1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Belajar Copywriting, yuk ketahui 6 Jenisnya

Belajar Copywriting, yuk ketahui 6 Jenisnya

Dari Arkademi
belajar copywriting

Punya ketertarikan untuk terjun ke dunia kreatif? Kamu wajib belajar keahlian copywriting! Secara umum copywriting mencakup semua tulisan singkat yang mudah diingat dan memiliki tujuan untuk mengenalkan atau mempromosikan sebuah produk, jasa, dan kampanye. Walau terlihat sederhana, copywriting yang sekarang ini menjadi sebuah profesi sendiri tetap perlu melakukan riset agar pesan singkat yang disampaikan terlihat menarik dan sampai ke benak target. Itu mengapa penting sekali untuk kamu belajar copywriting walau hanya dasarnya saja ya.

Sebelum membahas copywriting lebih lanjut, yuk ketahui dulu jenis copywriting yang umum kamu temukan di dunia profesi.

1. Copywriting sales

Seperti judulnya saja, copy yang satu ini ditujukan langsung untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki perusahaan. Karena penulisan copywriting yang cenderung pendek, biasanya tidak ada pengenalan produk dengan asumsi target sudah mengenal merek dari perusahaan.

2. Copywriting SEO

Selain belajar copywriting yang singkat, kamu juga perlu tahu bahwa untuk meningkatkan pengetahuan orang terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan bisa melalui tulisan yang lebih panjang berupa artikel. Jika kamu menghasilkan copywriting yang baik dan mengikuti kaidah-kaidah penulisan SEO, tulisan kamu kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama google sekaligus berarti semakin banyak orang yang akan dengan mudah menemukan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Copywriting Web

Bertujuan untuk meningkatkan user experience, sebagai web copywriter kamu perlu mengerti betul seluk beluk perjalanan website untuk menghasilkan kata-kata yang mudah dipahami oleh pengguna. Sampai sini, kamu semakin sadar betapa pentingnya belajar copywriter kan?

4. Technical copywriting

Jenis yang satu ini mewajibkan kamu untuk belajar copywriting yang bertujuan untuk memilih kata-kata sederhana untuk mendeskripsikan cara penggunaan suatu produk secara detail namun tetap singkat.

5. Creative copywriting

Walau namanya copywriting, namun karya yang kamu hasilkan akan lebih sempurna jika bisa diubah menjadi jingle, slogan atau kalimat apapun yang mampu mengunggah sisi emosional target audiens. Jangan lupa, copywriter juga seringkali bertanggung jawab untuk menyusun visi misi perusahaan loh.

6. PR Copywriting

Lebih dalam, saat menyusun visi misi perusahaan kamu juga perlu membuatnya berdasarkan hasil riset internal maupun eksternal agar kalimat yang dibuat sedemikian rupa dapat mempresentasikan wajah perusahaan sesuai harapan dan realita yang ingin dibangun. PR copywriting juga bisa terlihat dalam bentuk press release, fact sheet, hingga penyusunan company profile.

Demikian informasi Belajar Copywriting, yuk ketahui 6 Jenisnya! Untuk kamu yang bertekad #liftupyourskill dengan ragam kelas menarik di Arkademi silahkan pilih pelatihan Melatih Keterampilan Copywriting Spesialis Periklanan. Selain jenis copywriting kamu juga akan mendapat informasi seputar jenis penulisan persuasive, Teknik penulisan hypnotic writing, hingga langkah-langkah yang memudahkan kamu berpikir untuk menyusun sebuah tulisan yang menarik dan efektif digunakan untuk tujuan pemasaran.

Arkademi mengkhususkan pembelajaran berbasis keahlian yang diantarkan melalui kelas online berbasis Website dan tersedia di Play Store. Setelah menyelesaikan kelas kamu akan mendapatkan dua sertifikat penyelesaian kelas dan kelulusan yang bisa kamu gunakan sebagai nilai tambah saat dalam tahap mencari kerja loh. Resmi terdaftar di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Gabung Bersama Arkademi untuk tingkatkan potensi diri Bersama pengajar profesional dan kompeten di bidangnya serta materi pelatihan yang bisa kamu akses dari manapun dan kapanpun, tentunya dengan harga yang terjangkau! Tunggu apa lagi? Gabung sekarang!

Rekomendasi