1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. 7 Cara Menjadi UI UX Designer (Panduan UI UX)

7 Cara Menjadi UI UX Designer (Panduan UI UX)

Persiapan Kerja
Cara menjadi UI UX Designer

Bagaimana Menjadi Seorang UI UX Designer?

Untuk menjadi seorang UI UX designer tentunya kamu harus paham tentang teori, tugas, dan tanggung jawab seorang UI UX designer. 

Selain itu kamu juga harus memiliki skills dan menguasai tools UI UX untuk dapat menyelesaikan proyek-proyek yang akan dikerjakan. Kemudian bagaimana cara menjadi UI UX Designer profesional? Yuk baca artikel berikut ini!

Cara Menjadi UI/UX Designer

Untuk menjadi seorang UI/UX designer, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini : 

1. Pelajari Konsep UI UX Designer

Sangat penting untuk memahami konsep dari UI UX designer karena keduanya memiliki fokus yang berbeda. UX design berfokus untuk menciptakan pengalaman menyenangkan bagi pengguna saat mereka menggunakan produk. 

Sedangkan UI design berfokus pada membuat tampilan web atau aplikasi yang menarik.  Dengan memahami konsep, kamu akan mudah untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab dari seorang UI designer maupun UX designer. 

Kemudian akan semakin mudah untuk membuat produk yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna jika kamu telah memahami konsep dari UI UX design itu sendiri.

2. Pahami Tools

Untuk menjadi seorang UI UX designer, tentunya kamu harus mampu untuk mengoperasikan tools design grafis. Tools ini akan berfungsi untuk membuat prototype dan wireframe.

Contoh dari tools UI UX yang sering digunakan adalah Figma, Sketch, Marvel dan Adobe XD.

Baca juga :9 Tools Wajib yang Sering Digunakan UI/UX Designer

3. Cari Referensi

Mencari referensi terkait dengan UI UX design akan mempermudah kamu untuk memahami materi tentang UI UX design. 

Referensi tersebut akan menjadi bekal pengetahuan kamu ketika melamar pekerjaan di bidang UI UX. kamu dapat mencari referensi UI UX d buku ataupun internet.

4. Ikuti Kursus

Selain mencari referensi di internet, kamu juga dapat mengikuti kursus mengenai UI UX designer. Kursus akan membantu kamu untuk mempelajari UI UX design secara cepat dan detail.

Arkademi merupakan kursus online yang menyediakan kelas UI UX design yang siap membantu kamu untuk meningkatkan skill dan mengembangkan karier profesional sebagai UI UX designer.

5. Bergabung dengan Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas kamu akan memperluas relasi dan mempunyai kesempatan belajar yang luas bersama anggota komunitas. Selain itu, kamu juga dapat berbagi pengalaman dengan anggota lainnya.

6. Latihan dengan Study case

Latihan studi kasus berfungsi untuk membantu kamu memahami secara mendalam tentang praktek membangun design, sehingga dapat membuat design kreatif. Selain itu, study case juga akan membantu kamu untuk mencari solusi.

7. Bangun Portofolio

Membangun portofolio dapat menjadi bukti dan menjadi nilai tambah jika kamu mempunyai kemampuan dalam bidang ini. Kamu bisa menambahkan hasil project kamu didalam portofolio

Tips Menjadi UI UX Designer

1. Problem Solving

Problem solving menjadi kemampuan umum yang harus dimiliki oleh seorang UI UX designer. Hal ini karena seorang UI UX designer harus bisa memberikan solusi kepada pengguna atas masalah yang mereka hadapi atau dapat menjawab kebutuhan yang mereka inginkan.

2. Komunikasi

Memiliki kemampuan  komunikasi akan mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan klien mengenai design produk seperti apa yang mereka inginkan. 

Kemampuan komunikasi juga akan mempermudah kamu untuk mempresentasikan rancangan design kepada tim.

3. Mindset

Mindset akan membantu kamu untuk memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Hal ini tentu akan membawa kamu untuk dapat memaksimalkan perancangan design yang kamu kerjakan hingga meraih kesuksesan.

2. FAQ tentang UI UX

Apakah UI UX Harus Bisa Coding ?

Coding bukanlah syarat utama untuk bisa menjadi seorang UI/UX designer. Untuk menjadi seorang UI/UX designer, kamu memiliki keterampilan dalam design grafis, pemahaman tentang interaksi antara pengguna dan mobile, dan memiliki kreativitas yang tinggi dalam pembuatan design.

Berapa Gaji UI UX ?

Di Indonesia, gaji seorang UI UX berkisar 8 jutaan perbulan. Sedangkan tunjangan yang akan diberikan sejumlah 20 juta dan 30 jutaan jika telah mencapai target perusahaan.

Butuh Waktu berapa lama belajar UI UX ?

Idealnya untuk dapat memahami UI UX design kamu membutuhkan waktu paling singkat 3 bulan. 

Namun tidak ada batasan waktu jika kamu ingin belajar lebih lama. Semakin kamu paham mengenai UI UX maka semakin besar potensi kamu untuk menjadi seorang UI UX designer.

Apakah UI UX Harus Kuliah ?

Tidak ada ketentuan mengenai jenjang pendidikan untuk menjadi UI UX designer. 

Untuk menjadi seorang UI UX designer kamu harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan UI UX designer.

Dari jurusan mana untuk Menjadi UI UX Designer ?

Adapun jurusan kuliah yang cocok dengan profesi UI UX designer adalah jurusan design grafis, design komunikasi visual (DKV), ilmu komputer, sistem informasi dan psikologi.

Untuk dapat memperdalam pemahaman tentang UI UX design, kamu dapat mengikuti kursus yang akan membantu kamu untuk belajar dengan mudah dan cepat. 

Arkademi merupakan kursus online yang menyediakan kelas UI UX designer yang akan mempermudah kamu untuk meningkatkan skill dan mengembangkan karir profesional. 

Untuk mengetahui informasi kelas lebih lanjut, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Kursus Belajar UI UX untuk pemula

Tag

Rekomendasi