1. Home
  2. Bisnis
  3. 14 Ide Bisnis Rumahan di Desa Ini bisa Dicoba, Diantaranya?

14 Ide Bisnis Rumahan di Desa Ini bisa Dicoba, Diantaranya?

Bisnis
Intip ide bisnis rumahan di desa yang bisa kamu coba

Terdapat banyak ide bisnis rumahan di desa yang bisa dicoba, cuma bingung mau pilih yang mana, dan masih pikir-pikir untuk melakukannya. Padahal untuk berusaha, kita perlu Action, tidak hanya pikir-pikir saja. Karena itu membuat waktu habis dan overthinking alias sia-sia.

Sudah banyak para ibu rumah tangga, maupun orang awam yang melakukan hal ini, berwirausaha. Dari sini, mereka meraup keuntungan yang tidak terkira-kira. Daripada ikut orang, memang lebih baik pada akhirnya di masa tua, punya tabungan akan usaha muda sejak dini.

Peluang Usaha Desa Secara Online

Ide bisnis rumahan di desa secara online yang bisa dicoba diantaranya:

1. Bisnis Makanan Olahan

Bisnis ini cukup digandrungi anak muda sekarang, dan cocok di segala usia. Banyak yang suka, karena sifat makanannya berupa cemilan dan ringan. Macam-macam rasa, dan varian olahan yang diberikan bisa memberikan rasa enak dan nyaman bagi semua lidah. Tergantung pilihan masing-masing.

Ide bisnis rumahan di desa ini, bisa menjadi penghasilan yang menguntungkan bagi Arkwan, karena produknya bisa diterima banyak orang. Hasil olahan dari produk ini berupa keripik, asinan, manisan, dan lain sebagainya, yang menggugah selera dan tidak bosan di mulut. Untungnya banyak setiap hari.

2. Bisnis Telur Online

Siapa yang tidak tahu telur? Hasil ternak ini banyak yang mengkonsumsi dan memakainya untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari olahan makanan hingga masakan, sampai dijadikan roti dan olahan lainnya. Dipastikan banyak yang membutuhkan ini setiap hari, apalagi kalau dijual online, tambah laris.

Selain produk pertanian, produk ternak juga sangat dibutuhkan dalam masyarakat. Makanya cari bisnis yang gampang dicari dan dibutuhkan masyarakat agar hasil yang diberikan dalam penjualan bisa maksimal. Hasil ternak ini sangat menggiurkan jika ditekuni.

3. Jual Ayam Potong Online

Siapa yang tidak suka dengan ayam potong? Pastinya banyak yang suka walaupun ada yang tidak suka. Hewan ternak ini membawa keuntungan besar tidak hanya telurnya saja, tetapi dagingnya juga, yang dibutuhkan setiap hari. Dalam jumlah besar, dipastikan dibutuhkan dalam masyarakat luas.

Untuk penjualannya pun, sekarang bisa diakses dengan mudah lewat online. Ini cara agar dapat untung banyak dan menjual cepat. Selain disebar di pasar-pasar, juga disebar ke penjual ayam goreng maupun ayam yang lainnya, jadi sangat dibutuhkan dan saling membutuhkan.

4. Jual Pulsa dan Kebutuhan Internet

Jangan sangka, bahwa di desa juga perlu yang namanya internet. Sekarang desa secara banyak, sudah tidak identik dengan kurang maju atau gaptek digital. Pastinya, dengan era perkembangan terkini, mau tidak mau desa harus mengikuti dan berdampak pada perekonomian mereka.

Ide bisnis online ini, bisa dicoba oleh ibu-ibu rumah tangga bahkan anak kecil usia remaja. Semua bisa mengaksesnya, terpenting tahu cara pengoperasiannya. Pulsa dan kebutuhan internet seperti paketan data dan pembayaran online berupa token listrik, air, dan lain-lain sangat dibutuhkan sekarang. 

5. Jasa Kurir atau Ojek Online

Jangan sangka, di desa juga membutuhkan ini walaupun tidak kentara. Pelosok kabupaten maupun desa sudah membutuhkan ini. tidak harus menunggu mendaftar di aplikasi untuk jadi ojek online maupun karir online, karena kita bisa membuka jasa sendiri lewat online, promo-promo lewat media sosial.

Dengan memanfaatkan itu dan mencari relasi, dipastikan bisnis akan lancar dan pastinya banyak yang mencari. Apalagi di desa masih minim akan jasa itu, maka beruntunglah karena potensi untung akan banyak. Apalagi dibarengi dengan usaha, niat, dan tawakal. Jangan lupa unik dan kreatif.

6. Dropshiper

Dropship adalah cara berjualan online dengan tapi tidak perlu stok barang terlebih dahulu, saat orang membeli produk kita maka kita hanya perlu pesan terhadap supplier, dan supplier akan langsung mengirimnya ke pembeli.

Cara berjualan online seperti ini sangat efektif dijalankan oleh orang yang tinggal di desa karena tidak perlu stok barang terlebih dahulu. Selain itu kita hanya perlu modal internet saja untuk menjalankan bisnis ini. 

7. Warung Internet

Kebutuhan internet semakin meningkat, hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk membuka warung internet karena akan membantu masyarakat yang membutuhkan internet.

Selain itu persaingan di bidang ini pun masih sedikit, sehingga bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk dijalankan.  Selain membuka warung internet, usaha ini juga bisa dibarengi dengan membuka jasa fotocopy untuk meningkatkan pendapatan.

Baca Juga : Ingin Membuat Bisnis Menjadi Viral? Ikuti Cara Berikut Ini Dijamin Sukses

Peluang Usaha Desa Secara Offline

Ide bisnis rumahan di desa secara offline, diantaranya:

1. Warung Sembako atau Kelontong

Ide bisnis rumahan di desa sederhana ini sudah dimiliki oleh orang jaman dulu, entah dalam skala kecil hingga besar, tergantung budget dan usaha. Semua bisa melakukannya asalkan ada modal dan kemauan. Memanfaatkan koneksi para petani maupun peternak juga perlu agar varian produk yang dijual lengkap.

Semakin lengkap produk yang dipunya atau dijual, maka memungkinkan pembeli memilih toko Arkwan. Karena yang dicari sudah lengkap, pasti ada. Apalagi harga yang diberikan terjangkau, ekonomis. Terdapat promo-promo juga yang menarik pembeli untuk datang kesini.

2. Budidaya Tanaman Hias

Jangan salah, ide bisnis rumahan di desa ini memiliki untung yang banyaj, apalagi jika dijual secara online juga, sangat dibutuhkan di tempat yang butuh hijau-hijau, apalagi perkotaan. Kota identik dengan minim udara bersih dan segar. Sebelumnya, kita perlu target pasar agar untung banyak.

Bagi yang tinggal di desa, manfaatkan ini sebagai peluang usaha, yang mana dengan tanah subur bisa ditanami tanaman hias maupun tanaman-tanaman, pepohonan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, apalagi perkotaan. Semakin langka tanaman tersebut, maka semakin dicari saat viral dan mahal.

3. Budi Daya Ikan

Ikan yang banyak dicari orang adalah ikan Cupang selaku ikan hias dan ikan lele yang banyak dimakan orang untuk lalapan dan lain sebagainya. Lele bisa jadi perhitungan untuk dijadikan usaha karena banyak yang suka. Pembelian secara borongan maupun rutin menghasilkan untung yang besar.

Ide bisnis di kampung ini, cocok untuk semua usia mulai muda hingga dewasa, terpenting pengalamannya dalam mengelola. Untuk ikan Cupang juga diperlukan dalam perkotaan atau rumah yang membutuhkan hiasan berupa makhluk hidup. Harga pasti mahal jika Cupang yang dimiliki bagus.

4. Jasa Menjahit

Jasa menjahit menjadi hal yang tak pernah padam dalam usaha dari masa ke masa, karena menjahit menjadi kebutuhan utama dalam pakaian manusia. Jadi, penjahit sangat diperlukan di era sekarang, Cuma bedanya lebih modif dan ada desain sedikit atau perubahan sedikit yang mengarah pada mode.

Model yang ada bisa diubah sesuai kebutuhan, dan banyak desain yang lucu-lucu, unik, serta eksotis bisa dipamerkan lewat pakaian yang dipakai. Jasa menjahit juga bisa dipromosikan lewat online, sehingga pelanggannya nanti tidak hanya satu, tetapi banyak.

5. Usaha Rumahan (Home Made) di Bidang Kuliner

Ide bisnis ibu rumah tangga ini patut dicoba di rumah, karena mudah diaplikasikan dan sesuai keinginan ibu-ibu dalam memasak maupun berkreasi. Enaknya Homemade, tidak menuntut rasa yang mewah tapi enak. Banyak yang merasakan keuntungannya dari hal ini sampai go International.  

Homemade sekarang tidak kalah dengan buatan-buatan brand lainnya, dan bisa saja lebih enak. Tinggal cita rasa dan kualitas tetap dijaga agar konsisten dalam hal hasil. Setidaknya meningkat dari waktu ke waktu. Usaha ini bisa dicoba oleh siapa saja di rumah dengan senang hati.

6. Pangkas Rambut

Setiap orang pasti memerlukan jasa pangkas rambut baik laki-laki maupun perempuan. Membuka jasa pangkas rambut ini bisa kamu lakukan untuk berbagai usia. Selain itu kamu juga bisa padukan jasa pangkas rambut dengan creambath, semir hingga cuci rambut.

Sesuaikan juga tarif pangkas rambut supaya orang lebih tertarik untuk menggunakan jasa pangkas rambut kita. 

7. Kerajinan

Setiap daerah pasti mempunyai kerajinan ciri khasnya. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba membuat kerajinan dengan ciri khas daerahmu yang kemudian bisa kamu jual sebagai oleh-oleh.

Selain itu kamu juga bisa jual kerajinan ini secara online, kamu bisa memaksimalkan internet karena biasanya barang kerajinan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Baca Juga : 7 Langkah Persiapan Untuk Membuka Bisnis Rumah Jahit Busana

Bagi Arkawan yang ingin menjadi pebisnis yang handal, atau masih takut menjadi pebisnis pemula dan butuh bimbingan, bisa mengikuti kelas bisnis dari kami, di Arkademi. Kemudian, untuk mempermudah akses tersebut, Arkawan bisa download aplikasi dari Arkademi di playstore  agar bisa berselancar dengan mudah.

Aplikasi tersebut sudah bisa didownload di Play Store maupun Google Play dengan mudah. See you!, Itulah ide bisnis rumahan di desa yang bisa dicoba, siapa tahu membawa kesuksesan hingga go International!

Tag

Rekomendasi