Content Marketing: Definisi, Jenis, Hingga Tipsnya!

Mengenal apa itu content marketing dan kenapa penting untuk bisnis
Pengembangan Karier

Setiap bisnis perlu content marketing ? Jawabannya adalah iya bahwa setiap bisnis memerlukan content marketing untuk memperkenalkan bisnisnya.

Content marketing adalah satu dari beberapa strategi pemasaran yang biasa digunakan marketers atau perusahaan

Yuk, cari tau lebih lanjut apa pengertiannya, kenapa menjalankan strategi ini menjadi penting dan jenis-jenis yang bisa kamu gunakan!

Apa Itu Content Marketing

Sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membuat dan mendistribusikan konten berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi audiens yang ditargetkan. Konten dapat berupa artikel, video, gambar, infografis, podcast, dan format lainnya.

Tujuan utama dari pembuatan konten marketing adalah untuk menarik, dan memperluas segmentasi target dengan memberikan konten yang menarik dan bermanfaat.

Namun, strategi ini bukan hanya tentang membuat dan mempublikasikan konten semata.

Strategi yang efektif juga melibatkan penelitian, perencanaan, pengukuran, dan analisis untuk memastikan bahwa konten yang dihasilkan berfungsi dengan baik

Kenapa Content Marketing penting dalam sebuah Bisnis

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap perusahaan atau bisnis yang ada pasti ingin mendapat keuntungan dan mengembangkan usahanya.

Dari begitu banyak variasi kegiatan marketing, penyediaan konten marketing menjadi salah satu primadona. Karena dengan satu konsep saja, Arkawan bisa memecah konten menjadi bagian terpisah yang dipublikasikan di channel pilihan.

3 Keuntungan yang bisa didapatkan dengan strategi pembuatan konten marketing sebagai berikut:

  • Konten yang dibuat secara menarik dapat memberikan kesan bisnis  yang kamu kelola berjalan dengan baik dan membangun kepercayaan pelanggan potensial.
  • Meningkatkan visibilitas bisnis/perusahaan, semakin banyak orang yang mampu mengenali dan mengingat brand akan memunculkan potensi konversi di masa depan.
  • Mendatangkan traffic yang sesuai dengan target sasaran, sehingga bentuk komunikasi yang dilakukan menjadi efektif.

Setelah mengetahui definisi, dan pentingnya dalam strategi komunikasi bisnis yang kamu kelola mari kita bahas lebih lanjut jenis-jenis content marketing.

Jenis-jenis content marketing

Sekarang ini kita sudah memasuki dunia marketing 5.0, sebuah konsep marketing yang menekankan pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Internet merupakan teknologi yang sudah bisa diakses oleh tiap orang, hal ini menjadi peluang bagi marketers untuk memilih macam-macam channel yang ada untuk menyebarluaskan content yang sudah dibuat.

Website atau Blog

Website atau blog dapat menjadi tempat yang cocok untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiens. Selain menyesuaikan konten dengan audiens, hal lain yang harus diperhatikan adalah SEO-nya.

SEO sangat penting dalam penulisan karena dapat membantu meningkatkan traffic ke situs atau blog perusahaan yang kamu kelola.

Sosial Media

Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi pemasaran melalui media sosial yang dikenal sebagai social media marketing.

Namun, media sosial juga dapat dianggap sebagai bagian dari content marketing.

Khususnya sebagai platform untuk mempublikasikan konten yang berisi informasi, promosi, dan meningkatkan engagement.

Infografik

Infografik memiliki kemampuan untuk menyajikan data yang rumit dengan cara yang mudah dipahami.

Salah satu keunggulan infografik adalah kemampuannya untuk memadukan gambar dan tulisan dalam menyampaikan informasi secara singkat dan padat.

Podcast

Podcast sedang menjadi tren di Indonesia dan menjadi kesempatan bagi pencipta konten atau brand untuk menciptakan awareness dengan menyesuaikan topik dengan target audiens yang ingin disasar.

Ebook

Dalam pelaksanaannya, kita tentu menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien.

Membuat ebook sebagai content marketing bisa menjadi shortcut untuk kamu menyempurnakan sebuah ide, yang berikutnya diturunkan atau dipromosikan menggunakan channel marketing lainnya.

Video

Video adalah jenis content marketing yang membutuhkan upaya paling besar, kamu perlu menyiapkan alur cerita, waktu produksi konten dan penyempurnaan di tahap akhir.

Namun, jenis ini juga lah yang paling digemari audiens. Setelah membahas jenis-jenis content marketing, mari telusuri lebih lanjut tips yang bisa Arkawan gunakan.

Baca juga: Harus Kreatif, 8 Cara Menjadi Content Writer yang Handal

5 tips Membuat Content Marketing yang Baik

Relevansi Dengan Target Audiens

Content marketing adalah sebuah pesan yang dirangkai untuk selanjutnya didistribusikan menggunakan channel marketing pilihan untuk menyasar target audiens yang tepat.

Ini mengapa, penting untuk Arkawan menyesuaikan content yang akan dibuat dengan citra yang ingin dibangun bisnis/perusahaan serta memperhatikan target buyer persona.

Baca juga: Buyer Persona: Definisi, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Menjawab Masalah User

Bukan sekedar mempromosikan produk atau jasa, content marketing juga biasa digunakan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi user.

Permasalahan yang dimaksut bukan hanya kebutuhan pengguna, namun juga dari sisi teknis jika Arkawan merupakan penyedia jasa yang ditawarkan dalam bentuk aplikasi.

Informatif

Perhatikan informasi yang ingin Arkawan sampaikan, apakah informasi tersebut bersifat faktual, dapat dipertanggung jawabkan dan memang dicari oleh pengguna.

Kemampuan content marketing untuk menjawab pertanyaan atau menangani kesulitan pengguna adalah kunci kesuksesan menjalankan strategi  ini.

Mempunyai Value

Tidak sulit untuk menggapai sebuah persepsi yang diinginkan, namun untuk mempertahankannya sebuah bisnis/perusahaan harus mampu memberi nilai lebih terhadap pengguna atau bahkan setiap orang yang bisa mengakses materi promosi.

Maka dari itu, penting untuk Arkawan menyisipkan konten  yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat luas untuk memberikan value terhadap setiap penikmat konten.

Emosi

Arkawan pasti pernah melihat iklan-iklan yang menyentuh hati, atau bahkan scene yang tidak terduga.

Dalam pembuatan konten, jangan pernah lupa bahwa ini hanyalah salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Perhatikan sisi emosi manusia yang bisa digunakan untuk mendapat perhatian.

Itu tadi penjelasan, alasan, jenis hingga tips untuk membuat content marketing yang baik.

Jika Arkawan tertarik untuk mempelajari  lebih dalam, mulai dengan menguasai salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Masuk kedalam kursus content marketing menggunakan Canva yang tersedia di Arkademi.

Di Arkademi, tersedia 500+ kursus online bersertifikat resmi untuk bantu kamu tingkatkan kualitas diri dan kesejahteraan hidup. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin saat pendaftaran pertama kali.