7 Rekomendasi Market Research tools dan Kenapa itu Penting

Rekomendasi tools untuk melakukan market research yang sering digunakan
Pengembangan Diri

Penggunaan tools untuk melakukan market research akan sangat membantu sekali dalam mempercepat pekerjaan seorang market researcher. Dengan adanya tools ini akan meningkatkan efisiensi dan membantu dalam pengelolaan data.

Selain itu, dengan adanya tools market research ini juga akan membantu untuk penyusunan strategi dalam marketing dan melihat strategi yang dijalankan kompetitor.

Dengan alasan-alasan tersebut tidak heran bahwa seorang market researcher sangat membutuhkan tools untuk menunjang pekerjaannya.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan tools dan macam-macam tools yang biasa digunakan.

Manfaat Menggunakan Tools Market Research

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan tools dalam melakukan market research. Selain itu dengan menggunakan tools ini juga akan meningkatkan efisiensi pekerjaan dan pastinya sangat membantu. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan tools untuk market research.

# Menentukan Target Audience yang Tepat

Market research akan membantu kamu untuk identifikasi target audience yang paling cocok dan sesuai dengan produk kamu.

Dengan adanya target audience maka kamu akan lebih mudah dalam menentukan user persona sehingga dapat membuat strategi yang paling cocok untuk mendekatkan diri dengan pelanggan.

Selain untuk pembuatan strategi, kamu juga akan mendapatkan data seperti kebiasaan pelanggan dan faktor yang menjadi penyebab pengambilan keputusan.

# Mengurangi Ketidakpuasan Pelanggan

Dengan adanya market research maka kamu akan mengurangi potensi untuk pelanggan yang tidak puas. Market research akan membuat kamu mendapatkan informasi mengenai faktor apa saja yang menjadi penyebab pelanggan dan tidak puas dan yang diinginkan.

Dengan data tersebut maka bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan pembuatan produk atau pengembangan supaya dapat menjawab kebutuhan pelanggan.

# Mencari Peluang Baru

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan market research adalah mencari peluang baru dalam pasar. Dengan adanya market research tools maka kamu akan dimudahkan dalam pengelolaan data sehingga bisa mendapatkan peluang baru yang kemungkinan sangat berpotensi untuk menjawab kebutuhan pasar.

# Identifikasi Kompetitor

Dengan adanya tools maka akan membantu kamu dalam melakukan analisis kompetitor. Analisis kompetitor berfungsi untuk mencari tahu strategi yang dijalankan kompetitor dan apa saja yang dilakukan.

Dengan mengetahui strategi yang dilakukan kompetitor, maka kamu dapat menyusun strategi yang lebih baik lagi agar tidak kalah bersaing.

Baca Juga : Rekomendasi Kursus Online Market Analyst Terbaik di Arkademi

Rekomendasi Tools untuk Market Research

Setelah mengetahui manfaat yang akan kamu dapatkan dengan tools untuk market research, maka selanjutnya adalah tools yang biasa digunakan untuk melakukan market research, berikut ini adalah toolsnya:

ThinkwithGoogle

ThinkwithGoogle merupakan salah satu tools dari Google yang menyediakan data secara gratis yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber. Data tersebut merupakan bukan data realtime, tetapi menyajikan data trend baru, memahami perilaku konsumen yang akan berguna sebagai pembuatan strategi dalam marketing.

Fungsi :

  • Melihat trend strategi marketing lintas channel
  • Berbentuk data
  • Data merupakan data internasional
  • Mudah Digunakan

Google Trend

Kamu dapat melihat trend pencarian dengan menggunakan tools google trend ini. Tools ini merupakan salah satu tools yang disediakan oleh google secara gratis.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tools ini adalah untuk melihat trend pencarian di dalam Google terhadap suatu kata kunci.

Fungsi :

  • Melihat trend pencarian dari waktu ke waktu
  • Berbentuk grafik tend
  • Ada angka dari 0-100

Google Keyword Planner

Sama seperti tools sebelumnya, Google keyword planner merupakan tools yang disediakan oleh google. Tools ini biasanya digunakan untuk melihat jumlah pencarian di google. Dengan tools ini kamu akan mendapatkan data seperti seberapa banyak orang mencari sebuah kata kunci dalam waktu satu bulan. Selain itu kamu juga dapat melihat kesulitan dari sebuah kompetisi kata kunci tersebut.

Fungsi :

  • Mencari Kata kunci
  • Melihat trend volume pencarian dari sebuah kata kunci

Answer the Public

Answer the public merupakan sebuah tools yang digunakan untuk mencari tahu apa yang ditanyakan oleh kebanyakan orang.

Kamu cukup memasukan topik yang ingin kamu cari maka selanjutnya dengan tools ini akan menyediakan berbagai macam pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai topik tersebut.

Selain itu kamu juga dapat dengan mudah untuk mencari ide konten mengenai topik yang dibahas dengan menggunakan tools ini.

Fungsi : 

  • Mencari ide konten
  • Visualisasi data yang mudah
  • Mencari pertanyaan yang sering ditanyakan

Buzzsumo

Buzzsumo merupakan salah satu tools yang sering digunakan oleh marketer untuk melakukan pembuatan konten marketing dan sosial media. Buzzsumo dapat menganalisa lebih dari 8 Miliar artikel hingga 300 triliun konten yang terdapat di sosial media.

Ini menjadikan buzzumo menjadi salah satu tools yang bisa digunakan untuk pembuatan strategi penyusunan konten yang bagus.

Fungsi : 

  • Mencari ide konten
  • Kompetitor analisis

Baca Juga : Mengenal Market Analyst, Tugas, Hingga Skill yang Dibutuhkan

Make Me Persona

Setiap produk harus memiliki persona untuk setiap calon pelanggan potensial. Persona penting untuk menjadi gambaran mengenai target pelanggan yang akan dituju.

Tools make me persona membantu kamu untuk membuat persona yang cocok untuk calon pelanggan baru dari produkmu. Kamu dapat melihat gambaran mengenai calon pelanggan hingga masalah dan solusi yang dibutuhkan.

Fungsi : 

  • Membuat persona
  • Sebagai gambaran mengenai target audience

Statista

Statista merupakan tools yang mengumpulkan data dan sudah berbentuk sebuah grafik atau tabel yang lebih mudah dipahami. Tools ini akan selalu diperbaharui sehingga menjadi up to date mengenai data dari tahun ke tahun.

Tools ini bisa kamu gunakan untuk melihat data mengenai topik yang ingin dicari mengenai trend pasar, perilaku konsumen yang relevan dengan bisnis kamu.

Fungsi : 

  • Mencari data trend
  • Melihat trend perkembangan
  • Melihat perilaku konsumen

SurveyMonkey

Sesuai dengan namanya, tools ini merupakan alat yang membantu marketer untuk melakukan survey kepada calon konsumen. Tools surveymonkey merupakan alat yang bermanfaat untuk membuat survey riset pasar sehingga akan membantu dalam memahami kondisi pasar.

Dengan bantuan alat ini, survey akan dilakukan dengan lebih spesifik dalam mengumpulkan jawaban yang dibutuhkan.

Fungsi : 

  • Survey konsumen dan kondisi pasar

Tools sangat bermanfaat bagi marketer untuk mempermudah pekerjaanya, khususnya sebagai seorang market analyst, tools-tools tersebut akan membantu dalam melakukan market research sehingga dapat mengumpulkan data dan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan yang relevan.

Sebagai seorang yang ingin berkarir untuk menjadi seorang market analyst, kamu setidaknya perlu memahami alat yang akan digunakan sebagai market research, selain itu kamu juga harus paham mengenai skill dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengisi peran tersebut.

Oleh karena itu, mengikuti kursus online merupakan langkah yang baik sebagai permulaan dalam belajar mengenai market analyst ini, kamu dapat mengikuti kursus online market analyst di Arkademi dan akan mendapatkan pengetahuan dan skill baru yang nantinya akan sangat berguna dalam mencari pekerjaan untuk posisi ini.