Mengenal Market Analyst, Tugas, Hingga Skill yang Dibutuhkan

Mengenal market analyst dan tugasnya
Pengembangan Diri

Apakah profesi marketing analyst itu penting dalam sebuah perusahaan dan berapa sih gajinya ?

Marketing analyst merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan market research kemudian melakukan analyst dengan data yang dikumpulkan untuk kemudian dipelajari.

Market analyst memiliki peran yang penting dalam setiap bisnis, karena dengan analisis pasar maka perusahaan akan lebih bersiap dalam membuat strategi pasar untuk dapat bersaing di ketatnya pasar.

Dalam artikel ini kamu akan belajar mengenai apa itu marketing analyst beserta tugas dan tanggung jawabnya.

Apa itu Marketing Analyst

Seorang marketing analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis data pasar dan perilaku konsumen untuk membantu bisnis meningkatkan pemasaran mereka.

Data yang sudah di analisis kemudian akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan produk hingga strategi yang harus dijalankan perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Selain itu dengan adanya market analyst perusahaan juga akan mendapatkan competitive advantage jika produk dibandingkan dengan kompetitor.

Tugas dan tanggung jawab marketing analyst

Tugas dan tanggung jawab market analyst

Menjadi marketing analyst memiliki tugas dan tanggung jawab untuk selalu peka akan trend yang terjadi dipasar, oleh karena itu peran ini dituntut untuk selalu up to date. Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab seorang marketing analyst meliputi:

  • Menganalisis data pasar dan perilaku konsumen untuk mengidentifikasi tren dan peluang pasar.
  • Menentukan strategi pemasaran berdasarkan analisis data.
  • Melakukan survei pelanggan dan analisis data untuk mengukur kepuasan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Tentukan target pasar Anda dan kembangkan kampanye pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Melakukan analisis persaingan dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk atau layanan perusahaan.
  • Mengukur keberhasilan kampanye pemasaran dan buat rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pemasaran.
  • Keterampilan yang dibutuhkan dari Analisis Pasar

Baca Juga : Apa itu Market Research , Ini dia Penjelasan Lengkapnya

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi marketing analyst

Berikut ini merupakan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketing analyst, antara lain :

Analisis data dan keterampilan wawasan pasar – Seorang marketing analyst dituntut untuk dapat menganalisa sebuah data, selain itu juga harus paham mengenai pasar dan kebiasaannya.

Kemampuan untuk memahami perilaku dan kebutuhan konsumen – Kemampuan selanjutnya adalah mampu memahami perilaku dari konsumen atau calon konsumen, pahami bagaimana konsumen beraktivitas hingga faktor yang menjadi penyebab keputusan pembelian.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif – Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan untuk menjadi marketing analyst karena akan bersinggungan langsung dengan konsumen

Kemampuan untuk bekerja dalam kelompok dan individu – Marketing analyst biasanya akan bekerja dengan kelompok atau individu sesuai dengan kondisi. Seorang marketing analyst harus mampu bekerja dengan siapapun.

Kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak analisis data seperti Excel, R atau Python – Semua data yang sudah dikumpulkan harus diolah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Seorang marketing analyst harus mampu menguasai skill tersebut.

Kemampuan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat – Skill selanjutnya adalah mampu memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Sebuah keputusan harus diambil dengan tepat sesuai dengan data yang sudah dikumpulkan.

Gaji Marketing Analyst

Gaji analis pasar dapat bervariasi berdasarkan pengalaman, tingkat pendidikan, dan lokasi pekerjaan. Menurut data Payscale, gaji rata-rata marketing analyst di Indonesia berkisar Rp 8-16 juta per bulan.

Bagaimana Cara Menjadi Marketing Analyst

Untuk menjadi marketing analyst pastinya tidak mudah, ada beberapa step yang harus kamu lewati terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa langkah harus diikuti untuk menjadi seorang marketing analyst:

  • Dapatkan gelar sarjana di bidang pemasaran, statistik, atau ekonomi.
  • Belajar  analisis data dan perangkat lunak analisis data seperti Excel, R atau Python.
  • Ikuti kursus atau permagangan dengan mengambil market analyst
  • Buat portofolio sesuai dengan project yang pernah kamu kerjakan

Kesimpulan

marketing analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis data pasar dan perilaku konsumen untuk membantu bisnis meningkatkan pemasaran mereka. Menjadi seorang marketing analyst membutuhkan keterampilan analisis data, pemahaman tentang pasar dan perilaku konsumen, serta keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah. Gaji analis pasar dapat bervariasi berdasarkan pengalaman, tingkat pendidikan, dan lokasi pekerjaan.