5 Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV yang Perlu Diketahui Pelamar Kerja

intip perbedaan surat lamaran dan cv yang perlu diketahui pemula
Pengembangan Diri

Dalam melamar pekerjaan, terdapat berkas yang sangat penting yang perlu ditambahkan, yaitu resume dan CV. 

Dua berkas ini penting karena sebagai seleksi awal dalam proses rekrutmen untuk menentukan apakah kandidat cocok atau tidak untuk melanjutkan proses recruitment.

Walau terlihat sama tapi terdapat perbedaan antara cv dan resume seperti pengertian, tampilan hingga tujuannya.

Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja

Berikut ini merupakan perbedaan antara surat lamaran kerja dengan cv yang perlu kamu ketahui : 

Pengertian

#Pengertian Resume

Resume atau surat lamaran kerja merupakan sebuah ringkasan singkat mengenai ringkasan hidup dari seseorang. Surat lamaran kerja biasanya berisi informasi mengenai pekerjaan yang relevan dengan lowongan yang dilamar.

#Pengertian Curriculum Vitae

Berbeda dengan resume, cv berisi informasi yang lebih detail mengenai riwayat pekerjaan, pengalaman organisasi, pendidikan, skill hingga referensi. CV akan menjadi pertimbangan untuk recruiter dalam menentukan apakah kualifikasi kamu sudah sesuai atau belum. 

Tujuan

#Tujuan Resume

Resume biasanya berisi ringkasan singkat mengenai seseorang dan memiliki tujuan untuk menyampaikan maksud dari surat yang dikirimkan yaitu mengirimkan sebuah lamaran pekerjaan.

#Tujuan Curriculum Vitae

Curriculum vitae bertujuan untuk untuk memberikan gambaran lengkap dan detail mengenai calon kandidat mulai dari pengalaman, hobi, hingga skill yang dikuasai.

Baca Juga : Pahami 5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan ini Agar Tidak Salah Bikin

Isi

#Isi Resume

Sesuai dengan tujuannya, resume atau surat lamaran kerja berisi informasi mengenai gambaran singkat mengenai pelamar kerja. Dalam surat lamaran kerja biasanya berisi informasi-informasi sebagai berikut : 

  • Alamat yang dituju
  • Salam Pembuka
  • Isi Surat Lamaran Kerja
  • Paragraf penutup
  • Salam Penutup

Setiap struktur harus diisi dengan baik karena akan menggambarkan first impression dari pelamar itu sendiri.

#Isi Curriculum Vitae

Isi sebuah CV biasanya lebih detail mengenai pelamar kerja dari mulai pekerjaan hingga skill yang dimiliki. Berikut ini merupakan beberapa isi yang diperlukan dalam sebuah CV

  • Ringkasan singkat
  • Kontak
  • Pengalaman kerja
  • Pengalaman organisasi
  • Pendidikan Formal dan nonformal
  • Skill 
  • Referensi
  • Hobi

Gaya Bahasa

#Gaya Bahasa Resume

Gunakan gaya bahasa yang formal, gunakan kalimat yang singkat padat dan jelas supaya recruiter lebih cepat dalam membaca informasi penting dalam surat lamaran yang kamu buat.  Pastikan tidak ada typo dalam surat lamaran yang kamu bikin untuk menghindari kesalahpahaman recruiter. Ini akan menandakan bahwa kamu merupakan orang yang teliti. 

#Gaya Bahasa Curriculum Vitae

Dalam CV, usahakan menggunakan gaya bahasa yang formal. Gunakan kalimat yang pasdat dan jelas karena informasi yang digunakan dalam CV akan sangat banyak sehingga recruiter hanya akan fokus ke dalam poin yang penting saja.

Baca Juga : 9 Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan, Wajib Diketahui Calon Pelamar

Tampilan

#Tampilan Resume

Tampilan untuk sebuah resume akan berupa teks yang memberikan informasi mengenai riwayat singkat dan tujuan pengiriman surat lamaran tersebut.

Gunakan kalimat yang menarik sehingga recruiter nyaman saat membaca surat lamaran dan akan menjadi nilai tambah agar lolos menuju tahap selanjutnya.

#Tampilan Curriculum Vitae

Berbeda dengan resume, dalam pembuatan CV terdapat dua tampilan yang digunakan. Kamu dapat menggunakan tampilan sederhana atau tampilan creative. Pastikan kamu memilih tampilan CV sesuai dengan kebutuhan.

Yang perlu kamu perhatikan saat memilih tampilan cv antara lain seperti jenis industri, posisi yang dilamar, dan jenis perusahaan. Jangan sampai salah dalam memilih jenis tampilan karena ini akan menentukan tidak lolosnya kamu ke tahap selanjutnya.

Nah itu dia beberapa perbedaan surat lamaran dan cv yang perlu kamu ketahui. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa surat dan cv merupakan yang berbeda tapi sama pentingnya dalam proses lamaran pekerjaan.

Apabila kamu masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran atau cv yang baik, kamu bisa mengikuti kursus online pembuatan cv dan lamaran pekerjaan di Arkademi.

Dalam kursus ini kamu akan belajar bagaimana cara membuat surat lamaran dan cv yang baik sehingga peluang untuk lolos semakin tinggi.