Cara Menggunakan Arkademi Team untuk Admin

cara menggunakan arkademi team untuk admin
Dari ArkademiProduct Update

Saat mendaftar Arkademi Team (AT), setiap perusahaan rekanan akan memiliki akun perusahaan untuk mengakses, mengelola, hingga menambahkan karyawan atau peserta ke Arkademi Team. 

Umumnya, penanggung jawab akun Admin ini merupakan HR perusahaan, hingga manager level. Anda bisa memilih siapapun untuk menjadi Admin di Arkademi Team sesuai dengan keinginan Anda. 

Nantinya, Arkademi akan mengirimkan email pada karyawan yang terdaftar sebagai Admin. Email ini akan berisikan data ID ORGANISASI, USERNAME, dan PASSWORD yang nantinya akan digunakan sebagai akun administrator AT.

Tentang Admin di Arkademi Team

Admin Arkademi Team memegang peran penting dalam mengelola dashboard akun perusahaan. Setelah mendapatkan data ID ORGANISASI, USERNAME, dan PASSWORD, Admin bisa mulai log-in ke dashboard perusahaan di Arkademi Team. 

Selanjutnya, Admin bisa mulai memasukkan atau mendaftarkan karyawan-karyawan yang akan diikutsertakan pelatihan ke dalam Arkademi team. Anda bisa mendaftarkan peserta ke akun perusahaan tanpa batas atau unlimited. 

Setelah itu, karyawan bisa memulai pelatihan yang telah di-enroll kepada mereka baik melalui website, maupun mobile app, menggunakan akun mereka sendiri. 

Admin dapat memantau progres pelatihan karyawan melalui dashboard dengan melihat progress kursus mereka dan sertifikat apabila karyawan telah menyelesaikan pelatihan.

Untuk mengetahui selengkapnya tentang Admin Arkademi Team, simak panduan lengkap cara menggunakan Arkademi Team untuk Admin di bawah ini.

Cara Menggunakan Arkademi Team untuk Admin

Berikut ini adalah cara menggunakan Arkademi Team untuk Admin:

1. Login ke Dashboard Arkademi Team

  • Periksa email yang didaftarkan sebagai akun admin di Arkademi Team (AT). Email berisi ID ORGANISASI, USERNAME, dan PASSWORD.

tampilan-email-arkademi-team

  • Buka dashboard AT melalui https://team.arkademi.com, dan masukkan ID ORGANISASI, EMAIL/USERNAME, dan PASSWORD yang telah Anda dapatkan sebelumnya di email.
  • Selanjutnya pilih Login. Setelah login berhasil, Anda akan di melihat tampilan dashboard seperti di bawah ini.

tampilan login arkademi team

Perlu diingat, akun administrator dibuat manual oleh Arkademi. Anda tidak bisa mendaftar akun administrator melalui website. Bila Anda belum menerima email tersebut, hubungi Arkademi.

2. Mendaftarkan Karyawan ke dalam Dashboard Arkademi Team

  • Setelah berhasil login, Anda bisa mulai mengelola karyawan atau peserta pada menu TEAM pada bilah kiri. Lalu pilih tombol ADD EMPLOYEE.

cara add employe arkademi team

  • Masukkan EMAIL employee yang akan Anda daftarkan ke AT, lalu klik tombol ADD. Pastikan email employee tersebut benar dan aktif.

  • Anda bisa melihat data Employee yang berhasil didaftarkan pada tabel TEAM.

employe berhasil ditambahkan

  • Nantinya, email user/pengguna yang Anda tambahkan di Arkademi akan mendapat email konfirmasi.
  • Minta kepada employee untuk memeriksa email mereka dan segera membuat akun pengguna di Arkademi.com menggunakan email yang telah Anda daftarkan di AT.
  • Bila employee sudah mendaftar sebagai pengguna di Arkademi, maka status akan berubah menjadi Registered.

Pastikan employee mendaftar sebagai pengguna umum di Arkademi.com menggunakan email yang telah Anda daftarkan ke menu TEAM di AT. Nantinya, employee hanya dapat mengakses pelatihan yang di-enrolled kepadanya menggunakan akun yang telah Registered di tabel Arkademi Team.

3. Pilih Pelatihan Sesuai Kebutuhan

Pada tahap ini, Anda hanya bisa memilih pelatihan karyawan yang terdaftar di katalog COURSE. Untuk menambahkan pelatihan atau kursus ke katalog COURSE, Anda bisa memilih/membeli menggunakan Credit Arkademi Team. 

  • Pilih COURSE pada menu di kiri untuk membuka laman berisi katalog pelatihan yang ada di AT. 

pilih menu course

  • Anda dapat menyaring menggunakan kotak CATEGORY atau memasukkan kata kunci tertentu di kotak COURSE NAME.

  • Klik judul pelatihan tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman deskripsi berisi detail pelatihan.

4. ENROLL Karyawan ke Pelatihan

ENROLL pada menu COURSE artinya Anda membeli pelatihan atau kursus yang nantinya bisa diakses untuk setiap karyawan atau peserta yang terdaftar pada Arkademi Team. Sebelum melakukan ENROLL atau pembelian kursus, pastikan Anda masih memiliki CREDIT. 

Berikut ini cara melakukan ENROLL karyawan ke pelatihan: 

  • Tekan tombol ENROLL pada pelatihan yang Anda inginkan. Sebuah popup akan terbuka. Masukkan email employee yang sudah Anda daftarkan ke AT dan status employee tersebut telah Registered. Lalu tekan tombol ENROLL.
  • Anda hanya bisa ENROLL karyawan yang telah didaftarkan di AT dan memiliki status

Registered. Khusus untuk Admin, Anda juga dapat meng-enroll diri sendiri pada menu ini.

  • Popup harga pelatihan berdasarkan CREDIT akan terbuka. Pastikan Anda memiliki CREDIT yang cukup untuk membeli pelatihan tersebut. Lalu tekan tombol ENROLL.

enroll coure arkademi team

  • Bila pembelian dan ENROLL karyawan berhasil, popup SUCCESS akan terbuka. Anda dapat menutup popup tersebut dengan menekan tombol CLOSE. Anda juga bisa langsung ke halaman STATUS dengan menekan tombol CHECK COURSE STATUS.

5. Cara Top up Credit

Jika Anda ingin melakukan ENROLL, namun belum memiliki CREDIT, Anda bisa melakukan top up CREDIT dengan cara berikut ini:

  • Semua pelatihan yang terdaftar di katalog Arkademi Team hanya dapat dibeli/di-enroll menggunakan CREDIT Arkademi Team. Harga 1 Credit setara dengan Rp1.
  • Bila Anda membutuhkan CREDIT tambahan, maka Anda dapat membeli Credit dari Arkademi melalui tombol TOPUP di menu kiri atas. Anda akan diarahken ke chat Whatsapp admin Arkademi yang akan melayani Anda. 

  • Metode pembayaran Topup Credit dilakukan lewat transfer bank ke rekening PT Arkademi Daya Indonesia.

6. Cek Status atau Progres Pelatihan dari Karyawan

Sebagai Admin di Arkademi Team, Anda juga bisa meninjau status atau progres pelatihan dari setiap karyawan atau peserta yang Anda daftarkan. Untuk melakukannya, Anda bisa memilih STATUS pada menu di kiri. 

cek progress karyawan Arkademi team

Pada menu ini Anda dapat melihat status atau progres karyawan dalam mengikuti pelatihan yang telah Anda enrolled ke karyawan tersebut. Berikut ini status yang bisa Anda tinjau melalui menu STATUS:

  • Status ENROLLED: Karyawan telah berhasil di-enrolled ke pelatihan, namun belum memulai pelatihan sama sekali. Segera minta karyawan untuk segera memulai pelatihannya melalui website atau mobil app Arkademi menggunakan akun pengguna umum yang telah ia daftarkan sebelumnya.
  • Status LEARNING: Karyawan telah memulai pelatihan dan dalam sedang proses belajar. Progres belajar dapat Anda lihat dalam bentuk prosentase di tabel.
  • Status COMPLETED: Karyawan telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan. Sertifikat elektronik pelatihan karyawan dapat Anda lihat pada menu CERTIFICATE. Menu Certificate ini tidak dapat diakses bila karyawan belum dalam status Completed.
  • Status EXPIRED: Pelatihan yang di-enrolled ke karyawan telah kadaluwarsa enrollment-nya. Tiap pelatihan di Arkademi memiliki durasi enrollment antara 30-90 hari (tergantung pelatihan). Untuk memulihkan status Expired ini, Anda harus meng-enroll ulang karyawan tersebut ke pelatihan yang sama menggunakan Credit.

Butuh Bantuan Untuk Menggunakan Arkademi Team?

Bila Anda membutuhkan bantuan, tekan tombol SUPPORT di menu kiri bawah. Anda akan terhubung ke WhatsApp customer support Arkademi pada jam operasional Senin-Jumat dari jam 09.00 WIB – 18.00 WIB. 

Anda juga dapat menghubungi Arkademi melalui Whatsapp Group antara perusahaan Anda dan Arkademi (jika tersedia).

Demikian panduan lengkap tentang cara menggunakan Arkademi Team untuk Admin. Daftar pelatihan karyawan sekarang dan jadikan pelatihan karyawan di Arkademi Team sebagai langkah pertama menuju peningkatan kinerja dan prestasi yang lebih baik!