1. Home
  2. Pendidikan
  3. Berkarier Menjadi Jurnalis Profesional? Berikut Panduan Rahasianya

Berkarier Menjadi Jurnalis Profesional? Berikut Panduan Rahasianya

Pendidikan Persiapan Kerja

Jurnalis adalah sebutan bagi orang yang melakukan kegiatan jurnalistik, dan mempunyai tugas untuk mengumpulkan berita dan menuliskannya pada suatu media, baik cetak maupun online.

Untuk menyajikan berita dengan baik dan akurat kepada audiens, seorang jurnalis harus memiliki kemampuan yang memadai.

Jurnalis profesional wajib memberitakan fakta yang dapat dipercaya dan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengedukasi masyarakat. 

Cara Menjadi Jurnalis yang Baik

Seperti keahlian pada umumnya, Arkawan perlu melalui proses belajar untuk bisa menjadi handal dalam suatu hal. Berikut lima hal yang perlu dipelajari untuk memudahkan kamu menguasai keahlian untuk menjadi jurnalis profesional.

1. Belajar Cara Menulis

Menulis menjadi hal yang utama perlu dikuasai, tidak perlu bingung memulai darimana. Arkawan bisa mulai berlatih dengan menulis kejadian sehari-hari dan coba bagikan atau posting tulisan tersebut ke blog pribadi.

2. Belajar bagaimana cara wawancara

Cara menjadi jurnalis yang baik berikutnya dengan menguasai keterampilan mewawancarai narasumber. Mampu menyusun pertanyaan yang terstruktur dan menarik kesimpulan dari hasil wawancara.

3. Coba ikut magang

Magang sebagai jurnalis merupakan langkah yang efektif, Arkawan akan mendapat ilmu secara teori maupun terapan secara langsung. Pengalaman ini juga bisa bermanfaat untuk jenjang karir menjadi jurnalis profesional.

4. Berkoneksi dengan Reporter, Jurnalis, dan Lainya

Menjadi jurnalis juga menuntut seseorang memiliki networking yang luas, karena berita terjadi setiap waktu dan dimana saja. Bergabunglah dengan komunitas reporter maupun jurnalis.

5. Publikasi di media online

Sekarang ini, Arkawan bisa dengan mudah mengunggah tulisan ke media online asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Setiap media online juga biasanya sudah menemukan tulisan yang layak tayang, dengan mengikuti kaidah penulisan yang ditentukan Arkawan akan terbiasa menulis dengan cara yang teratur dan menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas.

Baca Juga : 9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Seperti Apa Sih?

Tips Menjadi Jurnalis yang Profesional

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bidang profesi ini, apa rahasia yang harus diketahui?

1. Kenali Profesi Jurnalis

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang jurnalis profesional selain menulis dengan baik adalah selalu siap menghadapi situasi dan kondisi yang tidak terduga saat bertugas di lapangan. 

Jika sedang melakukan liputan langsung, misalnya, jurnalis dituntut untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Selain itu, jurnalis profesional juga harus bekerja dengan tangkas dan efisien agar dapat mengikuti laju informasi yang cepat. 

Sering kali, waktu yang dimiliki untuk mengolah berita sangat singkat. Hal ini dilakukan agar audiens selalu mendapatkan berita yang up to date setiap saat.

2. Pilih Media Publikasi

Karya jurnalistik yang telah dibuat akan dipublikasikan melalui media. Ada dua jenis media secara umum yang dikenal saat ini, yaitu media cetak dan media online. 

Media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid, sedangkan media online seperti portal berita.

Sebelum memulai karier sebagai jurnalis, Anda perlu menentukan pilihan terlebih dahulu. 

Perlu diketahui, baik media cetak maupun media online memiliki pangsa pasarnya sendiri. Meskipun demikian, cara kerja jurnalis dalam mencari berita untuk keduanya tidak jauh berbeda.

3. Miliki Keahlian

Langkah selanjutnya adalah mengasah kemampuan untuk menjadi jurnalis profesional . Apa saja hal yang harus dikuasai oleh jurnalis dalam melakukan tugasnya?

  • Mengetahui perbedaan gaya penulisan

Dalam jurnalistik, ada beberapa gaya penulisan yang umum digunakan, yaitu straight news yang terbagi atas hard news dan soft news. 

Ini adalah jurnalisme yang fokus untuk menyampaikan berita kepada audiens secara cepat dalam keadaan hangat.

Selain itu, ada in depth news, yaitu berita yang diulas secara mendalam dalam berbagai sisi atau perspektif tertentu. 

Tujuan indepth news adalah untuk memberikan pencerahan kepada audiens berdasarkan peristiwa yang pernah berlangsung. Jenis tulisan lain adalah feature, yaitu tulisan deskriptif yang bertujuan untuk menggugah emosi audiens.

  • Mengetahui metode peliputan yang baik

Dalam menggali informasi melalui peliputan, seorang jurnalis harus memiliki kemampuan yang mumpuni. 

Dalam bagian ini terdapat kemampuan untuk melakukan wawancara secara optimal sehingga informasi yang didapatkan lebih lengkap.

  • Mengetahui etika jurnalistik

Selain itu, jurnalis juga wajib menerapkan etika jurnalistik saat melakukan tugasnya. Sebagai contoh, ada istilah yang disebut off the record. 

Wawancara yang disepakati off the record tidak boleh dipublikasikan kepada audiens. Kerahasiaan data narasumber juga merupakan tanggung jawab jurnalis.

Baca Juga : Tertarik Menjadi Seorang Freelancer? Inilah 7 Keuntungannya!

Nah, bagi Anda yang ingin menggeluti dunia jurnalistik atau mengembangkan karier sebagai jurnalis profesional, ikuti kursus menjadi jurnalis di Arkademi. 

Kursus ini akan membantu Anda mengasah kemampuan agar bisa terjun ke dunia jurnalistik dengan optimal.

Arkademi menyajikan sistem pembelajaran yang runtut dan mudah dimengerti. Bukan hanya teks, video pembelajaran juga tersedia bagi para pelajar sehingga materi yang diajarkan lebih mudah dimengerti. 

Menariknya, seri-seri pembelajaran untuk jurnalis di Arkademi bisa diakses selama kurang lebih 30 hari.

Jadi, inilah cara menjadi jurnalis yang bisa Anda lakukan pada masa sekarang. Metode ini cocok bagi pemula yang ingin mengenal dunia jurnalistik secara praktis dan efektif. 
Tertarik untuk mencoba? Unduh aplikasi Arkademi di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin untuk pengguna baru.

Rekomendasi