Apa itu SEO Specialist, Job Deskripsi hingga Gajinya (Panduan SEO)

Apa itu seo specialist dan apa saja yang dia kerjakan
Pengembangan Diri

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi marketing yang sering digunakan banyak perusahaan untuk meningkatkan trafik websitenya. SEO Specialist merupakan profesi yang berperan penting Untuk memahami apa itu SEO Specialist, artikel ini akan membahas profesi ini mulai dari pengertian, job desk, dan jenjang karirnya. Untuk lebih memahami apa itu SEO Specialist, simak artikel berikut ya!

Mengenal Apa itu SEO Specialist

SEO Specialist adalah profesi yang bertugas untuk melakukan optimasi search engine. SEO dapat dikatakan sebagai pakar SEO dan memiliki skill yang akan mendorong kesuksesan penjualan digital perusahaan. Sebagai seorang SEO, kamu harus dapat mengidentifikasi strategi, teknik hingga taktik untuk meningkatkan trafik web perusahaan serta mencapai peringkat tinggi di mesin pencari (Google) dengan pencarian organik.

Untuk mendorong kesuksesan tersebut, maka seorang SEO Specialist tidak hanya paham tentang menulis menggunakan keyword. Namun, seorang SEO juga harus dapat menempatkan tampilan gambar, memaksimalkan website yang menarik, dan melakukan monitoring performa website perusahaan. Selain itu, SEO Specialist juga harus memiliki pengetahuan tentang copywriting.

Job Deskripsi SEO Specialist

Adapun tugas sebagai seorang SEO Specialist adalah sebagai berikut:

  • Mampu membuat copy, paham teknik iklan dan desain layout.
  • Melakukan promosi website dengan strategi SEO on-page dan off-page.
  • Membuat rekomendasi SEO untuk developer
  • Berkolaborasi bersama tim marketing agar tujuan yang dicapai dan strategi SEO yang dilakukan sama.
  • Membangun strategi SEO untuk meningkatkan ranking website pada Search Engine Results Page (SERP).
  • Memproduksi konten website yang berkualitas dan sesuai dengan target audiens yang ingin diraih.
  • Mengestimasi seluruh perubahan yang terjadi pada algoritma Google.
  • Melakukan riset keyword untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh user dan menganalisa kompetitor.
  • Mendistribusikan konten dan memaksimalkan situs eksternal untuk memberikan backlink guna meningkatkan otoritas website.
  • Membuat laporan terperinci mengenai kinerja website perusahaan yang telah di optimasi.
  • Memastikan bahwa seluruh konten yang dibuat pada website, blog, video telah teroptimasi secara maksimal.
  • Meninjau secara rutin mengenai search terms, ranking dan analytics guna mengetahui bagaimana performa website dan membuat rekomendasi untuk meningkatkan performa.

Baca Juga : Perbedaan SEO dan SEM, Cara Kerja, Strategi dan Tujuannya

Jenjang Karir SEO Specialist

Jenjang karir dalam seo,

Berikut merupakan jenjang karir dari seorang SEO Specialist

Junior SEO Specialist

Junior SEO Specialist merupakan seseorang yang baru pertama kali terjun ke dunia SEO. Pada tahun pertama sebagai junior SEO specialist, kamu akan melakukan pengujian, analisis, dan melakukan perubahan pada website agar lebih mudah dicari oleh mesin pencari (Google).

Posisi ini akan banyak berkolaborasi bersama dengan web developer untuk memastikan bahwa strategi terbaik SEO telah digunakan dalam seluruh komponen halaman website. Adapun tanggung jawab posisi ini antara lain melakukan keyword research, mengoptimalkan konten, membuat link building, melakukan reporting SEO, membuat SEO offpage dan on page.

SEO Specialist/SEO Executive

Setelah memiliki pengalaman dan praktik yang cukup dalam SEO, kamu dapat melangkah menjadi SEO Executive. SEO Executive akan lebih berfokus pada analisis SEO on-site dan off-site dari website kompetitor dari bisnis perusahaan dimana kamu bekerja.

Untuk melakukan analisis kompetitor, kamu akan lebih sering menggunakan tools-tools SEP seperti AHREFS, SEMRush, Google Analytics, Google Search COnsole dan lainnya untuk membuat laporan performance website. Selain itu, tugas SEO Executive meliputi membantu tim konten untuk membuat artikel SEO friendly, berkualitas, dan informatif.

Sr. SEO Specialist

Sr. SEO Specialist akan berfokus untuk merencanakan, mengembangkan dan menerapkan strategi SEO dalam seluruh konten website. Selain itu Sr. SO Specialist akan menerapkan strategi ROI, identifikasi KPI, dan melakukan seluruh optimasi website dengan tepat.

SEO Manager

Serang SEO Manajer memiliki tanggung jawab dalam melakukan perencanaan hingga mengelola strategi SEO perusahaan secara keseluruhan. Hal tersebut meliputi web analyst, content strategy, membangun link, analisa/strategi keyword, dan web marketing.

Head of Digital

Tanggung jawab seorang Head of Digital sangatlah besar jika dibandingkan dengan posisi-posisi yang telah dijelaskan sebelumnya. Head of Digital akan bertanggung jawab untuk memastikan praktik hingga proses terbaik seluruh tim digital secara keseluruhan guna mencapai hasil terbaik dan sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Aktivitas tersebut mencakup mengelola, memonitor, hingga melakukan approval dan infrastruktur digital dari perusahaan.

Baca Juga : Apa itu SEO Marketing dan 3 Tools Gratis yang Bisa Dimanfaatkan!

Gaji SEO Specialist

Menurut Indeed.com gaji pokok rata-rata seorang SEO Specialist pada bulan februari adalah Rp 6.171.107. Gaji seorang SEO Specialist di Indonesia berkisar Rp 5 juta – Rp 15 juta.

Setelah memahami apa itu SEO Specialist, jobdesk hingga jenjang karir, apakah kamu tertarik untuk terjun pada posisi ini? Sebelum terjun ke posisi ini, tentunya kamu harus memiliki bekal kemampuan yang sesuai. Kamu dapat mulai belajar otodidak dengan membaca artikel mengenai SEO, belajar tools, mengikuti seminar atau mengikuti kursus SEO di Arkademi. Untuk dapat mengikuti kursus, kamu dapat langsung klik banner di bawah ini

Ikuti Kursus SEO di Arkademi