Begini Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai Untuk Dapatkan Insentif!

cara menyelesaikan kelas prakerja agar mendapatkan intensif
Prakerja

Kartu Prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang dibuat oleh Pemerintah sejak masa pandemi. Program ini ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini telah berhasil meningkatkan produktivitas dan kompetensi peserta Kartu Prakerja selama masa berjalannya program.

Namun, masih banyak peserta baru yang tidak mengetahui beberapa hal, seperti cara menyelesaikan pelatihan Prakerja yang belum selesai sebelumnya. Nah, artikel ini akan membahas cara menyelesaikan pelatihan Prakerja yang belum selesai dengan mudah. Simak sampai tuntas ya!

Cek Status Kelas di akun Prakerja

Berikut ini cara menyelesaikan pelatihan Prakerja dan rasakan insentif yang diberikan!

1. Buka Akun Prakerja 

Langkah pertama adalah login akun Prakerja pada situs https://www.prakerja.go.id/. Masukkan email aktif yang telah kamu daftarkan pada akun Prakerja. Kemudian kamu akan berada pada dashboard Prakerja.

Baca Juga : Cara Membuka Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

2. Cek di Status Pelatihan Kelas yang Belum Terselesaikan

Klik menu ‘Cari Pelatihan’ pada dashboard Prakerja. Kemudian klik ‘Riwayat Pelatihan’ dan klik pelatihan yang sudah dibeli dan masih aktif sehingga kamu dapat menyelesaikan pelatihan tersebut. 

3. Buka Lembaga Pelatihan Dimana Pelatihan Tersebut Dibeli

Setelah melihat ‘Riwayat Pelatihan’ disana akan tercantum lembaga pelatihan yang telah beli. Kemudian buka lah lembaga pelatihan tersebut pada browser, kemudian lakukan login akun yang kamu daftarkan pada website lembaga dengan memasukkan email serta password akun yang dimiliki.

4. Lanjutkan Pelatihan Hingga Selesai

Setelah melakukan login, buka pelatihan yang dimiliki pada website lembaga pelatihan.  Biasanya pelatihan yang belum selesai akan memperlihatkan status progres pelatihan berdasarkan persentase. Kemudian lanjutkan proses pelatihan hingga selesai dan ikuti ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat kelulusan. Nilai minimum ujian untuk kelulusan pelatihan adalah 60. Pastikan pelatihan yang kamu kerjakan telah selesai dan menunjukkan progres hingga 100%

Baca Juga : Cara Melihat Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

5. Berikan Ulasan dan Rating

Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu harus memberikan ulasan serta rating dari pelatihan yang telah dikerjakan. Ulasan dan rating berfungsi sebagai laporan bahwa peserta telah menyelesaikan seluruh kegiatan pelatihan kepada Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Selain itu hal ini juga dapat menjadi penilaian apakah pelatihan tersebut berkualitas dan mudah untuk dipahami oleh peserta.

6. Tunggu Hingga Sertifikat Muncul di Dashboard Prakerja

Setelah memberikan ulasan dan rating, maka sertifikat pelatihan pada dashboard akan diproses oleh Manajemen Prakerja. Proses sertifikat kelulusan akan tampil di dashboard Prakerja akan diproses selama tiga sampai tujuh hari.

7. Dapatkan Insentif

Insentif peserta Program Kartu Prakerja pada tahun 2023 adalah sebesar Rp 4.200.000 dengan bantuan pelatihan sejumlah Rp 3.500.000. Pada tahun 2023, skema program kartu Prakerja adalah normal. Dengan skema ini, pemerintah lebih berfokus pada peningkatan keterampilan seluruh peserta program kartu Prakerja. 

Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, peserta akan mendapatkan insentif transport dan pengganti biaya pulsa sebesar Rp 600.00 yang akan dikirimkan satu kali selama program pelatihan. Insentif ini akan masuk ke dompet digital yang didaftarkan oleh peserta dalam akun Prakerja yang dimiliki. Selain itu, seluruh peserta juga akan mendapatkan insentif survei sebesar Rp 100.000.

Prakerja Arkademi

Pada pelaksanaan skema semi bansos Kartu Prakerja tahun 2020-2022, terdapat 398 lembaga pelatihan yang pernah bergabung. Setiap program pelatihan telah melewati proses dan standarisasi oleh tim ahli independen dengan menggunakan sebanyak 52 indikator penilaian. Selain itu, pelaksanaan pelatihan juga dipantau oleh Manajemen Pelaksana yang dibantu oleh tim pemantau independen dengan 40 indikator pemantauan.

Dalam pelaksanaan skema normal Prakerja tahun 2023, MPPKP akan meningkatkan standar kualitas pelatihan dengan menggunakan lebih dari 90 indikator penilaian dan 70 indikator pemantauan. Hal ini menjadi standarisasi untuk memberikan pelatihan yang berkualitas kepada peserta.

Arkademi menjadi salah satu lembaga pelatihan Kartu Prakerja yang berkualitas dan memiliki legalitas yang jelas. Berdiri sejak 2017, Arkademi menyediakan kursus dan pelatihan berbasis kompetensi terbaik dan telah memiliki  izin resmi penyelenggaraan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. 

Yuk intip pelatihan di Arkademi dan tukar voucernya untuk melakukan pelatihan!