logo kartu prakerja arkademi-2

Kursus Prakerja di Arkademi

Arkademi adalah mitra penyelenggara kursus Prakerja. Temukan kursus profesi dan keahlian terbaik yang diselenggarakan oleh mitra lembaga kursus resmi kami yang memberikan sertifikat yang bernilai.

Kursus Prakerja yang Tersedia

Cara Mengikuti Kursus Prakerja di Arkademi

1.1. Beli voucher kelas Prakerja Arkademi di mitra penjualan kami, Tokopedia. Lihat di sini.

1.2. Di Tokopedia, lakukan pembayaran dengan saldo Prakerja anda. Dapatkan kode vouchernya. Kode voucher Arkademi di Tokopedia selalu memiliki awalan TP. Bila tidak memiliki awalan TP, kode tersebut bukan kode voucher kami.

(Perhatian: Kode voucher hanya bisa anda lihat di riwayat pembelian anda di aplikasi Tokopedia, bukan di dashboard Prakerja)

2.1. Akses website Arkademi.com dan buat akun anda di Arkademi (wajib). Saat membuat akun, pastikan anda mengisi nama dengan benar karena akan tampil pada sertifikat.

2.2. Cari kelas Prakerja di Arkademi yang anda beli vouchernya di Tokopedia. (lihat daftar kelas Prakerja)

2.3. Tekan tombol GABUNG KELAS. Anda akan dibawa ke halaman checkout.

2.4. Masukkan kode voucher yang anda dapatkan di Tokopedia. Kode voucher Arkademi di Tokopedia selalu memiliki awalan TP.

(Perhatian: Kode voucher hanya bisa anda lihat di riwayat pembelian anda di aplikasi Tokopedia, bukan di dashboard Prakerja)

2.5. Bila kode voucher benar, maka tagihan anda akan menjadi Rp 0. Bila tagihan anda tidak Rp 0, maka anda belum atau salah memasukkan kode voucher. Masukkan kode voucher yang benar sampai tagihan anda menjadi Rp 0.

(Perhatian: Anda hanya bisa menggunakan kode kupon 1 (satu) kali, untuk pembelian 1 (satu) kursus yang sesuai dengan kode kupon tersebut. Jangan membayar/mentransfer dana apapun ke Arkademi bila anda memiliki kupon Prakerja, karena akan membuat sistem tidak mendeteksi bahwa anda adalah user Prakerja. Gunakan kode kupon dengan benar sampai tagihan anda menjadi Rp0)

2.6. Klik BAYAR. Bila berhasil, anda akan dibawa ke halaman depan kelas. Atau klik menu KELAS SAYA untuk melihat kelas yang aktif atau sudah anda beli.

2.7. Klik MASUK KELAS, dan mulailah belajar.

(lihat panduan lengkap di laman Redeem Voucher di Tokopedia)

3.1. Pastikan anda telah memasukkan nama user anda menjadi nama anda yang benar. Karena nama akan tampil di sertifikat dan tidak bisa diubah. (panduan mengganti nama)

3.2. Saksikan semua video ajar dengan tuntas dan mengerjakan kuis dengan sebaik-baiknya.

3.3. Isi form rating/review Arkademi lewat form yang tersedia di dalam kelas.

3.4. Tekan tombol SELESAIKAN KELAS pada menu kurikulum (sebelah kiri) untuk menyelesaikan kelas.

(Perhatian: bila tidak ada tombol SELESAIKAN KELAS di menu kurikulum, artinya kelas anda sudah terselesaikan)

3.5. Lihat sertifikat elektronik di dashboard user profile Arkademi anda.

3.6. Anda masih bisa masuk ke kelas dan kembali belajar meski sudah dalam status terselesaikan selama durasi belajar masih aktif. Tekan tombol TERSELESAIKAN di halaman depan kelas untuk masuk kembali ke dalam kelas.

4.1. Anda wajib mengisi rating/review di Tokopedia tempat anda membeli voucher sebagai salah satu syarat pencairan insentif.

Cara mengisi rating/review di Tokopedia

4.2. Masuk ke akun anda di Tokopedia, lihat DAFTAR TRANSAKSI, lihat TOPUP & TAGIHAN, lihat voucher Arkademi yang anda beli, lalu tekan BERI ULASAN.

4.3. Anda hanya bisa mengisi rating/review sebanyak 1 (satu) kali di Tokopedia. Bila anda gagal memberikan review/rating, kemungkinan karena anda sudah pernah memberikan review/rating.

5.1. Arkademi akan melaporkan data belajar anda ke PMO via Tokopedia paling lama 2 (dua) hari setelah anda menyelesaikan kursus. Pelaporan kami lakukan tiap hari paling lama pukul 16.00 WIB untuk user yang selesai kursus di hari sebelumnya.

5.2. Silakan melihat daftar user Prakerja yang telah kami laporkan ke PMO via Tokopedia. Daftar selalu diupdate tiap hari dan diurut berdasar abjad. (lihat di sini)

5.3. Tokopedia akan menerima daftar laporan kami dan memeriksa apakah anda sudah mengisi rating/review di Tokopedia. Bila sudah, Tokopedia akan melaporkan dan meneruskan data belajar anda kepada PMO di hari yang sama. Bila anda belum mengisi rating/review di Tokopedia, maka Tokopedia tidak meneruskan data belajar yang kami laporkan kepada PMO. (lihat data user yang sudah kami laporkan, namun belum mengisi rating/review di Tokopedia)

5.4. Data belajar anda di Arkademi dan review/rating anda di Tokopedia yang telah diteruskan kepada PMO, akan diterima oleh PMO dan diproses dalam waktu sekitar 7 hari kerja (bukan hari kalender).

5.5. Bila PMO sudah mengupdate status kursus anda, maka anda bisa bisa mengetahuinya melalui dashboard Prakerja anda.

Kontak PMO:
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Tanya-Jawab Umum

Saya sudah membeli voucher, tapi kelas saya tidak ada di Arkademi

Ketika anda sudah membeli voucher Arkademi di Tokopedia, maka tidak otomatis kelas kursus anda tersebut ada di akun anda di Arkademi.

Anda harus lebih dulu memilih dan mengakses kelas kursus tersebut di Arkademi, dan melakukan pembayaran pada kelas tersebut menggunakan kode kupon yang anda dapatkan dari Tokopedia (redeem voucher).

Baca kembali panduan tentang cara menggunakan kupon di Arkademi.

Kode kupon saya salah, harga tagihan tidak Rp0

Anda harus lebih dulu memasukkan kode kupon yang anda miliki di kotak kupon saat checkout.

Kode voucher Arkademi di Tokopedia selalu memiliki awalan TP. Bila tidak diawali dengan TP, bisa dipastikan anda mengambil atau menggunakan kode yang salah. Periksa kembali email atau SMS yang anda terima dari Tokopedia.

Kode voucher hanya bisa anda lihat di riwayat pembelian anda di aplikasi Tokopedia, bukan di dashboard Prakerja. Pada dashboard Prakerja tercantum nomor invoice pembelian kupon, BUKAN KODE KUPON.

Saya gagal pakai kupon dan ada tulisan 'Kupon Sudah Pernah Digunakan'.

Setiap kupon Prakerja di Arkademi hanya bisa digunakan 1 (satu) kali. Kegagalan mungkin karena anda sudah pernah menggunakan kode kupon tersebut di waktu yang lalu.

Untuk memastikannya, lihat menu KELAS SAYA. Bila ada kelas Prakerja anda di sana, maka anda sudah pernah berhasil menggunakan kode kupon tersebut sebelumnya.

Bila masih juga gagal, mohon hubungi Tokopedia Care (pihak yang memberikan kupon) untuk melaporkan kode kupon tersebut.

Saya sudah membayar dengan kupon Prakerja, tapi kenapa muncul tagihan yang harus saya bayarkan?

Kemungkinan hal ini terjadi karena anda melakukan order lebih dari 1 satu kali.

Cek menu KELAS SAYA. Bila ada kelas Prakerja anda di sana, maka anda sudah pernah berhasil melakukan transaksi menggunakan kupon. Maka ABAIKAN TAGIHAN TERSEBUT dan jangan melakukan pembayaran apapun ke Arkademi.

Saya sudah membayar dengan kupon Prakerja, kelas saya ada dimana?

Cek menu KELAS SAYA atau akses halaman depan kelas kursus anda tersebut. Lalu tekan tombol MULAI KELAS.

Bisakah saya mengikuti kursus yang bukan kategori Prakerja di Arkademi?

Hanya kursus kategori Prakerja di Arkademi yang bisa dibayar menggunakan kode kupon yang anda dapatkan dari Tokopedia (yang anda bayar dengan saldo Prakerja).

Kursus yang bukan kategori Prakerja di Arkademi tidak dapat dibayar dengan kode kupon Prakerja. Namun harus dibayar dengan pembayaran transfer bank, atau Gopay untuk dapat bergabung dan belajar di kursus tersebut.

User yang membayar kursus di Arkademi (kategori kursus Prakerja maupun yang bukan Prakerja) dengan cara transfer atau Gopay, tidak akan masuk dalam kategori user Prakerja sehingga data belajarnya tidak kami laporkan kepada PMO.

Kapan jadwal belajar di Arkademi?

Kelas di Arkademi selalu tersedia secara online 24 jam dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Materi ajar sudah tersedia di dalam kelas. Kelas selalu terbuka dan tidak memiliki jadwal seperti kelas offline atau kelas webinar.

Bagaimana cara memulai belajar di Arkademi?

Akses menu KELAS SAYA atau ke halaman depan kelas anda. Tekan tombol MULAI KELAS untuk masuk ke dalam kelas.

(Panduan lengkap masuk ke kelas)

Bagaimana cara mengganti nama saya?

  1. Masuk ke bagian Profile anda
  2. Pilih tab EDIT
  3. Isi nama yang anda inginkan, lalu tekan SAVE.

(Pandual lengkap mengganti nama)

Bagaimana cara menyelesaikan kursus?

Anda harus lebih dulu menyelesaikan semua materi ajar di dalam kelas untuk bisa menyelesaikan kursus.

Bila sudah, tekan tombol SELESAIKAN KELAS di bagian kurikulum (sebelah kiri).

Bila tombol SELESAIKAN KELAS tidak tampak, artinya anda sudah menyelesaikan kursus atau kami telah membantu anda menyelesaikan kursus lebih cepat.

Setelah selesai kursus, anda masih bisa masuk ke dalam kelas dalam masa durasi akses (rata-rata 30 hari) dengan menekan tombol TERSELESAIKAN di halaman depan kelas.

Kenapa judul kelas saya tidak ada kata 'Bersertifikat'?

Semua kelas di Arkademi memberikan sertifikat elektronik secara otomatis begitu siswa menyelesaikan kursus.

Kata ‘Bersertifikat’ pada judul sebuah kursus hanya sebatas kata pada judul. Judul ini biasanya digunakan untuk kursus yang menawarkan sertifikat cetak (opsional) selain memberikan sertifikat elektronik. Jadi, anda tidak perlu merisaukan kata ‘Bersertifikat’ tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan dan melihat sertifikat elektronik?

Anda harus lebih dulu menyelesaikan kelas untuk bisa mendapatkan sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik bisa dilihat di bagian profile anda.

PERHATIAN: Pada masa-masa terjadi gangguan sistem di Arkademi 1-14 Mei 2020, kami membuat banyak sertifikat untuk user Prakerja secara manual pada sistem kloning. Hal ini agar kami bisa segera menyerahkan data belajar user Prakerja kepada PMO. Dampak dari hal ini adalah sertifikat tidak tampak di dashboard user anda di Arkademi, namun sertifikat sudah kami buat manual dan serahkan kepada PMO. Anda akan dapat melihat sertifikat anda pada Dashboard Prakerja. Hal ini terjadi pada user Prakerja di Arkademi antara 30 April – 14 Mei. User setelah itu tidak mengalami hal ini.

Pada dasarnya, ketika nama anda sudah ada pada daftar nama yang telah kami laporkan ke PMO, maka sertifikat anda sudah kami serahkan kepada PMO meski tidak tampak di dashboard Arkademi anda.

Kapan Arkademi akan menyerahkan data belajar saya ke PMO?

Paling lama 2 (dua) hari setelah anda menyelesaikan kursus, kami akan menyerahkan data belajar anda kepada PMO melalui Tokopedia. Kami harus lebih dulu menyerahkan data tersebut kepada Tokopedia karena anda membeli voucher Arkademi melalui Tokopedia.

(Lihat daftar nama yang telah kami serahkan kepada PMO via Tokopedia di sini)

Setelah data belajar anda kami serahkan, Tokopedia akan melakukan pemeriksaan apakah anda telah mengisi rating/review di Tokopedia. Bila sudah, maka data anda tersebut akan diserahkan Tokopedia pada hari yang sama kepada PMO.

(lihat mekanisme pelaporan Tokopedia kepada PMO)

Data apa saja yang diserahkan Arkademi ke PMO?

Kepada PMO via Tokopedia, kami menyerahkan data belajar user Prakerja sebagai berikut:

1. Kode kupon
2. Tanggal penggunaan kupon
3. Nama kursus
4. Tanggal selesai belajar
5. Nilai/skor kursus
6. Link sertifikat
7. Rating dan review anda di Arkademi

Kepada PMO kami tidak melaporkan data nama dan email anda. Karena sinkronisasi dilakukan menggunakan kode kupon nomor invoice anda di Tokopedia yang terhubung ke dashboard Prakerja anda.

Nama saya sudah ada di daftar yang sudah dilaporkan ke PMO, tapi tidak ada sertifikat di dashboard user saya di Arkademi

Pada masa-masa terjadi gangguan sistem di Arkademi 1-14 Mei 2020, kami membuat banyak sertifikat untuk user Prakerja secara manual pada sistem kloning. Hal ini agar kami bisa segera menyerahkan data belajar user Prakerja kepada PMO. Dampak dari hal ini adalah sertifikat tidak tampak di dashboard user anda di Arkademi, namun sertifikat sudah kami buat manual dan serahkan kepada PMO. Anda akan dapat melihat sertifikat anda pada Dashboard Prakerja. Hal ini terjadi pada user Prakerja di Arkademi antara 30 April – 14 Mei. User setelah itu tidak mengalami hal ini.

Pada dasarnya, ketika nama anda sudah ada pada daftar nama yang telah kami laporkan ke PMO, maka sertifikat anda sudah kami serahkan kepada PMO meski tidak tampak di dashboard Arkademi anda.

Nama saya di daftar yang sudah dilaporkan berbeda dengan nama saya di Dashboard Prakerja. Apakah bermasalah?

Tidak bermasalah.

Kepada PMO kami tidak melaporkan data nama dan email anda. Karena sinkronisasi dilakukan menggunakan kode kupon nomor invoice anda di Tokopedia yang terhubung ke dashboard Prakerja anda.

Nama saya di sertifikat berbeda dengan nama saya di Dashboard Prakerja. Apakah bermasalah?

Tidak. Selama nama tersebut tidak berbeda jauh (nama asli Rahmat, nama sertifikat Dewi).

Nama yang tercantum di daftar nama yang datanya sudah kami laporkan ke PMO adalah nama yang anda masukkan saat melakukan order.

Kepada PMO kami tidak melaporkan data nama dan email anda. Karena sinkronisasi dilakukan menggunakan kode kupon nomor invoice anda di Tokopedia yang terhubung ke dashboard Prakerja anda.

Bisakah saya mengganti nama di sertifikat?

Apabila sertifikat elektronik sudah terbuat, maka anda tidak bisa lagi mengganti nama pada sertifikat. Karena sertifikat elektronik adalah file gambar.

Oleh karena itu kami benar-benar sarankan anda mengisi nama yang benar saat mendaftar, melakukan order, atau sebelum memulai belajar.

Sebagai informasi, perbedaan nama yang tidak jauh tidak akan menimbulkan masalah di sisi PMO. Karena sinkronisasi dilakukan menggunakan kode kupon nomor invoice anda di Tokopedia yang terhubung ke dashboard Prakerja anda. Bukan menggunakan nama atau nama pada sertifikat.

Email saya di Arkademi berbeda dengan email di Dashboard Prakerja atau Tokopedia, apakah bermasalah?

Tidak masalah.

Kepada PMO kami tidak melaporkan data nama dan email anda. Karena sinkronisasi dilakukan menggunakan kode kupon nomor invoice anda di Tokopedia yang terhubung ke dashboard Prakerja anda.

Bagaimana cara menghubungi PMO?

Kontak PMO:
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Nama saya sudah ada dalam daftar yang telah diserahkan ke PMO, tapi kenapa status kursus saya di Dashboard Prakerja masih aktif?

Pertama, cek nama anda pada daftar yang telah kami serahkan data belajarnya kepada PMO di laman ini.

Bila nama anda sudah ada di daftar tersebut, artinya data anda sudah kami serahkan kepada PMO melalui Tokopedia. Sampai tahap ini tugas Arkademi sebagai penyelenggara kursus sudah selesai. Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan di tahapan selanjutnya.

Kedua, pastikan anda sudah mengisi rating dan review di Tokopedia sebagai salah satu syarat pencairan insentif. Tanpa mengisi rating/review di Tokopedia, data yang kami serahkan kepada PMO via Tokopedia, tidak akan diteruskan oleh Tokopedia ke PMO.  Sehingga data belajar anda akan tetap ‘menggantung’.

(panduan cara mengisi rating/review di Tokopedia)

(daftar user prakerja yang belum mengisi rating/review di Tokopedia)

Ketiga, bila nama anda sudah ada pada daftar yang kami serahkan ke PMO via Tokopedia dan anda sudah mengisi rating/review di Tokopedia, maka tugas anda sudah selesai. Selanjutnya menjadi tugas dan wewenang PMO untuk memproses data anda dalam waktu normal 7 hari kerja (bukan hari kalender).

(mekanisme Tokopedia melaporkan data belajar anda PMO)

Silakan hubungi PMO untuk mendapatkan informasi tentang status kursus anda di dashboard Prakerja.

Kontak PMO:
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Kapan PMO akan mengupdate dashboard Prakerja saya?

Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh PMO.

Ketika Arkademi telah melaporkan data belajar anda kepada PMO via Tokopedia, dan Tokopedia telah meneruskan data tersebut kepada PMO,  selanjutnya menjadi tugas dan wewenang PMO untuk memproses data anda dalam waktu normal 7 hari kerja (bukan hari kalender).

Tidak ada lagi yang bisa Arkademi lakukan setelah data belajar anda kami serahkan kepada PMO via Tokopedia yang informasinya bisa anda dapatkan di laman ini.

Dari pemberitaan ini, dapat diketahui PMO masih bekerja secara manual dengan jumlah data yang besar. Kemungkinan hal ini turut menjadi penyebab kendala update di sisi PMO.

Silakan hubungi PMO untuk mendapatkan informasi tentang status kursus anda di dashboard Prakerja.

Kontak PMO:
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Kenapa yang selesai kursus belakangan justru datanya telah terupdate di PMO dibanding saya yang selesai kursus lebih dulu?

Arkademi melaporkan data belajar user Prakerja berdasarkan kapan mereka menyelesaikan kursus. Yang selesai lebih awal akan kami laporkan lebih dulu. Kami tidak bekerja secara acak. Waktu pelaporan kami kepada PMO via Tokopedia adalah maksimal 2 (dua) hari setelah user menyelesaikan kursus. Daftar nama yang telah kami laporkan bisa dilihat di laman ini.

(nama diurut berdasarkan abjad untuk memudah pencarian, bukan berdasarkan tanggal kami melapor)

Namun ada banyak user prakerja yang datanya telah kami laporkan ke PMO via Tokopedia, namun belum memberikan review/rating di Tokopedia. Hal ini membuat Tokopedia tidak bisa meneruskan data yang kami laporkan kepada PMO, sehingga ‘menggantung’. Daftar nama user yang telah kami laporkan ke PMO via Tokopedia tapi belum memberikan rating/review di Tokopedia bisa anda lihat di laman ini.

Bila nama anda sudah ada dalam daftar yang kami serahkan ke PMO via Tokopedia dan anda sudah mengisi rating/review di Tokopedia, artinya data anda sudah sampai di PMO. Sehingga bila data anda belum juga terupdate di dashboard Prakerja, maka hanya PMO yang bisa menjawabnya.

Silakan menghubungi PMO di:

Kontak PMO:
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Bisakah Arkademi menghubungi PMO untuk segera mengupdate dashboard Prakerja saya?

Arkademi adalah rekanan Tokopedia dalam menjual voucher kursus yang bisa dibayar menggunakan saldo Prakerja di Tokopedia. Sehingga hubungan Arkademi secara langsung adalah dengan Tokopedia, bukan dengan PMO. Itulah sebabnya mengapa kami melaporkan data belajar ke PMO selalu melalui Tokopedia.

Arkademi tidak memiliki akses ke PMO yang bertugas mengupdate Dashboard Prakerja. Sehingga kami tidak dapat berkomunikasi secara langsung kepada PMO mewakili user. Untuk hal ini user diharapkan dapat mewakili dirinya sendiri.

Yang kami lakukan adalah berkomunikasi dengan Tokopedia melaporkan adanya kendala-kendala yang dilaporkan oleh user Prakerja di Arkademi (termasuk lambatnya update dashboard Prakerja), untuk diteruskan ke pihak PMO. Namun menjadi hak sepenuhnya bagi Tokopedia untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Kontak PMO Prakerja:

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja

info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:

021-25541246

Jam operasional Call Center: Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

© 2017-2020 PT Arkademi Daya Indonesia