1. Home
  2. Pengembangan Karier
  3. Perilaku Kerja Prestatif dan Manfaatnya Bagi Karirmu

Perilaku Kerja Prestatif dan Manfaatnya Bagi Karirmu

Pengembangan Karier
Pengertian Perilaku kerja prestatif dan kenapa penting sekali untuk karir yang lebih baik

Salah satu sifat orang yang sering kita temui adalah ingin belajar hal baru dan selalu punya ambisi yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Nah, Arkawan tahu ga kalo sikap ingin belajar hal baru, punya ambisi yang kuat dan bekerja keras merupakan sikap orang yang memiliki perilaku kerja prestatif.

Perilaku kerja prestatif adalah sikap atau perilaku yang ingin terus belajar mengenai hal baru, selalu optimis dan bekerja keras dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Mempunyai perilaku kerja prestatif ini merupakan modal yang sangat besar untuk arkawan dalam mencapai kesuksesan loh.

Apa itu Perilaku Kerja Prestatif

Perilaku kerja prestatif merupakan sikap seseorang yang ingin maju dalam segala bidang yang dia tuju.  Sikap ini tentu akan membantu dalam kemajuan karir, selain itu sikap kerja prestatif ini akan membantumu dalam berwirausaha.

Sikap ini akan melakukan segala upaya untuk mencapai apa yang diinginkannya, dia bahkan tidak akan ragu untuk belajar hal baru.

Manfaat Perilaku Kerja Prestatif

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila Arkawan memiliki pola pikir kerja prestatif ini. Selain berdampak terhadap kesuksesan pribadi, sikap perilaku kerja prestatif ini juga akan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar.

Bagaimana Manfaat  Perilaku Kerja Prestatif Terhadap Karir

Manfaat secara pribadi yang akan kamu dapatkan apabila memiliki sikap ini adalah kamu akan mendapatkan ilmu baru yang pastinya akan berguna bagi karir.

Manfaat lainya adalah apabila kamu memiliki  usaha atau sebuah bisnis, kamu akan mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan penjualan, sehingga akan meningkatkan profit.

Apabila kamu bekerja dalam perusahaan, tentu sikap ini akan membantu perusahaan dalam mencapai goals atau tujuan perusahaan.

Selain itu, hal ini juga akan membuat lingkungan kerja yang lebih kompetitif dan sehat.

Contoh Perilaku Kerja Prestatif

Meskipun tidak sadar, mungkin kamu juga mempunyai perilaku kerja prestatif loh. Berikut ini contoh kerja prestatif yang biasa kamu lihat di dalam perusahaan.

Dipercaya memimpin Project

Saat dipercaya dalam memimpin suatu project, pastinya kamu akan belajar hal hal baru, selain itu kamu juga harus berusaha untuk memimpin project tersebut dari mulai planning hingga hasil yang akan dicapai.

Dalam memimpin project tersebut tentu akan banyak sekali yang akan dipelajari agar project tersebut sukses dalam pelaksanaanya.

Gagal, Lalu coba lagi

Apabila kamu memiliki bisnis atau usaha, tentu kegagalan bisa terjadi kapanpun. Sebagai seorang yang memiliki sikap kerja prestatif, tentu kamu akan selalu mencoba hal baru saat menghadapi kegagalan tersebut.

Memiliki sikap pantang menyerah dan mempunyai ambisi yang kuat merupakan hal yang sangat  penting bagi seorang wirausahawan,

Baca Juga : 7 Tokoh Wirausahawan di bidang Kerajinan yang Sukses Ini Bisa Dicontoh

Sikap Perilaku Kerja Prestatif

Diatas Arkawan sudah membaca mengenai pengertian, manfaat, hingga contoh dari kerja prestatif. Berikut ini sikap seseorang yang memiliki perilaku kerja prestatif:

1 Kerja Cerdas

Kerja Cerdas adalah adalah kerja dengan mengandalkan otak, bagaimana cara kita bekerja dengan membuat strategi yang akan dijalankan perusahaan.

Dengan menggunakan cara cerdas ini kamu akan memprioritaskan strategi yang akan digunakan dan langkah apa yang harus segera dilaksanakan.

2. Kerja Keras

Seorang yang memiliki sikap kerja prestatif akan selalu memiliki ambisi yang tinggi untuk mencapai tujuan yang mereka tuju dan selalu bekerja keras.

Karena dengan bekerja keras seseorang akan cepat untuk mencapai tujuan karirnya.

3. Kerja Tuntas

Menyelesaikan semua pekerjaan yang sudah di mulai. Orang dengan sifat ini biasanya adalah sikap orang yang selalu menyelesaikan pekerjaannya dan tidak menunda-nunda.

Karena dengan menunda-nunda pekerjaan akan membuatnya lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Percaya Diri

Seorang dengan sikap percaya diri yang tinggi biasanya adalah orang yang memiliki sikap kerja prestatif, Karena dengan sikap percaya dirinya tersebut biasanya dia akan percaya diri apabila di haruskan memimpin sebuah project.

Dan dengan sikap percaya diri tersebut akan membuatnya lebih menonjol dibanding dengan orang lainya.

5. Fokus terhadap tujuan

Seorang dengan sikap perilaku kerja prestatif biasanya akan fokus terhadap satu tujuan yang ingin dicapai. Biasanya akan membuat strategi bagaimana caranya untuk mencapai tujuan tersebut dan selalu mencoba hal baru.

Orang dengan berorientasi pada tujuan merupakan hal yang sangat penting dimiliki setiap orang karena dengan mindset ini seseorang memiliki tujuan yang harus dicapai.

6. Bekerja Secara Profesional

Dalam setiap pekerjaan apapun yang dilakukan, tentu kita harus menjalaninya secara profesional, karena dengan bersikap profesional terhadap pekerjaan yang dilakukan maka akan mendorong seseorang untuk fokus terhadap tujuan.

Dengan bersikap profesional juga kita harus fokus terhadap peraturan dan tujuan yang ingin dicapai, oleh karena itu sikap ini penting dalam setiap pekerjaan untuk mengesampingkan emosi.

Baca Juga : Jadi Wirausaha Sambil Bekerja? Bisa Kok! Lakukan 10 Tips & Trick ini

Itulah pembahasan mengenai perilaku kerja prestatif dalam dunia pekerjaan. Memiliki sikap kerja prestatif merupakan hal yang sangat penting apabila ingin mencapai kesuksesan dalam berkarir.

Karena dengan memiliki sikap ini seseorang akan fokus terhadap hal yang dituju dan memiliki ambisi yang kuat untuk mencapainya, oleh karena itu seseorang yang memiliki sikap ini pastinya merupakan aset bagi yang baik bagi perusahaan.

Arkademi merupakan tempat kursus online bersertifikat yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill dalam mencapai karir yang lebih baik.

Dengan meningkatkan skill pastinya kamu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan karirmu.

Kamu juga bisa mendapatkan koin Arkademi dengan mendownload aplikasinya di Playstore yang nantinya bisa digunakan untuk membeli kelas di Arkademi.

Tunggu apalagi, siapkan karirmu lebih baik dengan mengikuti kursus online di Arkademi.

Rekomendasi