1. Home
  2. Karier
  3. Tertarik Menjadi Seorang Freelancer? Inilah 7 Keuntungannya!

Tertarik Menjadi Seorang Freelancer? Inilah 7 Keuntungannya!

Karier Pengembangan Karier
cara menjadi freelancer

Pekerjaan tenaga lepas atau Freelancer sudah menjadi tren di era digital seperti sekarang. Dengan sifatnya yang fleksibel dan mobile, memudahkan pekerja untuk berkarya dan mencari nafkah. Banyak kalangan yang lebih tertarik untuk menjadi Freelancer karena tidak perlu terikat untuk bekerja kantoran seperti pada umumnya.Meskipun disebut sebagai “Pekerja Lepas” seorang Freelancer ternyata memiliki banyak keuntungan loh. Simak 7 keuntungan yang dapat diraih jika kamu berkarya sebagai Freelancer.

 

1. Bebas menentukan jenis pekerjaan

 

Bagi mereka yang ingin bekerja sebagai Freelancer memiliki ruang yang lebih leluasa untuk menentukan jenis pekerjaan. Kamu dapat menyesuaikan jenis pekerjaan sesuai keahlian dan kapasitas diri. Misalnya jika kamu punya keahlian menulis dan fotografi, kamu dapat bekerja di 2 jenis bidang pekerjaan sekaligus sebagai Freelancer. Kamu bebas menentukan pilihan kerja sesuai keahlian diri. Freelancer sangat mungkin menjalankan lebih dari satu jenis bidang pekerjaan jika memang memiliki banyak keahlian.

 

2. Menjadi manajer bagi diri sendiri

 

Bekerja di suatu Organisasi atau Perusahaan biasanya akan melibatkan diri dengan team. Jika kamu menjadi Freelancer, maka kamu dapat memegang kendali sepenuhnya atas diri sendiri. Dalam hal mengatur jadwal, target kerja, dan pembagian tanggung jawab kerja. Oleh karena itu dibutuhkan kemandirian dalam mengatur diri sendiri. Hal ini cocok sekali dilakukan oleh kamu yang punya karakter individualis dan merasa produktif jika bekerja sendiri. Jadi kamu tidak mengenal istilah atasan atau bawahan dalam bekerja.

 

3. Memiliki waktu kerja yang fleksibel

 

Pegawai kantoran biasanya memiliki jam kerja dari jam 9-5. Berbeda dengan pegawai biasa, Freelancer dapat bebas mengatur jam kerjanya. Ada yang bekerja hanya 2 kali seminggu, 3 kali seminggu, dan bebas menentukan jam kerja harian. Misalnya kamu dapat bekerja hanya 3-5 jam per-hari. Menarik bukan? Kamu bisa bebas mengatur jadwal sendiri dan mungkin dapat bekerja di lebih dari satu bidang pekerjaan atau keahlian sekaligus dalam waktu satu hari atau satu minggu.

4. Work Life Balance

 

 

Keuntungan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, karena tentunya Freelancer akan memiliki kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang atau dikenal dengan istilah  Work-Life Balance. Banyak kalangan pekerja kantoran yang sering mengeluhkan sulitnya membagi waktu antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Tentunya kamu tidak perlu memusingkan hal ini, karena kamu bebas mengatur jadwal kerja setiap hari. Kamu tidak perlu menunggu hari weekend untuk menjalankan hobi atau berkumpul dengan keluarga maupun teman.

 

5. Penghasilan tak terbatas

 

Ya! Seorang freelancer sangat berpotensi untuk meraih penghasilan tak terbatas. Berbeda dengan pegawai kantoran yang memiliki penghasilan tetap setiap bulan, Freelancer bisa memperoleh banyak sumber penghasilan. Apalagi jika bekerja di lebih dari satu bidang keahlian. Di awal perjalanan karir sebagai Freelancer pastinya kamu belum bisa mendapat gaji sebanyak senior Freelancer. Tapi jangan khawatir, seiring berjalannya waktu dan pengalaman pasti kamu dapat dipercaya untuk bekerja di banyak tempat dan bisa meraih penghasilan di atas gaji rata-rata pegawai kantoran pada umumnya.

 

6. Bisa bekerja dimana saja

 

Inilah salah satu poin terpenting kenapa banyak orang tertarik bekerja sebagai Freelancer, yaitu bisa bekerja dimana saja. Jika kamu termasuk orang yang tidak suka bekerja di balik meja setiap hari atau harus pulang-pergi Kantor setiap hari, maka kamu bisa mencoba pekerjaan ini. Bayangkan, kamu dapat bekerja di tempat yang berbeda setiap harinya. Di rumah, Cafe, Mall, atau sambil Berlibur. Terlebih lagi sejak adanya pandemi ini, banyak orang yang cenderung untuk bekerja dari rumah. Menjadi Freelancer dapat menjadi salah satu jalan alternatif untuk bekerja secara fleksibel.

 

7. Bebas mengatur jadwal libur sendiri

 

Tak hanya bebas mengatur waktu, memilih jenis pekerjaan, dan tempat bekerja, kamu juga dapat bebas mengatur jadwal libur sendiri.  Tak hanya dapat libur di akhir pekan, kamu dapat menentukan jadwal libur di hari lainnya. Karena sifatnya fleksibel kamu tentunya bisa bebas mengatur waktu libur tanpa tergantung dengan kalender libur Nasional.

Itulah tujuh keuntungan menjadi seorang Freelancer, apakah kamu tertarik untuk mulai berkarir sebagai Freelancer? Kamu dapat mempertimbangkannya dari sekarang. Kamu juga dapat mempersiapkan skill set kamu sebelum menjadi seorang Freelancer dengan mengikuti beragam Kelas pengembangan hard skill & soft skill yang ada di Arkademi. Yuk segera daftar kelasnya, bersama Arkademi #PastiBisa.

Rekomendasi