1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. 7 Pertanyaan Interview UI UX Designer dan Tips Menjawabnya

7 Pertanyaan Interview UI UX Designer dan Tips Menjawabnya

Persiapan Kerja
Interview UI UX Designer

Artikel ini cocok buat kamu yang ingin melakukan interview untuk posisi UI UX Designer

Di masa perkembangan teknologi saat ini, UI UX Designer menjadi profesi yang paling banyak diminati saat ini dari berbagai latar belakang pendidikan.

Hak ini dikarenakan prospek kerja yang cukup menjanjikan dan profesi ini semakin banyak dicari oleh banyak perusahaan.

Langkah awal sebelum menjadi UI UX designer, kamu harus mengikuti proses interview kerja. Kamu dapat belajar mengenai beberapa pertanyaan interview UI UX yang sering ditanyakan sebagai berikut.

Pertanyaan Interview UI UX Designer

Pertanyaan interview tersebut tidak jauh dari keterkaitan mengenai pengetahuanmu tentang UI UX.

Apa Perbedaan Graphic Designer dan UI UX Designer

Pertanyaan interview UI UX ini merupakan pertanyaan umum yang paling utama ditanyakan. Kamu harus jeli dalam menjawabnya, karena perekrut ingin mengetahui sejauh mana kamu mengetahui kedua bidang ini.

Ingatlah bahwa keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda tetapi saling melengkapi. Kamu dapat menjawabnya dengan perbedaan fokus seperti berikut.

  • UI Designer berfokus pada tampilan visual pada website atau aplikasi, mulai dari keindahan, keselarasan warna, typography, font, grid, layout, dan sebagainya
  • UX Designer berfokus untuk memberikan pengalaman kepada pengguna dalam kemudahan mengakses website ataupun aplikasi.

Apa tools yang biasa digunakan

Untuk menjawab pertanyaan interview UI UX ini, kamu harus menjawabnya dengan jujur. Jawablah dengan tools UI UX yang sering kamu gunakan saat belajar atau membuat suatu proyek.

Contoh beberapa tools yang digunakan oleh UI UX designer antara lain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe XD, Sketch, Figma, InVision, MockFlow, Miro, Zeplin, Marvel, Trello Flow Map.

Kemudian kamu dapat memberikan alasan kenapa kamu menyukai dan sering menggunakan tools tersebut dibandingkan dengan yang lain.

Bagaimana Proses Kerja UI UX

Sebagai orang yang baru pertama kali melamar UI UX, biasanya orang tersebut akan menjawab proses design UI yang dilakukan terlebih dahulu, kemudian UX. Sebenarnya yang terjadi ialah proses UX akan dilakukan di awal sebelum UI.

Proses kerja pertama akan dilakukan oleh seorang UX researcher untuk melakukan riset dan menganalisa kebutuhan pengguna, kemudian UX designer melakukan pemerataan dalam bentuk wireframe dan akan diuji coba pada user dalam bentuk usability testing, kemudian baru akan digunakan oleh user interface.

Setelahnya, UI Designer akan langsung mendesain tampilan wireframe kedalam bentuk interface yang mencakup typography, layouting, grid, keselarasan warna, dan lain sebagainya.

Bagaimana Peran UI UX dalam bisnis

Peran UI UX dalam bisnis tentunya ialah untuk mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan penjualan serta skala bisnis. UI UX designer bertugas untuk memberikan kepuasan bagi pengguna website/aplikasi bisnis.

Profesi ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah pengguna baru karena adanya rekomendasi dari kerabat atau teman mereka yang merupakan pengguna lama.

Untuk menjawab pertanyaan interview UI UX yang satu ini, kamu juga harus melakukan riset platform aplikasi dan web perusahaan yang kamu lamar terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk dapat mengidentifikasi beberapa hal yang sekiranya dapat ditingkatkan dan kamu dapat membuat rencana bagaimana kamu dapat melakukannya.

Apa Project yang Pernah kamu handle

Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan memaparkan peran dan kontribusi yang kamu lakukan untuk menyelesaikan suatu proyek.

Kamu juga dapat menjelaskan bagaimana proses dan kinerja kamu dalam proyek tersebut sehingga proyek tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.

Tunjukkanlah kesuksesan tersebut dengan menggunakan data yang kamu miliki.

Apa masalah yang sering ditemukan dalam Proses UI UX

Pertanyaan yang dilontarkan oleh rekrutmen ini bersifat menguji, rekrutmen ingin mengetahui bagaimana cara kamu dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah.

Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan menonjolkan keterampilan yang kamu miliki dalam menyelesaikan masalah, cara kamu mengambil tindakan, dan bagaimana kamu berkolaborasi dengan orang lain dalam mengatasi masalah.

Apa yang menurut kamu penting dalam proses UI UX

Salah satu skill penting bagi seorang UI UX designer adalah kemampuan untuk mengevaluasi pekerjaannya secara objektif.

Untuk mengetahuinya kamu dapat melakukan riset, menyampaikan kelebihan dan aspek yang perlu ditingkatkan untuk produk, hingga meminta pendapat oleh karyawan lain tentang kinerjamu.


Baca Artikel ini untuk mengetahui Tools yang sering digunakan UI UX Designer

Tips Menjawab Pertanyaan Interview UI UX Designer

Agar sukses dalam interview kerja, maka kamu harus melakukan beberapa tips dibawah ini.

Jujur

Jujur adalah kunci dari kesuksesan kamu saat interview. Pastikan kamu menjawab jujur tentang profile, latar belakang pendidikan, pengalaman, skill yang kamu miliki, dan lainnya.

Pada dasarnya jika kamu dipanggil untuk interview, maka rekrutmen tertarik dengan profile hingga pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu menjawab semua pertanyaan dengan jujur, maka kamu akan bisa menjalankan tugas dan peran yang diberikan perusahaan dengan baik.

Persiapkan diri dengan Baik

Sebelum kamu melamar kerja, pastikan kamu telah melakukan riset perusahaan yang kamu lamar. Selain itu kamu juga harus mengenal tugas dan tanggung jawab dari posisi yang kamu lamar. Kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat melakukan wawancara.

Latihan

Practices make perfect. Perbanyaklah latihan sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin sering kamu berlatih, maka kamu akan menjawab pertanyaan rekrutmen dengan lancar.

Kepercayaan dirimu juga akan meningkat jika kamu banyak berlatih.

Sebelum kamu melangkah menjadi UI UX designer, pastikan dirimu telah memenuhi kualifikasi bidang tersebut.

Pelajarilah tools-tools yang umum digunakan oleh UI UX dan tingkatkanlah skill yang dibutuhkan dalam perofesi tersebut. Kamu dapat mengembangkan skill dengan mengikuti kursus online di Arkademi.

Kamu dapat langsung download aplikasi Arkademi melalui Google Store atau Play Store dan temukan kelas yang kamu inginkan. Kamu juga akan mendapatkan Arkademi koin senilai 25.000 setelah melengkapi data diri, koin ini langsung bisa dipakai untuk potongan harga kelas.

Tag

Rekomendasi