1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 8 Pertanyaan Tentang Jurnalistik dan Cara Membuatnya (Panduan Jurnalis)

8 Pertanyaan Tentang Jurnalistik dan Cara Membuatnya (Panduan Jurnalis)

Pengembangan Diri

Jurnalis merupakan profesi yang selalu memperlihatkan eksistensinya di publik. Jurnalis sering dikatakan sebagai wakil suara rakyat, karena jurnalis memiliki peran untuk memberi peluang kepada masyarakat untuk menyerukan suaranya.

Namun, terdapat beberapa pertanyaan tentang jurnalistik seperti apa tugas seorang jurnalis, berapa gaji yang didapatkan, apa saja skill yang dibutuhkan. Untuk menjawab seluruh pertanyaan tentang jurnalistik apa saja yang sering ditanyakan, yuk simak artikel berikut!

Pertanyaan Penting untuk Jurnalis

Berikut ini merupakan pertanyaan tentang jurnalistik yang sering ditanyakan oleh publik :

Apakah Menjadi Jurnalis Merupakan Karir yang Bagus ?

Karir seorang jurnalis sangat luas, mulai dari wartawan, reporter, koresponden, produser, hingga redaktur. Profesi seorang reporter akan terus dibutuhkan, melihat peran yang dimiliki oleh seorang reporter sangat penting bagi masyarakat.

Berapa Gaji Jurnalis ?

Gaji seorang jurnalis sangat beragam, upah yang didapatkan oleh seorang jurnalis sesuai dengan skill yang dimiliki, kemampuan perusahaan, pengalaman kerja, dan lainnya. Menurut Indeed, gaji rata-rata jurnalis perbulan di Indonesia adalah sebesar Rp4.491.001,-. Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi gaji jurnalis, kamu dapat membaca artikel Gaji Jurnalis dan Faktor yang Mempengaruhinya, Ternyata Segini!

Berapa Lama Waktu Kerja Seorang Jurnalis ?

Jam kerja seorang jurnalis bervariasi sesuai dengan kebutuhan penugasannya. Biasanya seorang jurnalis memiliki 40 jam kerja dalam satu minggu, namun hal itu dapat bertambah ataupun berkurang sesuai dengan kebutuhan.

Jam kerja seorang jurnalis tidak mengenal adanya waktu. Jurnalis dapat bekerja pada malam hari, bekerja di akhir pekan, ataupun lembur untuk mendapatkan informasi sesuai dengan fakta di lapangan. Maka sangat penting bagi seorang jurnalis untuk dapat memanajemen waktunya agar semua tugas yang diberikan dapat selesai tepat waktu.

Dimana seorang Jurnalis Bekerja ?

Jurnalis dapat bekerja di berbagai industri, seperti surat kabar, siaran televisi, saluran radio, tabloid atau majalah, ataupun publikasi online. Ruang lingkup pekerjaan jurnalis sangat luas, tergantung dari kebutuhan di lapangan.

Apa Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Jurnalis ?

Ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan seorang jurnalis untuk berhasil dalam perannya, termasuk keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik, keterampilan penelitian dan investigasi yang kuat, etika dan integritas, hasrat untuk bercerita dan keterampilan teknologi.

Selengkapnya : Jurnalis : Definisi, Tugas, Skill, Perbedaan dengan Wartawan

Bagaimana Cara Menjadi Jurnalis ?

Untuk menjadi seorang jurnalis, kamu dapat mulai untuk mempelajari jurnalistik secara mendalam. Kamu dapat belajar otodidak ataupun mengikuti pendidikan formal. Selain itu, kamu juga dapat memulai langkah untuk magang sebagai jurnalis agar dapat mengetahui bagaimana cara kerja jurnalis di lapangan.

Baca juga : Berkarier Menjadi Jurnalis Profesional? Berikut Panduan Rahasianya

Apa Tugas Seorang Jurnalis ?

Jurnalis memiliki tugas utama dalam meliput, menyusun, menulis, menganalisis, dan melaporkan peristiwa yang terjadi kepada publik secara teratur. Jurnalis memiliki peran penting dalam membangun perspektif masyarakat atas peristiwa yang terjadi. Maka sangat penting bagi jurnalis untuk dapat memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan fakta lapangan.

Jurusan untuk Menjadi seorang Jurnalis apa ?

Profesi jurnalis biasanya berasal dari lulusan perguruan tinggi jurusan Ilmu Komunikasi yang berfokus di bidang Jurnalistik. Namun, untuk menjadi seorang jurnalis tidak menutup kemungkinan jika kamu berasal dari latar belakang yang berbeda. Mempelajari ilmu jurnalistik menjadi kunci utama untuk mendorong kamu dalam bekerja menjadi seorang jurnalis.

Tips Membuat Pertanyaan Bagi Seorang Jurnalis

Tips Menjawab Pertanyaan Jurnalistik

Agar dapat menghasilkan berita yang berkualitas, berita yang ditulis harus mengandung unsur 5W + 1H. 5 W dan 1 H meliputi who, what, where, when, why, dan how. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Who (Siapa)

Who berarti siapa, peristiwa yang terjadi di lapangan akan melibatkan beberapa pihak. Suatu berita tidak akan lengkap jika jurnalis tidak mengetahui siapa saja yang terlibat dalam suatu peristiwa. Biasanya pihak tersebut dapat digambarkan berupa suatu tokoh penting, lembaga, ataupun individu.

Contoh : Siapa yang menggelar konser tersebut?

2. What (Apa)

‘Apa’ akan menjabarkan suatu peristiwa yang terjadi di lapangan. Pertanyaan ini akan menjawab bagaimana kronologi kejadian hingga detail-detail informasi yang mungkin dibutuhkan. Contoh : Apa benda yang digunakan pelaku untuk membobol rumah tersebut?

3. When (Kapan)

‘When’ merupakan kapan peristiwa yang diberitakan terjadi. Kapan akan menjelaskan waktu seperti hari, tanggal, jam, hingga tahun peristiwa. Contoh : Kapan konser Justin Bieber akan digelar di Jakarta?

4. Where (Dimana)

‘Where’ akan menjelaskan dimana peristiwa berlangsung yaitu berupa tempat atau lokasi kejadian perkara. Pertanyaan ini akan membantu masyarakat untuk memahami alur cerita yang disampaikan oleh jurnalis. Contoh : Dimana terjadinya peristiwa longsor tersebut?

5. Why (Mengapa)

‘Why’ berarti alasan dari informasi atau peristiwa yang terjadi. Hal ini meliputi sebab akibat ataupun latar belakang dari suatu peristiwa yang diberitakan. Contoh : Mengapa dia tetap diam saat peristiwa pembantaian tersebut terjadi?

6. How (Bagaimana)

‘How’ berarti kronologi dari peristiwa yang diberitakan. Jurnalis bertugas untuk mendeskripsikan mengenai proses terjadinya peristiwa yang diberitakan.  Contoh : Bagaimana dia tega melakukan kekerasan terhadap anak kecil itu?

Nah itu dia pembahasan mengenai pertanyaan tentang jurnalistik yang perlu diketahui oleh calon jurnalis. salah satu cara supaya belajar lebih gampang mengenai jurnalistik adalah melalui pendidikan. Pendidikan formal akan mendorong kamu untuk cepat memahami mengenai jurnalistik.

Arkademi merupakan kursus online yang siap membantu kamu untuk meningkatkan skill di bidang jurnalistik. Kelas jurnalistik yang disediakan Arkademi akan mengajarkan kamu mengenai fundamental jurnalistik hingga praktik membuat berita yang berkualitas. Mengenai informasi dan pembelian kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Menjadi Jurnalis Profesional dengan kursus jurnalis di Arkademi

Rekomendasi