri dan telah melengkapi data, kamu akan langsung mendapatkan 25.000 Arkademi Koin yang bisa kamu langsung pakai untuk membeli kelas online. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan Arkademi Koin melalui pembelian kelas.

Rekomendasi