1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Jurnalis : Definisi, Tugas, Skill, Perbedaan dengan Wartawan

Jurnalis : Definisi, Tugas, Skill, Perbedaan dengan Wartawan

Persiapan Kerja
Jurnalis adalah seorang yang bertugas menyajikan berita secara faktual

Apakah kamu tertarik untuk bekerja sebagai jurnalis? Sebagai seorang jurnalis, tentu kamu harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. 

Jurnalis memiliki tugas untuk menyampaikan informasi melalui koran, majalah, tv, radio, hingga platform di internet. 

Jurusan paling cocok untuk bekerja sebagai seorang jurnalis adalah lulusan Ilmu Komunikasi.

Pengertian Jurnalis

Jurnalis merupakan seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan menganalisis, membuat, dan menyajikan informasi kepada publik melalui melalui media massa secara teratur. 

Informasi yang disampaikan oleh jurnalis harus berdasarkan dengan fakta yang ada dan bisa berbentuk text, visual hingga audio.

Media yang digunakan oleh jurnalis dalam menyampaikan informasi adalah televisi, radio, koran, majalah, dan platform-platform di internet.

Yang membedakan antara jurnalis dan penulis lainnya terdapat pada  fakta dari tulisan tersebut. 

Dalam dunia jurnalistik, seorang jurnalis harus menuliskan fakta yang ada karena harus memenuhi persyaratan kode etik jurnalistik.

Tugas dan Tanggung Jawab

Seorang jurnalis memiliki peran penting dalam industri berita. 

Adapun tugas dan tanggung jawab jurnalis secara umum adalah sebagai berikut : 

  • Sebagai seorang jurnalis kamu harus dapat menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu kejadian atau peristiwa kepada orang lain melalui media massa.
  • Mampu untuk mengetahui validasi data dari informasi yang akan disampaikan.
  • Mampu untuk mewawancarai narasumber guna mendapatkan informasi yang akurat.

Keahlian dan Skill yang Dibutuhkan Seorang Jurnalis

tugas dan skill yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis

Sebagai seorang jurnalis, tentunya kamu harus memiliki skill yang akan mempermudah kamu untuk melakukan pekerjaan yang kamu jalani. 

Berikut skill yang dibutuhkan sebagai seorang jurnalis : 

#1. Memiliki kemampuan menulis yang baik

Kemampuan ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh jurnalis. 

Hal ini karena seorang jurnalis harus mampu untuk menulis berita sesuai dengan kaidah bahasa agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens atau pembaca. 

#2. Memiliki kemampuan berpikir kritis

Sangat penting bagi seorang jurnalis untuk dapat berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis akan membantu kamu dalam pemecahan masalah untuk proses analisis berita dengan berdasarkan fakta yang aktual.

#3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Sebagai seorang jurnalis, kamu dituntut harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan narasumber agar tidak terjadi miss communication

#4. Memahami teknik membaca

Jika kamu memahami teknik membaca, maka akan sangat mudah bagi kamu untuk dapat memberikan informasi dengan baik kepada audiens.

#5. Memiliki pemahaman tentang jurnalistik dan kode etik jurnalistik

Memahami kode etik jurnalistik sangat penting dalam menjalankan operasional bekerja. Jika kamu telah memahami kode etik, maka kamu akan melindungi hak-hak atau privacy dari tokoh-tokoh yang akan diberitakan.

Perbedaan Jurnalis dan Wartawan

Jurnalis dan wartawan merupakan profesi yang berada dalam industri sama yaitu industri berita. 

Jurnalis merupakan orang yang bertugas untuk mengumpulkan berita dan menulisnya. 

Sedangkan wartawan merupakan profesi yang memiliki tugas untuk mencari dan menyusun berita untuk tv, koran, majalah, radio. 

Wartawan biasanya terlibat dalam pengumpulan data secara langsung, dan terjun untuk melihat fakta.

Sebenarnya perbedaan jurnalis dan wartawan hanya terletak pada istilahnya saja.

FAQ

Terdapat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan untuk menjadi seorang jurnalis. Adapun pertanyaan mengenai profesi jurnalis adalah sebagai berikut : 

Jurnalistik gelarnya apa?

Biasanya orang-orang yang berkarir dalam profesi ini merupakan lulusan dari Jurnalistik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu Hubungan Internasional, dan semua bidang keilmuan.

Apa Media yang digunakan ?

Media yang digunakan oleh jurnalis dalam menyampaikan informasi sangat beragam. Mulai dari televisi, koran, majalah, radio, hingga internet.

Tokoh Inspiratif ?

Najwa Shihab merupakan nama yang tentu sudah tidak asing di telinga kita. Najwa Shihab atau yang lebih dikenal dengan Nana merupakan jurnalis kebanggaan Indonesia. Nana sering membahas kasus-kasus besar ke hadapan publik. 

Pembawaannya yang tegas dan detail dalam membacakan dan menanggapi sebuah kasus menjadikan Nana menjadi sosok yang digemari oleh masyarakat dan menjadi panutan bagi para jurnalis di Indonesia.

Rekomendasi