1. Home
  2. Kewirausahaan
  3. Kenali 7 Manfaat Tanaman Hidroponik untuk Rumah Tangga

Kenali 7 Manfaat Tanaman Hidroponik untuk Rumah Tangga

Kewirausahaan
manfaat tanaman hidroponik untuk rumah tangga yang berpeluang untuk menjadi penghasilan tambahan

Pasca Pandemi Covid-19 menjadikan berkembangnya tren urban farming di daerah perkotaan. Kegiatan bercocok tanam dirumah dengan metode hidroponik ini menjadi hobi baru bagi masyarakat, salah satunya menanam sayuran.

Hadirnya bercocok tanam dengan metode hidroponik ini menambah ragam pertanian modern dalam menjawab ragam permasalahan dalam sistem pertanian konvensional. Selain hobi, Kamu juga dapat menjadikan hidroponik ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Terdapat banyak sekali manfaat tanaman hidroponik untuk rumah tangga, diantaranya sebagai berikut.

Sayuran Lebih Terjaga Kesegaranya

Manfaat tanaman hidroponik untuk rumah tangga yang pertama ialah Kamu akan merasakan sayuran yang segar. Hal ini dikarenakan sayuran yang Kamu tanam tidak terkontaminasi pestisida kimia dan pasti akan lebih sehat.

Kamu akan mendapatkan sayuran yang memiliki kualitas tinggi dengan menanamnya sendiri. Kamu juga bisa memilih untuk menanam dengan pupuk organik.

Lebih Hemat Lahan

Metode hidroponik akan memungkinkan Kamu dapat bercocok tanam tanpa memerlukan lahan yang luas, bahkan Kamu juga dapat bercocok tanam tanpa memiliki lahan. Kamu dapat berkebun dengan memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam.

Metode hidroponik merupakan cara bercocok tanam menggunakan kultur air atau kultur pasir untuk penanaman. Tanaman hidroponik cenderung memanfaatkan larutan mineral yang bernutrisi atau bahan yang mengandung unsur hara seperti serat mineral, serabut kelapa, batu bata, serbuk kayu, dan sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan sudut-sudut rumah Kamu untuk menanam.

Menyejukkan Rumah

Sejak kecil kita diajarkan untuk menanam pohon. Hal itu karena pohon menghasilkan oksigen dan mengurangi kadar karbondioksida yang akan menyejukkan lingkungan. Manfaat tanaman hidroponik juga sebagai salah satu upaya penghijauan di lingkungan sekitar rumah.

Sama halnya dengan menanam pohon, manfaat tanaman hidroponik juga akan bermanfaat untuk lingkungan. Karena dapat mengurangi zat pencemaran udara, lingkungan rumah juga akan terlihat lebih asri dan sejuk.

Baca Juga : Daftar 10 Hobi yang Bisa Jadi Sumber Cuan!

Lebih Hemat Pengeluaran

Jika Kamu menanam sendiri kebutuhan sayur mayur maupun rempah, maka hal ini akan membantu Kamu untuk menghemat anggaran belanja. Kamu dapat menanam berbagai jenis sayuran sesuai keinginan dan kebutuhan Kamu. Tanamlah sayuran yang sering digunakan untuk memasak seperti cabai, tomat, jeruk nipis, toge, pKamun, dan kemangi.

Untuk merawat tanaman yang menggunakan metode hidroponik sendiri juga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Kamu juga dapat menghemat penggunaan pupuk dan air jika menanam dengan metode ini.

Sebagai Penghasilan tambahan

Banyak sekali jenis sayuran, buah-buahan, maupun tanaman hias yang dapat dibudidayakan secara hidroponik. Contoh dari sayuran dan buah buahan yang dapat ditanam secara hidroponik ialah kangkung, sawi hijau, brokoli, paprika, selada, timun, pakcoy, pare bayam, cabai, tomat, selada, melon, semangka, anggur, seledri, tomat, tomat ceri, caisin, dan lain-lain.

Jika Kamu teliti dan ulet dalam menekuni menanam tumbuhan dengan metode ini, Kamu bisa mendapatkan keuntungan secara komersial. Kamu dapat memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan bisnis Kamu.

Selain itu, tanaman hias hidroponik juga semakin berkembang eksistensinya semenjak pandemi. Kampanye tentang cinta lingkungan juga kian bermunculan. Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis baru baik di tengah pandemi maupun setelah pandemi.

Harga jual dari tanaman hasil kebun hidroponik juga memiliki selisih yang lumayan dibandingkan tanaman biasa.

Baca Juga : 14 Ide Bisnis Rumahan di Desa Ini bisa Dicoba, Diantaranya?

Penjernih Air Kolam

Metode menanam hidroponik juga dapat digunakan oleh beberapa tanaman air salah satunya ialah tanaman apu-apu. Selain untuk mempercantik tampilan kolam, tanaman ini memiliki fungsi yang cukup bermanfaat yaki menjadi filtrasi air pada kolam dan membuat kolam menjadi lebih jernih.

Tanaman ini juga berfungsi untuk menyerap limbah bahan radioaktif hingga logam berat yang berada di air.

Memberikan makanan yang Sehat

Kesadaran akan gaya hidup sehat oleh masyarakat kian meningkat. Banyak masyarakat yang memilih untuk menanam atau memilih sayuran dan buah hidroponik. Hal ini karena tanaman hidroponik ditanam tanpa adanya penggunaan pestisida untuk melindungi tanaman tersebut dari hama.

Jika Kamu membudidayakan tanaman hidroponik dengan telaten, memperhatikan cahaya matahari dan udara yang cukup untuk tanaman Kamu, maka tanaman ini akan memiliki nutrisi yang baik.

Begitu banyak manfaat tanaman hidroponik untuk keluarga yang telah dijelaskan diatas. Selain memberikan makanan yang sehat, Kamu juga dapat membuka peluang bisnis dengan menanam hidroponik.

Kamu tidak perlu bingung untuk memulai bercocok tanam hidroponik, karena Arkademi memiliki kelas yang akan memberikan arahan bagi Kamu untuk bercocok tanam dengan baik. Kamu dapat mengunjungi kelas membangun kebun hidroponik untuk info lebih lanjut.

Selain itu, kamu juga bisa mendownload aplikasi Arkademi, dan dapatkan koin yang nantinya bisa di tukarkan untuk membeli kelas ini. tunggu apalagi, yuk dapatkan beragam manfaat tanaman hidroponik untuk rumah tangga kamu.

Rekomendasi