Perbedaan SEO dan SEM : Cara Kerja, Strategi dan Tujuannya

Perbedaan SEO dan SEM
Pengembangan Diri

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Optimization (SEM) adalah strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman pencarian (Google). Perbedaan SEO dan SEM terletak pada fokus keduanya, SEO berfokus untuk mendapatkan traffic website dengan metode pencarian organik. 

Sedangkan SEM berfokus untuk mendapatkan traffic melalui pencarian organik secara berbayar. Selain itu, masih terdapat perbedaan SEO dan SEM lainnya yang mungkin jarang diketahui, artikel ini akan membahas mengenai pengertian SEO dan SEM hingga perbedaan seo dan sem. Simak artikel berikut sampai tuntas ya!

Apa Itu SEO

SEO adalah strategi yang dilakukan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas dalam mesin pencarian (Google) melalui pencarian organik. Strategi ini meliputi tiga cara yaitu on-page, off-page, dan technical.

On-Page

On-page adalah upaya pengoptimalan setiap halaman website untuk meningkatkan traffic dengan menggunakan keyword yang spesifik. Strategi on-page meliputi pencarian keyword, menciptakan konten, dan optimasi konten. 

Optimasi keyword pada on-page akan dilakukan berstruktur, hal ini agar konten yang dibuat dapat bermanfaat bagi user dan user akan dapat mengeksplor website untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Strategi ini juga akan membantu mesin pencari untuk memahami konten website dan mendorong website berada pada peringkat teratas.

[read more]

Off-Page

Off-Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website dengan memberikan backlink ke website utama perusahaan atau juga dapat mempromosikan website pada media sosial. 

Membangun link merupakan hal terpenting dalam melakukan optimasi Off-Page, hal ini karena backlink menjadi salah satu faktor utama penilaian mesin pencari karena banyaknya link yang terdapat dalam banyak website yang relevan sehingga website yang dituju merupakan sumber terpercaya.

Technical

Technical SEO merupakan strategi optimasi seluruh aspek teknis dalam sebuah website yang memungkinkan terjadinya peningkatan peringkat halaman dalam mesin pencari. 

Technical SEO akan membantu akses website bekerja lebih cepat dan mesin pencari akan lebih mudah untuk melakukan crawling. Strategi dalam technical SEO meliputi kecepatan website, indexing, crawl ability, mobile friendly, site architecture, keamanan, dan struktur data.

Baca Juga : Apa itu SEO Marketing dan 3 Tools Gratis yang Bisa Dimanfaatkan!

Apa Itu SEM

SEM adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari melalui keyword tertentu dengan cara berbayar. Strategi ini menggunakan platform iklan google ads berbayar agar website dapat muncul pada halaman pertama google dengan cepat. 

Selain itu, dengan strategi SEM, website juga akan menargetkan pengunjung lebih cepat terhadap jasa maupun produk yang ditawarkan perusahaan. Adapun bagian dari SEM meliputi: 

Keyword Research

Sebelum menggunakan strategi SEM, sangat penting untuk melakukan riset keyword. Hal ini supaya Google Ads dapat menemukan apa yang dicari oleh user dan menganalisa kemungkinan biaya iklan yang akan dibayarkan berdasarkan variasi keyword. 

Misalnya biaya per klik rata-rata “Skincare Berjerawat” akan lebih mahal dari “Skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat”.

Bid Setting

Bid setting adalah strategi penawaran untuk memutuskan algoritma iklan dalam menjalankan budget harian untuk iklan yang dipasang. 

Jika terdapat pesaing yang mengalahkan budget yang kamu buat dan pesaing memiliki iklan yang relevan, maka Google tidak akan menampilkan iklan dengan sesering mungkin.

Ad Creation

Ad creation adalah strategi pembuatan iklan dengan memutuskan apa saja elemen yang akan dimuat dalam iklan dan kemana iklan akan ditampilkan. Pada tahapan ini, mesin pencari akan memberikan skor kualitas iklan dan seberapa relevan dan berguna iklan yang dimuat.

Audience Creating

Audience creating adalah strategi penawaran untuk menjangkau pelanggan yang sesuai dengan target pemasaran yang dibuat, sehingga iklan dapat mengarahkan pelanggan yang relevan ke situs web. Kamu dapat menargetkan pelanggan sesuai dengan hobi, gender, kesukaan, dan lainnya.

Perbedaan SEO dan SEM

perbedaan seo dan sem

Strategi SEO dan SEM sangat berkaitan erat dengan meningkatkan awareness website. Hal ini dilakukan untuk membangun engagement yang tinggi. Namun keduanya memiliki perbedaan.Perbedaan tersebut dapat dilihat sebagai berikut: 

Biaya

Perbedaan SEO dan SEM yang pertama adalah biaya. Pada SEM, setiap klik yang dihasilkan oleh user dari hasil pencarian akan dikenakan biaya. Maka sangat penting bagi marketer untuk menyiapkan budget yang cukup besar agar Ads mencapai hasil yang maksimal.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan strategi SEO. Hasil klik strategi SEO merupakan hasil pencarian organik yang dilakukan oleh user dan perusahaan tidak perlu membayar atas hasil klik tersebut.

Kecepatan

Kecepatan hasil strategi SEO akan lebih lambat dibandingkan dengan SEM karena adanya promosi iklan. SEM juga dapat diberhentikan jika ternyata target yang ditujukan belum dapat diraih. Setelah melakukan perbaikan target audiens, SEM juga kembali dapat diaktifkan.

Baca Juga : Kamu Seorang Marketer? Kenali 20 Istilah Dasar dalam Dunia Digital Marketing

Fokus

SEO 100% berfokus pada peringkat dari hasil pencarian organik. Sedangkan SEM berfokus pada target pemasaran. Target yang relevan dan spesifik akan memudahkan website untuk mempromosikan produk yang ditawarkan. Selain itu, cakupan pelanggan dari SEM tidak hanya berfokus pada satu titik, namun dari berbagai lokasi.

Target Audience

Dalam strategi SEO, marketer tidak dapat membuat target audiens yang signifikan. Marketer hanya dapat membuat konten dalam website dan melakukan analisis apakah konten yang dibuat telah sesuai dengan target yang ditetapkan.

Sedangkan dalam SEM, marketer dapat memilih target audiens sesuai dengan apa yang diinginkan. Misalnya menentukan gender, umur, wilayah, hobi, kesukaan. Target audiens dalam strategi SEM akan lebih terukur dibandingkan dengan SEO.

Nah setelah mengetahui perbedaan SEO dengan SEM, manakah strategi marketing yang kamu minati? 

Saat ini, strategi SEO menjadi salah satu cara andalan untuk mempromosikan perusahaan. Selain tidak dipungut biaya, strategi ini dapat membantu perusahaan dalam menjangkau pasar yang lebih terarah dan sesuai dengan user persona perusahaan. 

Tertarik untuk belajar SEO lebih lanjut? Yuk belajar bersama Arkademi!

CTA Kelas SEO Growth

Arkademi memiliki kursus Growth Market: Kursus SEO Online untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis yang akan mengajarkan peserta untuk menguasai SEO dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan. Peserta akan dengan mudah memahami keyword research, SEO on page hingga teknik SEO.

 

Source : 

https://backlinko.com/hub/seo/seo-vs-sem

https://ahrefs.com/blog/seo-vs-sem/

[/read]
Tag seo