1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Gaji Copywriter Pemula Sampai 5 juta, Ini Tugas dan Prospek Karirnya

Gaji Copywriter Pemula Sampai 5 juta, Ini Tugas dan Prospek Karirnya

Persiapan Kerja
Gaji Copywriter dan prospek karirnya

Salah satu pekerjaan yang saat ini banyak diminati ialah copywriter. Copywriter memiliki peran yang cukup penting dalam strategi pemasaran online. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang senang menulis dan menyukai belajar hal baru! Karena nantinya, tugas copywriter bukan hanya menulis. Berminat untuk menjadi copywriter? Yuk intip gaji copywriter terlebih dahulu!

Apa Itu Copywriter

Copywriter merupakan seorang yang memiliki tugas atau pekerjaan untuk merancang kata-kata untuk membujuk atau mempengaruhi audiens dengan tujuan untuk promosi atau menjual produk. Seorang copywriter harus memiliki pemahaman tentang audiens mulai dari umur, gende, hobby dan sebagainya. Hal ini diperuntukkan agar copy yang dibuat tepat sasaran dan akhirnya akan menjual produk.

Artinya, seorang copywriter memiliki tanggungjawab terhadap citra produk dan perusahaan. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk menulis dan memberikan informasi kepada konsumen dan klien tentang layanan atau produk tertentu. Informasi ini nantinya akan bisa dilihat melalui caption Facebook atau Instagram Ads, headline iklan Google, konten untuk media sosial, dan lainnya.

Tipe – Tipe Copywriter

Dalam dunia kerja, terdapat 3 tipe atau jenis pekerja dalam copywriter yakni agency copywriter, copywriter perusahaan, dan freelance copywriter.

1.   Agency Copywriter

Copywriter dari agency maksudnya ialah seorang yang bekerja di creative agency, advertising agency, digital agency, dan lainnya. Jika bekerja pada perusahaan agency, kamu juga akan dituntut untuk menguasai seluruh bidang dalam copywriting.

2. Copywriter Perusahaan

Copywriter perusahaan memiliki tugas untuk mempresentasikan perusahaan. Posisi ini memiliki tugas konsisten dalam materi pelajaran dan membutuhkan kreativitas yang lebih sedikit, konten yang mereka berikan harus berkualitas tinggi sesuai dengan gaya perusahaannya.

3. Freelance Copywriter

Posisi ini menawarkan jasa dalam hal materi pelajaran, jenis proyek, dan komitmen waktu. Gaji copywriter posisi ini tergantung dari per tugas yang mereka tulis.

Baca Juga : Belajar Copywriting, yuk ketahui 6 Jenisnya

Jenis Konten yang Ditulis

Banyak sekali jenis konten yang bisa menjadi tempat untuk content writer menulis. Berikut ini jenis konten yang ditulis seorang copywriter, diantaranya:

  1. Slogan suatu Brand
  2. Media Press
  3. Radio
  4. Mobile Apps Copy
  5. Campaign
  6. Billboards
  7. Web Copy
  8. Script dialog pada iklan televisi

Gaji Copywriter

Gaji copywriter sebetulnya sangat variatif. Untuk gaji copywriter junior mulai dari 3-5 juta, dan untuk senior bisa mencapai 6 juta. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan jika gaji copywriter di perusahaan-perusahaan lain berbeda. Bahkan aka nada gaji yang lebih besar dari standar rerata. Kualitas dan kinerja yang kamu miliki akan berpengaruh pada gaji yang akan kamu dapatkan.

Skill yang Dibutuhkan Copywriter

Sebagai copywriter kamu tentu saja harus memiliki keterampilan menulis. Namun ada beberapa keterampilan yang wajib kamu miliki seperti mampu membuat headline yang menarik dan memahami perbendaharaan kata yang mumpuni. 

Tidak hanya itu,kamu juga harus mengetahui target audiens, memecahkan masalah, memiliki keingintahuan yang tinggi, serta dapat mengutamakan kenyamanan pembaca.

Prospek Karir

Era digitalisasi yang semakin maju, mengharuskan seluruh bidang untuk dapat mengembangkan bisnisnya melalui digital. Maka, dengan kemajuan teknologi tersebut pekerjaan copywriter akan semakin eksis.

Banyak bisnis yang mulai mengalihkan pasar tradisionalnya ke pasar digital karena lebih mudah mencapai pelanggannya sesuai dengan target produk mereka. Hal ini membuat pekerjaan copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Berikut ini beberapa prospek karir dari Copywriter

  • Content Writer
  • Editor Director
  • Senior Copywriter
  • Creative Director

Baca  Juga : Ingin Berkarir Jadi Copywriter? Inilah 5 Keahlian yang Wajib Kamu Miliki

Requirement yang Dibutuhkan Seorang Copywriter

Untuk menjadi seorang copywriter professional, kamu tentu harus memiliki persyaratan yang mendukung, beberapa hal diantaranya ialah

  •         Mampu menulis dan paham dengan kaidah penulisan yang berlaku
  •         Mampu melakukan riset dengan detail
  •         Memecahkan masalah
  •         Berpikir kreatif
  •         Berkomunikasi dengan audiens yang memiliki kepribadian yang beragam

Itu dia pembahasan mengenai gaji copywriter dan prospek kerjanya yang sangat dibutuhkan saat ini. Penasaran ingin menjadi seorang copywriter ?. 

Di Arkademi tersedia kelas yang membahas mengenai cara menjadi seorang copywriter dari pemula hingga handal, selain itu Arkawan juga akan mendapatkan sertifikat yang nantinya bisa digunakan sebagai bukti bahwa kamu berkompeten dalam copywriting

Kamu dapat belajar dengan mendownload Aplikasi Arkademi dan kamu bisa belajar menjadi copywriter junior hingga senior dengan diajarkan oleh tutor handal yang memiliki pengalaman di bidangnya. 

Kamu juga bisa mendapatkan Arkademi Koin senilai 25.000 untuk potongan harga hanya dengan melengkapi data dirimu!

Rekomendasi