8 Cara agar Tidak Gugup saat Public Speaking untuk Pemula

Cara agar tidak gugup saat public speaking bagi pemula
Pengembangan Diri

Bagi pemula atau orang yang sudah mahir sekalipun kadang masih merasa gugup saat akan melakukan public speaking.

Rasa gugup saat public speaking bisa berbeda-beda yang dirasakan oleh setiap orang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti pengalaman, materi yang akan disampaikan, audience hingga situasi.

Oleh karena itu, merasa gugup saat akan public speaking sangat perlu diatasi oleh setiap orang yang akan berbicara didepan umum.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara mengatasi agar tidak gugup saat public speaking bagi pemula atau yang mahir sekalipun,

Cara Agar Tidak Gugup saat Public Speaking

Berikut ini merupakan tips dan cara yang bisa kamu coba saat akan melakukan public speaking :

Buat Badan Rilex

Cara pertama yang perlu kamu ketahui supaya tidak gugup saat public speaking adalah pastikan badan rilex.

Dengan merilekskan badan akan membuat pikiran lebih tenang sehingga intonasi dan gerakan tubuh yang ditunjukan tidak terlalu kaku.

Kamu bisa mencoba merilekan badan dengan cara melakukan aktivitas yang membuat pikiran tenang seperti duduk, minum hingga berlatih.

Baca Juga : 5 Cara Melatih Public Speaking dalam Dunia Bisnis

Persiapan yang Matang

Dengan persiapan yang matang akan membuat kamu tidak gugup saat public speaking. Kamu dapat melakukan persiapan seperti menyiapkan apa saja yang diperlukan, latihan dan pelajari materi yang akan disampaikan.

Latihan sebelum melakukan public speaking penting untuk membantu kemampuan kamu dan menghindari kesalahan yang kemungkinan terjadi.

Kenali Audience

Mengenali audience dapat membantumu mengurangi rasa gugup saat public speaking. Dengan mengenali audience, kamu dapat mempersiapkan dan menyiapkan jenis komunikasi apa yang dapat disampaikan.

Selain itu dengan memahami audiens, kamu akan merasa lebih percaya diri dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Ini penting untuk membangun kedekatan dengan audience dan membuat materi public speaking yang disampaikan lebih menarik.

Kuasai Materi

Dengan menguasai materi kamu akan lebih percaya diri saat akan melakukan public speaking. Kamu dapat menguasai materi dengan cara latihan sebelum melakukan public speaking.

Selain itu kamu juga dapat mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan dan menambah informasi untuk menguatkan argumen saat melakukan presentasi.

Ada berbagai macam sumber yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan materi tambahan, seperti melalui internet, buku, menonton video atau mendengarkan podcast.

Mulai dengan Pembuka

Kalimat pembuka merupakan hook dari setiap aktivitas public speaking, dengan kalimat pembuka yang menarik akan membuat sebuah sebuah public speaking berjalan menarik atau tidak.

Pastikan saat kamu memulai sebuah public speaking, buat kalimat pembuka yang menarik dan berbeda, karena hal itu akan membuat audience merasa tertarik sehingga akan mendengarkan apa yang kamu akan kamu sampaikan.

Baca Juga : Ini 20 Pertanyaan Tentang Public Speaking yang Harus Kamu Ketahui!

Berbicara dengan Jelas dan Tidak Terburu-buru

Saat berbicara didepan umum pastikan kamu tidak berbicara terlalu cepat, pastikan juga intonasi yang dikeluarkan jelas sehingga audience dapat memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

Gunakan kata jeda atau diam untuk sementara waktu supaya audience dapat memahami setiap pesan yang kamu sampaikan.

Lakukan Kontak Mata

Melakukan interaksi dengan melakukan kontak mata akan membuat audience lebih terlihat. Hal ini akan membantu kamu lebih terhubung secara langsung dengan audience dan menciptakan rasa kepercayaan.

Bicaralah kepada audiens sebagai individu-individu, dan coba fokus pada beberapa orang dalam ruangan untuk menciptakan interaksi yang lebih personal.

Sisipkan Humor

Sisipkan humor untuk mencairkan suasana, dengan humor akan membuat aktivitas public speaking lebih tenang dan tidak terlalu kaku. Kamu dapat menyisipkan lelucon pada topik yang dibahas.

Tapi perlu kamu pastikan juga, humor yang kamu gunakan tidak menyinggung atau merendahkan siapapun. Humor yang tepat dapat membuat kamu dan audiens merasa lebih santai, sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan saat berbicara di depan umum.

Nah itu tips cara agar tidak gugup saat public speaking yang perlu kamu coba, jadi kesimpulannya adalah, perasaan gugup bisa menyerang siapa saja saat akan melakukan public speaking, baik pemula atau yang sudah berpengalaman.

Kamu dapat mengikuti beberapa tips diatas supaya tidak gugup saa melakukan public speaking, atau kamu bisa mengikuti kursus online public speaking yang tersedia di Arkademi untuk memahami bagaimana cara public speaking yang baik.

Ketegori Kelas Terpopuler

Rekomendasi Artikel