Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Tahap Akhir Sebelum Lolos

Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi
Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program yang dibuat pemerintah pada tahun 2020 yang berfungsi untuk menjalankan misi ganda sebagai program semi-bansos dan sebagai sarana mengembangkan atau meningkatkan kompetensi angkatan kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku mikro dan kecil. Pada tahun 2023, program ini mengalami perubahan yakni akan lebih berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Jam pelatihan yang sebelumnya diadakan minimal 6 jam waktu belajar diperpanjang menjadi minimal 15 jam. Nilai manfaat yang diberikan oleh pemerintah juga lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Total nilai manfaat yang akan diberikan peserta adalah Rp. 4.200.000 dengan bantuan biaya pelatihan Rp 3.500.000.

Program Kartu Prakerja merupakan program ramah difabel dan seluruh masyarakat yang memenuhi syarat boleh mendaftar dan mengikuti program ini. Untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, kamu harus menyiapkan e-mail, nomor Kartu Keluarga, dan nomor HP yang aktif. Kemudian ikutilah tes motivasi dan kemampuan dasar yang merupakan tes seleksi gelombang Prakerja.

Lalu, bagaimana jika pada dashboard Prakerja terdapat status peserta kartu prakerja sedang dievaluasi? Artikel ini akan membahas status kartu prakerja sedang dievaluasi pada dashboard.

Kartu Prakerja sedang di Evaluasi

Setelah mendaftar Kartu Prakerja dan mengikuti tes seleksi, maka data yang kamu berikan akan dievaluasi bersamaan dengan peserta lain dengan gelombang yang sama. Tulisan ‘sedang dievaluasi’ muncul pada bagian atas serta samping tulisan gelombang yang saat ini dibuka.

Dalam tahap ini proses kartu prakerja sedang dalam tahap evaluasai yang dilakukan oleh pihak manajemen, dan selanjutnya akan diumumkan untuk pengumuman kelolosan gelombang prakerja tersebut

Baca Juga : 3 Jenis Pelatihan Kartu Prakerja 2024 yang Wajib Kamu Tau!

Tahapan Proses Kartu Prakerja

Terdapat 3 tahapan proses kartu Prakerja yang akan dilewati oleh calon peserta. Adapun kedua tahapan tersebut antara lain :

1. Status Kartu Prakerja Sedang di Proses

Status kartu Prakerja ‘sedang diproses’ merupakan tanda bahwa data diri calon peserta sedang masuk dalam tahap antrian. Pada tahap ini, proses seleksi akan dilakukan oleh sistem komputerisasi Kartu Prakerja.

2. Status Kartu Prakerja Sedang dalam Proses Seleksi

Pada tahap ini, status yang tertulis ‘sedang dalam proses seleksi’ bukan menandakan calon peserta lolos dalam seleksi Kartu Prakerja. Namun status tersebut menandakan bahwa data calon peserta sedang diverifikasi dan dilakukan peninjauan ulang.

3. Status Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi

Jika status pada dashboard prakerja berubah menjadi ‘sedang dievaluasi’ artinya pendaftaran yang dilakukan telah masuk dalam seleksi oleh pihak manajemen. Proses ini membutuhkan waktu. Setelah proses evaluasi selesai, maka pihak manajemen Prakerja akan mengumumkan hasil seleksi Kartu Prakerja kepada peserta. Pengumuman kelulusan ini dapat diterima melalui SMS ataupun status kelulusan pada dashboard pada laman https://www.prakerja.go.id/.

Program Kartu Prakerja telah terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, hingga daya saing serta kewirausahaan bagi penerima Kartu Prakerja melalui pelatihan yang diberikan dalam berbagai bidang. Peserta Kartu Prakerja dibebaskan untuk memilih pelatihan sesuai dengan skill dan bidang yang diminati oleh masing-masing peserta.

Tersedia 398 lembaga pelatihan yang bermitra dengan Prakerja, dimana terdapat 6.900+ pelatihan yang telah ditayangkan melalui platform digital dan telah lebih dari 25 juta pembelian pelatihan oleh peserta Program Kartu Prakerja.


Arkademi merupakan salah satu mitra program Kartu Prakerja yang memiliki lebih dari 500 kursus online dengan sertifikasi resmi. Pelatihan yang diberikan telah disusun dengan kurikulum sebaik mungkin dan diajarkan oleh instruktur ahli yang telah memiliki pengalaman dan pengakuan industri serta lisensi profesional. Yuk UPGRADE kemampuan bersama Arkademi!

banner prakerja