1. Home
  2. Karier
  3. 6 Cara Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja Supaya Karir Makin Sukses

6 Cara Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja Supaya Karir Makin Sukses

Karier
cara berpikir kritis dan bagaimana cara meningkatkanya

Banyak sekali keahlian yang harus dimiliki seseorang untuk mampu mengembangkan diri, salah satunya memiliki kemampuan cara berpikir kritis.

Arkawan yang baru saja menamatkan pendidikan terakhir dan ingin terjun ke dunia kerja mungkin kesulitan memahami konsep berpikir kritis. Padahal begitu banyak manfaat kemampuan berpikir kritis yang bisa dituai dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkup dunia kerja.

Pada artikel ini Arkawan akan mengenal lebih dalam proses berpikir kritis dan cara meningkatkannya.

Apa itu Berpikir Kritis

Disadur dari bahasa inggris critical thinking, berpikir kritis memiliki arti sebuah proses dimana individu mampu berpikir secara menyeluruh menggunakan fakta tanpa mengabaikan sensitifitas realita. 

Pada dunia kerja kemampuan ini sangat berdampak positif bagi pengambil keputusan. Arkawan juga akan terbantu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cara cerdas disaat kolega menyelesaikan satu pekerjaan dengan cara keras.

Cara Berpikir Kritis

Beruntunglah karena keahlian ini bukan merupakan sifat bawaan dari lahir, melainkan suatu yang bisa dipelajari.

Arkawan tidak perlu memiliki latar belakang keluarga super pintar atau menjadi mahasiswa paling aktif di kampus untuk mampu berpikir secara kritis untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan.

Membaca dan berdiskusi dengan banyak orang sangat membantu untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Adapun berikut langkah yang lebih detail dalam memahami cara berpikir kritis.

Baca Juga : 8 Soft Skill yang Harus dimiliki Karyawan untuk menjadi Aset Perusahaan

Melakukan Identifikasi dari Masalah atau Pertanyaan

Selalu mulai proses berpikir kritis dengan melakukan pengidentifikasian masalah atau pertanyaan yang timbul, pahami dulu konteks dan jawaban/solusi yang diharapkan.

Dengan memberikan konteks kedalam suatu kondisi membantu Arkawan untuk berpikir lebih fokus.

Mengumpulkan data dan argumen

Tidak mungkin seseorang bisa menerapkan cara berpikir kritis tanpa data dan argumen yang bisa divalidasi. 

Sebelum menawarkan solusi, berhenti sejenak untuk mengumpulkan data yang relevan untuk mendukung kesimpulan.

Analisa data tersebut

Pada dunia kerja, Arkawan akan dituntut bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan cepat dan efektif. Namun tetap berhati-hati pada kecepatan, berikan waktu yang cukup untuk kamu bisa menganalisa data.

Tentukan hal yang penting

Dalam dunia kerja, masalah tidak akan menunggu yang lain selesai untuk muncul di area lain. Inilah pentingnya mampu menyusun prioritas.

Gunakan skala prioritas untuk menyelesaikan masalah utama dan jangan ragu mencari bantuan.

Ambil keputusan

Bukan tanpa alasan sebuah perusahaan menghargai karyawan yang memiliki keahlian berpikir kritis, hal ini berkaitan langsung dengan kemampuan mengambil keputusan sebagai individu maupun tim.

Komunikasikan Pendapatmu

Proses berpikir kritis tidaklah mudah, itu mengapa Arkawan perlu mampu mengkomunikasikan setiap keputusan kepada tim.

Ingat ya, kesuksesan dalam dunia kerja bukan hanya diukur dari kemampuan individu tetapi juga dukungan dari tim.

Baca Juga : Fresh Graduate Wajib Punya Skill Ini Agar Sukses Membangun Karir

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Seperti keahlian pada umumnya, proses berpikir kritis perlu diasah setiap waktu untuk meningkatkan ke level yang lebih baik.

Berikut cara yang Arkawan bisa terapkan dalam melatih berpikir kritis.

Rajin mendengarkan

Pahami dulu ada perbedaan dalam “dengar” dan “mendengarkan”, terletak pada kemampuan seseorang untuk mendengar opini dan mengolahnya menjadi sebuah informasi yang bermanfaat di kemudian hari.

Banyak bertanya

Jangan malu untuk bertanya! Rasanya kita sudah sering mendengar nasehat yang satu ini ya, Arkawan?

Bukan sekedar omongan, untuk meningkatkan proses berpikir kritis perlu keaktifan dalam dialog. Artinya bukan hanya menjadi pendengar, namun juga mampu mengajukan pertanyaan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.

Melakukan pertimbangan

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang selanjutnya adalah kemauan untuk berpikir dari segala sisi.

Menggunakan growth mindset – menganalisis segala pilihan yang ada menggunakan data yang tepat.

Kenapa berpikir kritis itu penting

Dalam persaingan dunia kerja, kita semua sudah tahu bahwa kemampuan teknis tidak lagi menjadi satu-satunya yang dihargai perusahaan.

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu soft skill yang semakin dicari oleh perusahaan.

Karena individu seperti ini biasa menawarkan solusi menggunakan data relevan dan dapat berargumen dengan baik. Berikut hal lain yang biasanya diatribusikan kepada seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis.

Dapat menyelesaikan masalah

Individu yang memahami proses berpikir kritis bisa dengan mudah mengidentifikasi masalah dan memfokuskan pikiran untuk mencari solusi.

Individu ini tidak butuh waktu lama untuk menyesali keadaan, namun bisa langsung mengarahkan diri sendiri maupun tim untuk mengatasi masalah.

Dapat membuka pemikiran

Terbiasa mempertimbangkan solusi dari berbagai persepsi, individu dengan kemampuan berpikir kritis umumnya memiliki kemampuan untuk membuka pikiran dan menjadikannya anggota tim yang dapat berkomunikasi dengan efektif.

Dapat berkomunikasi dengan baik

Dalam lingkup pekerjaan, seseorang yang dapat berkomunikasi selalu diutamakan. 

Bayangkan jika Arkawan memiliki anggota yang sangat pintar, namun tidak pernah berani mengajukan solusi sehingga menyebabkan kerugian, pasti menyebalkan bukan?

Membuat pekerjaan lebih baik

Manfaat kemampuan berpikir kritis lainnya adalah membuat pekerjaan lebih baik, karena seseorang dengan keahlian ini tahu tujuan yang ingin dicapai dari melakukan beberapa aktivitas.

Dalam dunia kerja hal-hal yang bisa terukur adalah kunci utama sebuah kesuksesan.

Memiliki anggota tim yang mampu berpikir kritis memang sebuah keuntungan besar, namun daripada menunggu Arkawan bisa menjadi karyawan sekaligus individu yang memahami proses berpikir kritis dengan mengikuti salah satu kursus bersertifikat di Arkademi.

Kursus dilaksanakan 100% online, dengan harga terjangkau Arkawan bisa mengikuti kelas Creative dan Critical Thinking melalui website maupun mobile apps Arkademi yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

Dapatkan 20.000 Arkademi Koin bagi pengguna yang baru pertama kali mendaftarkan diri dan 5.000 koin untuk pengguna yang melengkapi data diri. Arkademi koin bisa digunakan untuk memotong harga kursus tertentu. Informasi lebih lanjut pelajari penggunaan Arkademi Koin.

 

Rekomendasi