Program Kartu Prakerja Membantu Jutaan Orang Terdampak Pandemi

Prakerja

Kartu Prakerja dirancang pemerintah untuk medorong tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mulanya, program kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja lulusan baru atau pencari kerja usia delapan belas tahun ke atas. Namun, sejak adanya pandemi, program ini diprioritaskan bagi pekerja atau pelaku UMKM yang terdampak.

Untuk mengatasi kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran akibat pandemi, pemerintah sengaja mempercepat realisasi pengadaan kartu Prakerja. Seluruh WNI dapat mendaftar program Prakerja asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan. Nantinya, peserta Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp3.55 juta dan sertifikat pelatihan.

Terdampak Pandemi? Ikut Program Kartu Prakerja Saja, Ini Manfaatnya!

Kendati dapat diikuti oleh seluruh WNI, pemerintah memprioritaskan program ini bagi pengangguran yang terkena PHK dan calon pencari kerja yang belum memiliki pengalaman.

Supaya lebih yakin mengikuti program kartu Prakerja, simak sejumlah manfaat yang akan Anda dapatkan berikut.

Mengurangi Angka Pengangguran

Melalui pelatihan yang diberikan secara gratis, pemerintah ingin mengurangi sekaligus mencegah pengangguran. Dengan peningkatan kompetensi, diharapkan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau justru membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Meningkatkan Daya Jual

Kendati pelatihan hanya melalui online menggunakan bahan ajar berupa video dan PDF, Anda akan dibimbing oleh mentor profesional yang memiliki segudang pengalaman. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami materi sehingga wawasan luas, mental matang, dan siap bersaing di dunia kerja. Semakin tinggi daya jual Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan pekerjaan impian dengan pendapatan lebih besar.

Membantu Pengusaha Bersaing

Bagi Anda yang menjalankan usaha, program Prakerja dapat digunakan untuk mengoptimalkan bisnis. Meskipun usaha dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa dasar pengetahuan bisnis, Anda akan kesulitan mengembangkan usaha dan meraih omzet yang ditargetkan.

Tak perlu khawatir, program Prakerja bekerja sama dengan sejumlah lembaga pelatihan dan kursus. Salah satunya adalah Arkademi. Di Arkademi tersedia empat kelas yang akan membantu Anda meningkatkan kemampuan wirausaha, dasar-dasar pendirian perusahaan, keselamatan saat bekerja, dan akuntansi.

Sebagai pengusaha, Anda disarankan mengambil pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti akuntansi dasar dan keuangan bisnis. Selain mendapatkan ilmu baru yang dapat mendukung bisnis, mengikuti kelas ini di Arkademi akan memudahkan Anda mengambil keputusan penting, mengelola keuangan untuk meminimalisasi kerugiaan, dan merencanakan bisnis yang berkelanjutan.

Meringankan Biaya Pelatihan

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keinginan untuk mengikuti pelatihan dengan tujuan meningkatkan kompetensi. Namun, biaya yang terbilang mahal menjadi salah satu alasan niat tersebut diurungkan.

Hadirnya program Prakerja menjadi angin segar bagi calon pekerja dan warga yang terdampak pandemi. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda akan mendapatkan pelatihan terbaik yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat.

Secara tidak langsung, program ini juga meringankan beban perusahaan yang ingin meningkatkan kompetensi karyawannya, tetapi terganjal biaya. Program Prakerja juga memberikan kesempatan bagi para peserta sekaligus sektor swasta untuk mempersiapkan diri bersaing di era globalisasi serta ekonomi digital.

Memperkaya Wawasan

Dengan beragam keterampilan baru yang ditawarkan, Anda tak perlu ragu untuk mendaftar program Prakerja. Selain pelatihan dasar, Anda bisa memperkaya wawasan dengan mengambil kelas pelatihan lanjutan. Dengan begitu, pemahaman dan kemampuan Anda akan semakin terasah.

Kehadiran program Prakerja memang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pesertanya sekaligus mendorong minat beli dan konsumsi masyarakat. Semakin tinggi minat beli, semakin tinggi juga tingkat pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikianlah informasi mengenai manfaat program kartu Prakerja bagi Anda yang terdampak pandemi ataupun pencari kerja lulusan baru. Yuk, gabung pelatihan Arkademi untuk meningkatkan kompetensi Anda!