1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Ditanya tentang Motivasi Melamar Kerja? Ini Tips Untuk Menjawabnya!

Ditanya tentang Motivasi Melamar Kerja? Ini Tips Untuk Menjawabnya!

Persiapan Kerja
Tips menjawab motivasi melamar kerja

Saat kamu melakukan interview kerja, motivasi melamar kerja menjadi pertanyaan umum bagi pewawancara terhadap calon pekerja.

Tujuan dari pertanyaan ini yakni, perekrut ingin mengetahui tentang apa yang mendorong kamu bersemangat untuk bekerja dan tujuan apa yang ingin kamu raih. Pertanyaan ini tentunya memiliki dampak yang besar terhadap keberlanjutan proses seleksi kerja.

Walaupun pertanyaan ini terlihat mudah, tetapi tidak jarang pelamar yang terjebak dan memberikan jawaban tidak relevan terkait dengan posisi ataupun perusahaan yang dilamar.

Untuk memberikan jawaban terbaik, kamu tentunya harus mengetahui apa itu motivasi kerja hingga jawaban motivasi kerja apa yang harus dihindari.

Apa itu Motivasi Melamar Kerja

Motivasi melamar kerja adalah dorongan psikologis seseorang dalam melakukan suatu tindakan atau pekerjaan untuk mencapai tujuan atau suatu target yang telah ditentukan.

Biasanya untuk mencapai target tersebut seseorang akan melakukannya dengan gigih dan mampu menghadapi suatu masalah.

Motivasi ini akan menjadi penentu perusahaan dalam kecocokan antara karakteristik kamu dengan posisi yang kamu lamar atau dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca artikel ini untuk mengetahui urutan berkas lamaran kerja yang benar

Kenapa HRD Menanyakan Motivasi Melamar Kerja

Motivasi melamar kerja merupakan acuan HRD untuk menilai keseriusan kamu dalam melamar kerja. Berikut beberapa alasan HRD menanyakan hal ini.

  1.   Untuk mengetahui arah motivasi kamu dalam bekerja dengan posisi yang sedang kamu lamar.
  2.   Untuk mengetahui apakah kamu dapat bekerja dengan stabil dan memiliki inisiatif diri yang kuat untuk mulai bekerja serta merupakan pribadi yang menyukai tantangan.
  3.   Untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan tim dan perusahaan yang kamu lamar.

Tips Menjawab Motivasi Melamar Kerja

Untuk menjawab motivasi melamar kerja tentunya kamu harus memberikan gambaran tentang seberapa besar keseriusan kamu dalam pekerja. Dalam menjawabnya kamu harus melakukan beberapa hal seperti berikut.

Jujur

Ketika kamu lolos ke tahap interview, kamu merupakan kandidat terpilih dari ratusan hingga ribuan orang yang telah melamar diperusahaan yang kamu lamar. Maka sangat penting bagi kamu untuk menjawab proses interview dengan jujur. Dengan kamu menjawab jujur, maka rekruter akan dapat menilai seberapa kompeten kamu dalam mengerjakan pekerjaan yang telah diberikan.

Yakin

Selain jujur, kamu juga harus menjawab pertanyaan motivasi tersebut dengan yakin, sehingga HRD akan mempercayaimu dalam kinerja yang akan kamu berikan untuk tim maupun perusahaan.

Antusias

Dengan menunjukkan antusias kamu dalam posisi yang kamu lamar, maka HRD akan melihat kamu sebagai calon kandidat yang kuat dan mampu mengambil keputusan. Nantinya, mereka akan menilai kamu dapat menjalankan pekerjaan yang akan berikan dengan perhitungan dan perencanaan yang baik.

Spesifik

Semakin spesifik motivasi dalam bekerja, maka semakin besar peluang kamu diterima oleh perusahaan yang kamu lamar. Hal ini karena rekrutmen merasa jawaban kamu benar-benar tulus dan kredibel.

Contoh Motivasi Melamar Kerja

Sangat penting untuk melakukan research terhadap bidang posisi yang kamu lamar. Hal ini bertujuan untuk memperluas wawasan tentang profesi yang kamu lamar sehingga kamu dapat menjawab motivasi kerja saat melakukan interview dengan HRD. Untuk menjawab motivasi melamar kerja, kamu harus memperhatikan beberapa hal antara lain:

Relevansi dengan Karir

Saat kamu melakukan interview kerja, cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar, misalnya:

“Saya melamar pekerjaan sebagai UI Design diperusahaan ini karena saya memiliki kemampuan design yang baik. Saya menguasai beberapa aplikasi design yaitu  Figma, Adobe XD, Corel, Sketch. Saya juga memiliki kemampuan dalam melakukan riset sehingga saya merasa pekerjaan ini cocok dengan saya.”

Belajar Hal Baru

Dunia kerja merupakan salah satu tempat untuk belajar hal baru untuk meningkatkan profesionalisme. Kamu dapat memberikan jawaban bahwa kamu menyukai tantangan di mana hal itu akan memotivasi kamu untuk belajar hal baru.

Optimis dan antusias

Sikap optimis dan antusias dalam menjawab motivasi kerja akan membuat HRD yakin bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jawablah motivasi kerjamu dengan menunjukkan apa saja kontribusi yang dapat kamu berikan untuk perusahaan dan kelebihan yang kamu miliki untuk mencapai tujuan bersama.

Mempunyai Skill yang Sesuai

Untuk menjadi kandidat yang sesuai dengan posisi yang dicari perusahaan, tentunya kamu harus memiliki skill yang sesuai posisi tersebut. Jika sudah sesuai, maka sangat besar peluang kamu diterima bekerja.

Tunjukan Pencapaian

Untuk menjawab pertanyaan ini, ceritakanlah pencapaian apa saja yang pernah kamu raih selama bekerja di tempat sebelumnya ataupun di tempat kamu pernah menempuh pendidikan ataupun organisasi yang kamu ikuti.

Sejalan dengan Visi Misi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuannya. Kamu dapat mengaitkan jawaban motivasi kerja kamu dengan visi dan misi perusahaan, hal ini akan menjadikan kamu dianggap sebagai kandidat yang memiliki tujuan sama dengan perusahaan.

Spesifik

Semakin spesifik motivasi kamu dalam bekerja, maka semakin besar peluang kamu untuk diterima perusahaan yang kamu lamar.

Apa value yang bisa kamu berikan ke perusahaan

Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan komitmen apa yang akan kamu berikan untuk perusahaan hingga apa saja pengalaman yang kamu miliki untuk mencapai tujuan.

Rencana Karir

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus mengetahui tujuan karir, minat kamu dalam pekerjaan yang kamu impikan, serta rencana dan komitmen kamu dalam profesi tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Membuat CV yang Menarik

Jawaban Motivasi Kerja yang Wajib Dihindari

Ingin Gaji yang Lebih Tinggi

Dalam interview kerja, pastikan kamu untuk tidak menyinggung soal terkait dengan gaji. Karena hal ini akan membuat kamu dinilai sebagai orang yang money oriented oleh rekrutmen.

Mengisi waktu luang

Setiap perusahaan pasti mencari kandidat yang akan berkontribusi baik dengan jangka waktu yang lama.

Jika kamu menjawab motivasi kamu bekerja di suatu perusahaan hanya untuk mengisi waktu luang, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak memiliki komitmen tinggi dan kamu juga langsung dapat ditolak oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Mencari Pengalaman Baru

Dunia kerja memang merupakan tempat untuk mencari pengalaman baru, tetapi kamu harus menghindari jawaban ini.

Karena rekrutmen akan tertarik dengan kandidat yang telah memahami jobdesk tentang profesi yang dilamar dan telah memiliki skill yang relevan.

Fokus Terhadap Diri Sendiri

Jika kamu terlalu fokus pada diri sendiri saat interview kamu akan kehilangan interest dari rekrutmen. Pasalnya, recruitment juga ingin mengetahui apa saja kontribusi yang akan kamu berikan serta pengetahuanmu tentang perusahaan

Tidak ada Tujuan Karir

Jika kamu tidak memiliki tujuan karir, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak bisa melakukan perencanaan atau planning. Padahal skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kelas di Arkademi merupakan solusi terbaik untuk kamu dalam melamar pekerjaan! Kamu akan mendapatkan tips dan cara untuk meluluhkan hati recruiter. Klik banner berikut untuk membeli kelasnya! Selamat belajar~

CTA Cara Melamar Pekerjaan

Rekomendasi