Cara Menggunakan Arkademi Team untuk Employee

Dari ArkademiProduct Update

Jika Anda baru saja mendapatkan undangan untuk bergabung ke platform Arkademi Team (AT) dari perusahaan Anda, maka inilah panduan lengkap tentang cara menggunakan Arkademi Team untuk Employee yang harus Anda pahami.

Arkademi Team merupakan platform untuk pelatihan karyawan guna menunjang kualitas SDM dalam perkembangan diri dan performa kerja. Melalui platform ini, Anda bisa mengakses berbagai pelatihan khusus yang telah disediakan oleh administrator perusahaan Anda.Baca selengkapnya tentang Arkademi Team.

Cara Menggunakan Arkademi Team untuk Employee

Untuk bergabung ke Arkademi Team, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka undangan email yang telah didaftarkan administrator perusahaan. 

Bila Anda belum menerima email undangan, pastikan bahwa administrator perusahaan

Anda telah mendaftarkan email yang benar/aktif di AT. Selain itu, pastikan juga bahwa ini tidak masuk dalam folder spam di email Anda.

Jika sudah menemukan email undangan ke Arkademi Team, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Cek Email yang didaftarkan dan Buat Akun Arkademi Team

  • Klik tautan yang terdapat di dalam email Anda untuk membuat akun pengguna umum Arkademi.

  • Pada formulir, isi nama lengkap dan email sesuai undangan yang Anda terima, dan password. Kemudian tekan tombol daftar.

  • Bila berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman depan Arkademi dalam kondisi
  • Logged-in.

Setelah tahap ini, Anda hanya harus menunggu notifikasi di email bahwa Anda telah diikutsertakan atau enrolled ke pelatihan oleh Administrator Anda. 

Setiap enrollment yang bisa Anda akses melalui Arkademi team, adalah pelatihan atau kursus yang telah dibayar oleh perusahaan untuk Anda. Karenanya, perlu diingat untuk tidak bergabung ke pelatihan manapun sebelum menerima notifikasi email enrollment dari Administrator Arkademi Team.

2. Mulai Pelatihan Karyawan di Arkademi Team

Bila administrator perusahaan mengundang mengikutsertakan Anda dalam pelatihan tertentu, maka Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email yang telah didaftarkan sebagai pengguna di Arkademi. 

  • Saat mendapat email enrollment, Anda bisa mengklik tautan untuk mengakses pelatihan tertentu yang diikutsertakan oleh administrator perusahaan Anda.

  • Setelah mengklik tautan tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman pelatihan yang di-enrolled kepada Anda. 
  • Pastikan Anda melakukan Login dengan akun yang telah Anda buat sebelumnya untuk mengakses atau masuk ke pelatihan tersebut.
  • Bila Anda telah berhasil Masuk/Login, tekan tombol MULAI KURSUS pada halaman pelatihan. Anda akan dibawa masuk ke dalam kelas untuk mulai belajar di dalam pelatihan.

Jika Anda menemukan tombol MULAI KURSUS bertuliskan IKUTI KURSUS saat melakukan login, artinya Anda belum diikutsertakan kedalam pelatihan tersebut oleh administrator perusahaan Anda.

Selain itu, alasan lain seperti login/masuk menggunakan email yang berbeda dengan yang terdaftar juga akan mengakibatkan hal ini terjadi.

3. Saatnya Belajar di dalam Kelas

Di dalam kelas, Anda bisa mulai belajar dan mengikuti pelatihan yang materinya terdiri dari materi pembelajaran berupa video, pre-test, post-test, kuis, tugas, dan sebagainya. Ikuti pelatihan sampai selesai. 

Setiap pelatihan memiliki durasi keikutsertaan/enrollment dari 30-90 hari tergantung masing-masing pelatihan. Informasi ini dapat Anda temui di halaman depan pelatihan.

Anda harus menyelesaikan pelatihan dalam durasi tersebut yang dihitung sejak awal enrollement Anda diaktifkan. Bila pelatihan Anda kadaluarsa, Anda tak dapat mengakses pelatihan tersebut. Administrator harus meng-enrolled ulang Anda ke dalam pelatihan tersebut jika diperlukan.

4. Cara Login Arkademi Team Melalui Aplikasi

Untuk mengakses pelatihan di Arkademi Team, Anda dapat menggunakan berbagai perangkat yang berbeda. Baik melalui laptop/komputer, Android, atau iOS. Pastikan Anda Login/Masuk menggunakan akun pengguna yang sama. Temukan pelatihan Anda pada menu KURSUS SAYA.

Butuh Bantuan Untuk Menggunakan Arkademi Team?

Bila Anda membutuhkan bantuan, tekan tombol SUPPORT di menu kiri bawah. Anda akan terhubung ke WhatsApp customer support Arkademi pada jam operasional Senin-Jumat dari jam 09.00 WIB – 18.00 WIB. 

Demikian panduan lengkap tentang cara menggunakan Arkademi Team untuk Employee. Semoga bisa membantu Anda untuk meningkatkan self development melalui pelatihan karyawan yang telah memiliki standar kompetensi nasional atau SKKNI dan standar industri.