Inilah Cara Membuka Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Prakerja

Program Kartu Prakerja telah membantu banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas melalui berbagai pelatihan yang disediakan. Program kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas, daya saing angkatan kerja, dan mengembangkan kewirausahaan.

Selain itu, program Kartu Prakerja juga memberikan peserta intensif berupa uang untuk tambahan modal bagi pelaku UMKM.  namun tidak jarang peserta yang masih bingung bagaimana cara membuka pelatihan Prakerja yang sudah dibeli, sehingga mereka belum dapat menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan intensif.

Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara mengikuti pelatihan Prakerja yang sudah dibeli. Simak sampai tuntas ya!

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang sudah dibeli

Terdapat enam langkah dalam mengikuti pelatihan Prakerja yang telah dibeli. Berikut keenam langkah yang harus kamu lakukan.

1. Silahkan Buka Email yang Terdaftar

Langkah pertama adalah membuka email pada aplikasi atau browser. Masukkanlah alamat email yang telah didaftarkan pada program Prakerja. Pastikan untuk memasukkan alamat email dengan benar tanpa adanya typo.

2. Cari Email yang Berisikan Kode Voucher yang Sebelumnya Sudah Dibeli

Setelah masuk ke email yang telah didaftarkan pada Prakerja, kemudian periksa ‘inbox’ atau ‘kotak masuk’ pada email. Carilah email yang berisikan kode voucer dan tata cara menggunakan voucher pelatihan dari lembaga pelatihan Kartu Prakerja yang telah dibeli.

3. Akses Situs Lembaga Pelatihan yang Sudah Dibeli

Langkah selanjutnya, buka situs mitra penyelenggara pelatihan Kartu Prakerja yang telah dibeli melalui link yang tertera dalam email. Kamu juga langsung dapat mengakses mitra pada Google atau browser.

Baca Juga: Inilah Cara Mengikuti Webinar Prakerja di Arkademi 2024

4. Buat Akun Pada Lembaga Pelatihan

Setelah masuk ke situs lembaga pelatihan, selanjutnya kamu dapat membuat akun pada lembaga pelatihan untuk dapat mengakses pelatihan. Daftarkan alamat email, data diri pada situs dan lakukan verifikasi email. Setelah berhasil terdaftar, kemudian lakukan login akun pada situs lembaga pelatihan.

5. Silahkan Masukan Kode Voucher yang Dikirimkan Email Kedalam Lembaga Pelatihan

Setelah login, masukkan kode voucher pelatihan kartu Prakerja pada kolom yang diarahkan pada tata cara situs lembaga pelatihan yang telah dibaca pada email.

6. Saat Voucher Berhasil Ditukarkan, Pelatihan Siap Untuk Diikuti

Ketika voucher telah aktif, maka kamu dapat langsung membeli ataupun mengikuti pelatihan yang telah dipilih. Pelatihan yang disediakan oleh Pekerja cenderung fleksibel. Peserta dapat belajar kapanpun dan dimanapun sesuai dengan waktu yang dimiliki.

Baca Juga: Inilah Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai

Selama berjalannya Program Kartu Prakerja, terdapat 389 Lembaga Pelatihan yang pernah bergabung menjadi mitra. Dimana terdapat 6.900+ pelatihan yang disediakan oleh Prakerja melalui platform digital.  Program Kartu Pekerja telah terbukti  efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan para peserta melalui program pelatihan yang beragam.

Arkademi merupakan salah satu lembaga yang bermitra dengan pemerintah sebagai penyedia layanan pelatihan Kartu Prakerja. Arkademi juga telah memiliki lisensi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dan bertujuan untuk menciptakan angkatan kerja Indonesia yang siap dan berkompetensi.

Terdapat berbagai macam bidang pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan minat dan skill yang dibutuhkan. Mulai dari bidang keuangan, marketing, public speaking,  desain grafis, hingga wirausaha. Kurikulum yang diajarkan telah disusun dengan sebaik mungkin dan up to date. Selain itu, materi yang disampaikan akan diajarkan langsung oleh instruktur ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan pelatihan Prakerja pada Arkademi yaitu webinar, pre-test, kuis, post test, dan unjuk keterampilan. Jika seluruh materi telah selesai dan dinyatakan lulus pelatihan, maka peserta akan mendapatkan sertifikat kelulusan. Sertifikat ini akan berbentuk elektronik dan diakui oleh industri. Sertifikat ini juga akan menjadi bukti fisik bahwa peserta telah memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang yang dipilihnya. Sehingga sertifikat yang didapat menjadi poin plus saat melamar pekerjaan. Yuk upgrade skill bersama kelas Pelatihan Prakerja di Arkademi!

Pelatihan yang disediakan oleh Arkademi sangat fleksibel. Peserta dapat belajar dimana saja dan kapan saja bahkan dalam genggaman. Ikuti seluruh kegiatan pelatihan dan dapatkan intensif Prakerja setelah selesai melakukan pelatihan!

banner prakerja