5 Cara Menjadi Market Analyst dan yang Harus Disiapkan

Cara menjadi market analsyt
Pengembangan Diri

Sangat penting sekali bagi setiap perusahaan untuk melakukan market analyst. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya peran ini, seperti mengetahui trend dalam pasar, strategi kompetitor hingga kebutuhan pasar.

Pentingnya peran tersebut tidak heran jika saat ini posisi market analyst sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Artikel ini akan sangat membantu kamu yang bingung bagaimana cara menjadi market analyst yang dibutuhkan perusahaan.

Mengenal Apa Itu Market Analyst

Market analyst adalah peran yang bertugas untuk melakukan analisis data, melihat trend pasar hingga melakukan analisis kompetitior sehingga harus memiliki pemahaman komprehensif mengenai pasar dan marketing.

Market analyst memiliki cakupan yang luas dan penting karena menjadi peran yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam pengambilan keputusan di setiap strategi pemasaran yang akan dijalankan.

Peran ini memastikan bahwa strategi yang dijalankan sesuai dan cocok dengan kondisi pasar saat ini sekaligus melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan apakah sudah efektif atau belum.

Baca Juga : Mengenal Market Analyst, Tugas, Hingga Skill yang Dibutuhkan

Dengan pentingnya peran ini maka skill yang diperlukan tidaklah mudah, berikut ini merupakan cara menjadi market analyst yang perlu diketahui : 

Cara Menjadi Market Analyst

4 cara menjadi market analyst yang menarik

Kuasai Skill yang dibutuhkan

Menjadi seorang analis pemasaran yang kompeten memerlukan kemampuan-kemampuan khusus dalam tiga kategori utama, yaitu analisis data, pemasaran, dan manajemen proyek. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga kategori tersebut:

#1 Analisis Data

Kemampuan analisis data umumnya mencakup penggunaan SQL—bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk berkomunikasi dengan sistem basis data. kamu mungkin juga diminta untuk mempelajari bahasa pemrograman seperti Python atau R. Pastikan untuk menguasai dasar-dasar pembersihan, pengurutan, dan visualisasi data.

#2 Pemasaran

Pemasaran adalah subjek yang luas yang mencakup strategi penetapan harga, manajemen media sosial, analisis penjualan, dan analisis ekonomi. Mengetahui cara mengelola strategi pemasaran akan sangat membantu.

#3 Manajemen Proyek

Sebagai analis pemasaran, kamu mungkin ditugaskan untuk memimpin upaya yang kompleks dalam bekerja dengan data, terkadang melibatkan berbagai tim. kamu tidak perlu menguasai seluk-beluk manajemen proyek, tetapi pengalaman dalam memulai dan memimpin proyek dapat sangat membantu.

Dapatkan Pengalaman Pertama

Langkah pertama untuk menjadi market analyst adalah mendapatkan pengalaman pertama, maka sebagai permulaan adalah kamu harus mendaftar sebagai market analyst pemula. Tetapkan tujuan pengalaman pertama untuk belajar mengenai market analyst.

Setelah memiliki pengalaman dan skill yang cukup akan membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan sebagai market analyst.

Pastikan kamu lulus S1

Banyak posisi yang memerlukan gelar sarjana untuk mengisi sebuah posisi dalam sebuah perusahaan. Untuk mengisi posisi sebagai marketing banyak perusahaan yang menginginkan untuk orang yang setidaknya sudah menyelesaikan gelar sarjana, dan akan lebih disukai untuk yang memiliki gelar magister.

Walaupun tidak semua perusahaan melihat gelar sarjana, tetapi bagi perusahaan dengan memiliki gelar sarjana memiliki pkamungan dan skill yang lebih luas dalam melihat sebuah persoalan dan cara memecahkan masalah.

Bangun Portofolio

Portofolio merupakan sebuah senjata dalam melamar pekerjaan, khususnya dalam dunia marketing. Dengan adanya portofolio akan semakin meningkatkan peluang untuk diterima dalam sebuah pekerjaan.

Kamu dapat mengisi portofolio dengan skill, pengalaman kerja hingga project yang pernah dikerjakan, selain itu apabila kamu pernah memiliki pengalaman mengikuti kursus market analyst akan menjadi nilai tambah untuk dimasukan kedalam sebuah portofolio.Gaji Marketing Analyst

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan dalam menilai gaji marketing analyst seperti pengalaman kerja, jenis pekerjaan, jenis industri hingga gaji sebelumnya. Dilansir dari payscale, gaji marketing analyst di Indonesia berkisar 8-12 Juta dalam sebulan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Sertifikasi Marketing Analyst yang Bisa Dicoba

Ingin menjadi seorang analis pemasaran yang sukses? Pastikan kamu memiliki kemampuan-kemampuan yang diperlukan dalam tiga kategori utama: analisis data, pemasaran, dan manajemen proyek. Kemampuan analisis data meliputi penggunaan SQL dan bahasa pemrograman seperti Python atau R, serta dasar-dasar pembersihan, pengurutan, dan visualisasi data. 

Pahami juga strategi pemasaran, seperti penetapan harga dan manajemen media sosial, serta pengalaman memimpin proyek. 

Untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan ini, kamu dapat mempertimbangkan kursus online, sertifikasi, atau belajar dari mentor atau rekan kerja yang lebih berpengalaman.

 Investasi ini akan membawa manfaat besar bagi karier kamu sebagai analis pemasaran yang sukses. Kamu dapat mengikuti kursus market analyst dari Arkademi