8 Cara Mengirim dan Melamar Email Lamaran Kerja Beserta Tipsnya

Cara mengirim email lamaran kerja mudah dan berkas yang dibutuhkan
Pengembangan Diri

Mengirim informasi menggunakan email saat ini merupakan hal yang sangat wajar dilakukan. Hal ini karena berbagai manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan daripada bertukar informasi menggunakan media lain.

Selain untuk kepentingan bisnis dalam dunia pekerjaan, saat ini banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen dengan cara meminta para pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamarannya melalui email.

Hal ini tentu akan mempermudah para pelamar kerja dalam mencari pekerjaan, karena lebih efektif dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Berikut ini adalah manfaat mengirim surat lamaran kerja via email dibanding tradisional :

  • Lebih cepat dan efisien
  • Hemat
  • Mudah dilacak

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan jika dibandingkan mengirim surat melalui tradisional, pastinya surat lamaran tersebut harus lebih bagus dan menarik supaya dilirik oleh recruiter.

Berikut ini adalah tips dan persiapan yang dibutuhkan agar surat lamaran yang dikirimkan melalui email dapat dilirik oleh recruiter.

Persiapan Sebelum Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email

Supaya surat lamaran kerja yang akan dikirimkan menarik recruiter, pastinya kita memerlukan persiapan yang baik untuk menghindari kesalahan. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang dibutuhkan dan cara kirim email lamaran kerja :

Siapkan CV Terupdate

Hal yang paling penting untuk disiapkan pertama kali adalah CV (Curriculum vitae). CV penting karena berisi informasi mengenai pengalaman pekerjaan, pendidikan, hingga skill. Oleh karena itu CV ini sangat penting sekali sebagai pertimbangkan apakah Arkawan akan lanjut untuk proses selanjutnya atau tidak.

Mempersiapkan Data Diri dan Berkas

Setiap lamaran pekerjaan akan membutuhkan berkas pendukung selain CV, jadi Arkawan harus mempersiapkan berkas yang dibutuhkan recruiter untuk mendukung supaya peluang lolos kedalam proses selanjutnya bertambah.

Berikut ini adalah beberapa berkas yang biasanya dibutuhkan perusahaan untuk dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan :

  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto
  • SKCK
  • Portofolio
  • Fotocopy Ijazah

Untuk informasi mengenai urutan dalam surat lamaran pekerjaan, kamu bisa membaca artikel Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar Supaya Dilirik HR

Siapkan Informasi Mengenai Lowongan Pekerjaan

Langkah selanjutnya yang perlu disiapkan adalah informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut seperti darimana mendapatkan informasi, nama lengkap perusahaan, alamat perusahaan, hingga personal orang yang akan dihubungi.

Perusahaan akan lebih menyukai surat lamaran kerja yang lengkap mengenai informasi tersebut dan menganggap bahwa recruiter memiliki semangat dalam mencari informasi lebih dalam mengenai perusahaan.

Siapkan Email yang Profesional

Cara mengirim lamaran lewat email tidak bias sembarangan, Perhatikan alamat email saat akan mengirimkan surat lamaran, pastikan email yang digunakan profesional dan hindari menggunakan email yang menggunakan karakter yang kurang profesional.

Dengan menggunakan email profesional, recruiter akan melihat bahwa pelamar kerja serius dalam mengirimkan surat lamarannya. Contoh email yang bagus dan profesional adalah menggunakan nama dan mudah dibaca.

Baca Juga : 9 Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan, Wajib Diketahui Calon Pelamar

Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email

Setelah mempersiapkan hal yang dibutuhkan diatas, langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat lamaran pekerjaan kepada recruiter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Buka Aplikasi Gmail

Langkah yang pertama adalah membuka aplikasi gmail. Jika kamu menggunakan handphone, kamu bisa membukanya melalui aplikasi, tapi jika tidak memiliki aplikasi gmail kamu bisa mencobanya melalui browser.

Bagi pengguna pc atau laptop, mengirim surat lamaran kerja via email akan lebih mudah. Kamu bisa langsung membuka browser dan gmail.

Pilih Tulis atau Compose

Setelah membuka gmail, langkah selanjutnya adalah membuka tab tempat email akan ditulis. Kamu bisa melakukan klik pada perintah tulis untuk membuka tab tulis email ini.

Masukan Email Tujuan

Langkah selanjutnya adalah menambahkan alamat email tujuan. Pastikan email yang dimasukan benar dan tidak salah karena akan mengarah ke recruiter.

Jika alamat tujuan lebih dari satu, kamu bisa menambahkannya dengan cara memilih cc pada bawah alamat email dan masukan alamat email tujuan lainnya.

Sebagai informasi, jika kamu salah dalam menuliskan email, maka email tersebut akan gagal dikirimkan.

Masukan Subject

Subject email adalah bagian pertama yang dilihat oleh recruiter saat email sudah berhasil dikirimkan, jadi usahakan menggunakan subject email yang menarik dan mampu menjelaskan tujuan dari email tersebut.

Selain itu, biasanya recruiter sudah memberikan arahan mengenai subjek yang perlu dikirimkan sehingga arkawan hanya perlu menuliskan subjek yang sudah menjadi permintaan dari recruiter.

Masukan Surat Lamaran Kerja

Langkah selanjutnya adalah menuliskan surat lamaran. Surat lamaran merupakan pengantar yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai surat tersebut. Surat lamaran pekerjaan ini penting karena recruiter akan melihat surat lamaran ini sebelum memutuskan melihat berkas yang dikirimkan.

Surat lamaran yang baik memiliki struktur yang jelas dan memberikan informasi yang lengkap dan jelas tapi tidak terlalu panjang. Jadi pastikan surat lamaran yang dibuat dapat dipahami dengan mudah.

Berikut ini beberapa poin penting yang harus dituliskan pada surat lamaran kerja :

  • Salam Pembuka
  • Awali dengan perkenalan diri
  • Sebutkan posisi yang ingin dilamar
  • Berikan alasan kenapa kamu cocok untuk mengisi posisi tersebut
  • Tulis kontak
  • Berikan salam penutup

Dengan struktur surat lamaran tersebut tentu kamu akan lebih mudah dalam menjelaskan isi dan tujuan mengirimkan surat lamaran dan membuat recruiter memahami lebih jelas tentang surat tersebut.

Masukan Berkas yang Dibutuhkan

Kamu dapat memasukan berkas-berkas yang dibutuhkan dengan memilih icon lampirkan. Pastikan berkas yang kamu kirimkan tidak lebih dari 1mb dan siapkan dalam bentuk pdf.

Baca Juga : 10 Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar Supaya Dilirik HR

Periksa Kembali Surat Lamaran

Sebelum dikirim, sebaiknya surat lamaran dilakukan pengecekan ulang untuk menghindari kesalahan seperti typo, kesalahan berkas atau email yang dikirimkan.

Kirimkan Surat Lamaran

Setelah dilakukan pengecekan ulang, langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat lamaran pekerjaan dengan menekan tombol kirim. Pastikan bahwa kamu mengirimkan surat lamaran pada jam kerja.

Baca Juga : Pahami 5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan ini Agar Tidak Salah Bikin

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email

Setelah mengetahui cara mengirimkan surat melalui email, dalam pembahasan dibawah ini akan menjelaskan tips supaya surat lamaran kerja yang kamu kirimkan memiliki peluang untuk diproses lebih lanjut.

Berikut ini adalah tipsnya :

Pilih Jam yang Sesuai

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jam dalam mengirimkan surat lamaran. Sebaiknya mengirimkan surat lamaran kerja pada hari senin-jumat pada pukul 8-10 pagi karena recruiter cenderung membuka email saat pertama masuk jam kerja.

Selain itu, jika mengirimkan surat lamaran kerja pada jam tersebut akan menunjukan bahwa kamu sangat menghargai waktu dan akan menarik untuk recruiter.

Gunakan Salam, Isi dan Penutup

Dalam surat lamaran kerja pastikan sudah menggunakan salam, karena dengan menggunakan salam isi dan penutup maka surat lamaran kerja akan terlihat lebih profesional.

Jangan Sampai Ada Typo

Pentingnya dilakukan pengecekan kembali sebelum mengirimkan surat lamaran adalah untuk menghindari adanya typo dalam surat lamaran.

Karena dengan adanya typo tentu akan menunjukan bahwa kamu merupakan orang yang kurang teliti dan hal ini akan berpengaruh terhadap penilaian recruiter terhadapmu.

Berkas lamaran kerja jangan menggunakan Zip atau Rar

Hindari menggunakan format ZIP atau RAR pada berkas karena recruiter sangat tidak menyukai ini. Alasan recruiter tidak menyukai berkas lamaran dengan format zip atau rar ini adalah karena harus melakukan ekstrak terlebih dahulu.

Hal ini akan mengurangi efektifitas dan memakan waktu yang lebih lama dalam melakukan ekstraknya. Usahakan berkas jadikan satu dan jadikan PDF karena recruiter lebih menyukai hal ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja via email yang perlu kamu coba sebagai referensi :


Contoh 

 

Kepada : hrd@gmail.com

Subject : Regina-Staff Admin

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Rosalina

HRD PT. ABC INDO

Dengan Hormat,

Perkenalkan saya Regina, lulusan Universitas Garuda dengan mengambil jurusan manajemen. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui Linkedin, saat ini PT ABC INDO sedang membuka lowongan untuk posisi Staff, dengan adanya surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.

Setelah membaca kualifikasi dan job deskripsi yang ada, saya sangat yakin sekali bahwa saya cocok untuk menempati posisi ini. Saya merupakan orang yang selalu ingin belajar hal baru, komitmen, bertanggung jawab dan mudah beradaptasi.

Selama masa kuliahan, saya pernah mengikuti organisasi Badan eksekutif mahasiswa, disana saya belajar mengenai microsoft word hingga excel. Selain itu saya juga memiliki kemampuan untuk membuat surat menyurat, Kerja sama, membuat data, dan lainnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut saya yakin sangat cocok untuk menempati posisi sebagai staff admin. Besar harapan saya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan berikut ini saya lampirkan kontak saya untuk dihubungi :

Nomor HP : 08343434343433

 

Hormat saya,

 

( Regina )


Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja melalui email. Jadi, sebelum mengirim email pastikan sudah mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan ya.

Apabila kamu masih bingung untuk menuliskan surat lamaran kerja, kamu bisa membaca kursus surat lamaran pekerjaan dibawah ini ,

Cara melamar pekerjaan coursepage