1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 5 Cara Melatih Public Speaking dalam Dunia Bisnis

5 Cara Melatih Public Speaking dalam Dunia Bisnis

Cara Melatih Public Speaking supaya dapat berjalan lancar
Pengembangan Diri

Ada berbagai macam cara melatih public speaking yang bisa kamu coba supaya saat berbicara didepan umum tidak merasa bingung atau kaku.

Walau terlihat mudah, nyatanya berbicara didepan umum tidaklah semudah yang dipikirkan. Kamu harus sering latihan supaya tidak merasa gugup atau grogi saat akan mengemukakan sebuah pendapat atau pemikiran.

Selain itu, kemampuan berbicara didepan umum juga sangat diperlukan dalam dunia bisnis, khusunya saat melakukan presentasi didepan stakeholder atau pemangku kepentingan.

Dengan kemampuan komunikasi yang jelas dan meyakinkan, akan mempermudah dalam memberikan informasi dalam sebuah rapat.

Kemampuan berbicara didepan umum sangat diperlukan kapanpun dan dimanapun, oleh karena itu melatih public speaking sangat diperlukan oleh semua orang.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara melatih public speaking supaya kamu bisa berbicara didepan umum dengan mudah,

Tips dan Cara Melatih Public Speaking Mudah

Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu coba untuk melatih public speaking yang bisa diterapkan di dalam rumah atau lingkungan : 

#1. Lakukanlah Rutin Latihan

Latihan adalah kunci keberhasilan dalam public speaking. Semakin sering kamu melakukan latihan, maka kamu akan semakin terampil dan percaya diri. Kamu bisa mulai dengan berlatih di depan cermin, atau merekam diri sendiri saat berbicara, lalu memperbaiki hal yang masih kurang.

Kamu juga bisa mencoba untuk mencari kesempatan untuk berbicara di depan umum, mulai dari kelompok kecil hingga pertemuan besar. Jangan takut membuat kesalahan atau kurang lancar, karena semakin sering kamu berlatih, maka skill public speaking mu akan semakin meningkat.

#2. Gunakan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh atau body language juga sangat penting dalam public speaking. Cara berdiri, gerakan tangan, dan kontak mata bisa mempengaruhi bagaimana pesan dapat diterima audience dan bagaimana audience akan meresponnya.

Hindari berdiri dengan posisi yang membungkuk atau menunduk, karena ini dapat menunjukkan ketidakpercayaan diri saat didepan, pastikan kamu berdiri dengan tegak dan gunakan gerakan tangan untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Kamu juga dapat menambahkan kontak mata kepada audience sehingga bisa membangun koneksi dan membuat audiens merasa lebih terlibat.

#3. Cara gaya yang cocok

Setiap orang memiliki gaya yang berbeda dalam berbicara di depan umum. Pilih gaya yang cocok dengan kepribadian kamu dan sesuai dengan situasi yang dihadapi. Kamu dapat menggunakan gaya formal atau santai.

Gaya formal cocok untuk situasi bisnis atau akademis, di mana kamu perlu menunjukkan keseriusan dan kepercayaan diri. Gunakan bahasa formal dan hindari menggunakan bahasa yang terlalu santai.

Gaya santai cocok untuk situasi yang lebih informal, seperti presentasi di depan teman atau keluarga. Kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan membuat audiens merasa lebih santai dan masukan sedikit candaan.

Baca Juga : 5 Cara Praktis Untuk Tingkatkan Skill Public Speaking

#4. Tambah wawasan

Semakin banyak informasi yang kamu miliki, maka akan semakin mudah untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan terstruktur. Selain itu, dengan menambah wawasan, kamu juga bisa memperkaya ide dan sudut pandang dalam presentasi.

Kamu dapat menambah wawasan dengan membaca buku, menonton video atau mendengarkan podcast. Kamu dapat memilih buku yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan. Buatlah catatan atau ringkasan untuk memudahkan kamu dalam memahami materi.

#5. Ikut Pelatihan

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan public speaking, kamu dapat mengikuti pelatihan atau kursus. Mengikuti kursus ini bisa membantu kamu dalam mengatasi kecemasan atau kekurangan dalam public speaking, serta memberikan tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara didepan umum.

Public speaking adalah keterampilan yang penting dan dibutuhkan dalam banyak situasi. Dengan melakukan latihan secara rutin, memperhatikan bahasa tubuh, memilih gaya yang tepat, menambah wawasan, dan mengikuti pelatihan.

Cari pelatihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan kamu. Kamu bisa mencari referensi melalui internet atau mengikuti kursus online public speaking di Arkademi.

Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang menyediakan ratusan kursus online berkualitas yang akan membantumu untuk meningkatkan skill dalam dunia kerja. Salah satu kursus yang bisa kamu coba adalah kursus public speaking, dimana kamu akan diajarkan oleh mentor yang ahli dibidangnya dan akan disertai tips dan trick bagaimana berbicara didepan banyak orang.

Ketegori Kelas Terpopuler

Rekomendasi Artikel