1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Panduan Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Beli di Fotocopy

Panduan Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Beli di Fotocopy

Persiapan Kerja
Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Beli di Fotocopy

Surat lamaran kerja merupakan salah satu aspek penting sebelum melamar pekerjaan. Meskipun surat lamaran kerja tidak wajib, ini akan menjadi nilai tambah bagi kamu dalam melamar pekerjaan!

Surat lamaran kerja merupakan surat yang ditulis sendiri oleh pelamar yang memiliki tujuan untuk dapat diterima bekerja sesuai dengan jabatan yang diinginkan.

Dalam surat ini, kamu harus memperkenalkan bahkan mempromosikan dirimu agar dapat meyakinkan recruiter bahwa kamu merupakan seseorang yang mereka cari dan memiliki keahlian yang mereka inginkan.

Saat melamar kerja, pastikan kamu menulis lamaran dengan baik. Selain membuatnya, kamu juga bisa membeli surat ini difotocopy. Sebelum kamu membelinya, pastikan kamu telah mengetahui cara mengisi surat lamaran kerja beli di fotocopy. Berikut pembahasannya.

Bagian Surat Lamaran Kerja

Umumnya surat lamaran kerja terdiri dari 3 bagian yakni pembuka, isi, dan penutup. Jika kamu membeli surat lamaran di fotocopy, tentu akan lebih mudah mengisinya. Untuk cara mengisi surat lamaran kerja beli di fotocopy sangat mudah yakni dengan mengisi, sebagai berikut.

No

Pada bagian ini, kamu dapat mengosongkannya, atau kamu dapat menuliskan tanda strip (-)

Hal

Hal atau perihal biasanya ditulis dengan tujuan kamu menulis surat ini. Kamu dapat menuliskannya dengan lamaran kerja atau pekerjaan.

Lampiran

Dalam lampiran, kamu dapat menulis berapa lembar dokumen yang kamu lampirkan di dalam dokumen atau surat lamaran kerja yang akan kamu kirim. Misalnya dokumen kamu berisikan ktp, curriculum vitae, ijazah, npwp, dan skck. Kamu dapat menuliskan lampiran dengan ‘5 (lima) lembar’.

Tanggal

Kamu harus mengisi bagian ini sesuai dengan tanggal pembuatan surat lamaran kerjamu.

Tujuan

Bagian ini berisikan tujuan dari perusahaan yang ingin kamu lamar. Biasanya diawali dengan nama, Kepada Yth. Bapak/Ibu (nama yang dituju) atau dapat berupa jabatan penerima dan nama perusahaan yang ingin kamu lamar. Kamu dapat menuliskannya dengan kalimat Kepada Yth, Pimpinan PT. Nama Perusahaan yang dituju, di Tempat.

Baca Juga : Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Paling Engaging

Identitas Diri

Kolom ini berisikan tentang identitas pelamar kerja, pastikan identitas lengkap. Hal-hal yang harus dilengkapi antara lain :

  • Nama: Kamu dapat mengisi dengan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP
  • Alamat: biasanya hal ini diisi dengan Alamat sesuai KTP
  • Tempat / Tanggal Lahir: contohnya mengisi dengan Surabaya / 24 Agustus 2000
  • Jenis Kelamin:  Laki-Laki atau Perempuan
  • Kebangsaan: Jika anda orang Indonesia, maka isi dengan Indonesia. Jika bukan, maka kamu dapat menuliskannya dengan kebangsaanmu
  • Status Perkawinan: Silahkan untuk mengisinya dengan status kamu saat ini. Kawin atau Belum Kawin
  • Agama: Silahkan tuliskan Agamamu (Islam, Kristen Katolik. Kristen Protestan, Hindu, Buddha, Konghucu)
  • Nomor Telepon: Isilah dengan nomor telpon aktif yang anda gunakan agar recruiter mudah untuk menghubungimu lewat SMS, Telepon, ataupun melalui WhatsApp

Riwayat Pendidikan

Cara mengisi surat lamaran kerja beli di fotocopy selanjutnya adalah pendidikan. Pada kolom ini, kamu dapat menuliskan pendidikan terakhirmu. Misal SMA, SMK, S1 Jurusan dan nama Universitas. Isi lah sesuai dengan Riwayat pendidikan yang telah kamu tempuh selama ini.

Keterangan

Kamu dapat mengisinya dengan hal-hal yang ingin kamu sampaikan kepada perusahaan. Kolom ini juga dapat berisi spesialisasi kemampuan atau skill yang kamu miliki, penghargaan apa saja yang pernah kamu dapatkan, dan lain sebagainya. Jadikan lah kolom ini menjadi hal menarik atau daya jual kamu untuk recruiter.

Tanda Tangan

Pada kolom ini kamu akan menemukan kata ‘hormat saya’. Jangan lupa untuk mengisi kolom tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawah tanda tangan sebagai penulis lamaran.

Jika terdapat kolom untuk menempelkan foto, maka tempel lah kolom tersebut dengan foto kamu dengan ukuran yang telah tertera di surat.

Langkah Mengisi Surat Lamaran Kerja

Untuk mengisi surat lamaran kerja, kamu harus memperhatikan bagian-bagian dari semua ketentuan yang diminta oleh perusahaan yang ingin kamu lamar. Setiap perusahaan pasti memiliki ketentuan yang berbeda, hal yang kamu harus perhatikan antara lain:

  • Pastikan format lamaran kerja akan disukai oleh perusahaan, kamu dapat menanyakan hal ini kepada senior perusahaan atau orang yang pernah bekerja di tempat perusahaan yang kamu tuju.
  • Pilihlah blanko surat lamaran kerja yang sesuai (ditulis tangan, diketik dengan menggunakan Microsoft Word, atau menggunakan surat lamaran yang dapat kamu beli di fotocopy).
  • Pastikan alamat yang kamu tuju sudah tertulis dengan lengkap dan benar
  • Buatlah surat lamaran pekerjaan yang menarik agar recruiter yang menerima surat lamaran kamu tertarik untuk membacanya.
  • Pastikan kamu menggunakan Bahasa yang formal dan benar agar informasi yang kamu berikan terlihat jelas.

Bagi Arkawan yang bingung mengenai urutan yang benar dalam menyusun berkas lamaran kerja, Arkawan bisa membacanya di artikel Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar Supaya Dilirik HR

Cara mengisi surat lamaran kerja beli di fotocopy sangat mudah bukan? Kamu hanya perlu mengisinya dengan benar dan seadanya.

Sebelum kamu melamar kerja, kamu dapat meningkatkan skill kamu yang tentunya akan menjadi daya jual sebelum melamar pekerjaan. Kamu dapat mengikuti kelas-kelas menarik sesuai bidang yang kamu minati di website Arkademi atau aplikasi Arkademi.

 

 

Rekomendasi