Apa itu Artikel SEO dan Perbedaannya dengan Artikel Biasa?

apa itu artikel seo dan perbedaannya dengan artikel biasa
Pengembangan Diri

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi marketing yang sering digunakan oleh banyak perusahaan saat ini. Biasanya perusahaan akan membuat artikel atau konten pada websitenya dengan menggunakan strategi SEO.

Artikel yang menggunakan strategi SEO memungkinkan trafik website mengalami peningkatan dan mendapat peringkat terbaik pada mesin pencari (Google). Lantas apa itu SEO dan perbedaannya dengan Artikel yang tidak menggunakan strategi SEO? Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai apa itu artikel SEO hingga elemen didalamnya. Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Apa itu Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat secara khusus dengan tujuan untuk meningkatkan trafik website dari pencarian organik atau sebagai kebutuhan optimasi website perusahaan. Dalam menulis artikel SEO, tentunya penulis harus memenuhi kriteria algoritma yang disukai oleh Google. Biasanya artikel SEO ditulis dengan menggunakan keyword-keyword tertentu dan bersifat soft selling

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel biasa

Artikel SEO dan artikel biasa sama-sama memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagi para pengunjung. Namun terdapat beberapa hal yang membedakan kedua artikel ini, diantaranya sebagai berikut. 

Tujuan atau Intent

Pada artikel SEO tujuan anda penulis dalam menulis artikel adalah untuk menjawab permasalahan yang sering dicari oleh user dan relevan dengan konten pada website. Maka sebelum menulis artikel SEO, sangat penting untuk mencari tahu apa kebutuhan dari audiens. Jika artikel-artikel dalam website memiliki relevansi satu sama lain, maka mesin pencari akan mempertimbangkan website perusahaan menjadi rekomendasi bagi pengguna.

Keyword

Artikel SEO sangat berkaitan erat dengan keyword tertentu yang relevan dengan tema artikel yang akan ditulis. Untuk menentukan keyword, kamu harus melakukan riset keyword. Carilah keyword yang relevan dengan website perusahaan dan yang mungkin akan diketik pada mesin pencari oleh user. Terdapat beberapa tools yang bisa digunakan untuk mencari keyword, salah satunya melalui Google Trend. 

Baca Juga : Apa itu SEO Specialist, Job Deskripsi hingga Gajinya (Panduan SEO)

Elemen dalam SEO Artikel

elemen elemen dalam artikel seo onpage

Adapun perbedaan yang cukup signifikan di antara artikel biasa dan artikel SEO terletak pada elemen di artikel SEO. Berikut merupakan elemen-elemen yang berada pada artikel SEO

Judul

Judul merupakan hal utama yang akan menentukan apakah artikel yang dibuat menarik untuk dibaca. Maka, gunakanlah kata yang dapat menarik minat pembaca. Selain itu, judul juga harus meliputi keyword-keyword yang dicantumkan dalam artikel. Hal ini agar mesin pencari dapat mendeteksi artikel dan menaikkan traffic website. Buatlah judul yang tidak terlalu panjang, yakni hanya 50-60 karakter.

Heading

Heading merupakan struktur artikel yang meliputi judul serta sub judul yang digunakan dalam artikel SEO. Adanya heading akan membentuk struktur artikel menjadi rapi, enak dilihat, dan mudah dipahami oleh mesin pencari.

Hal ini karena heading yang relevan akan membantu search engine dalam memahami konten lebih dalam dan membantu user untuk paham mengenai artikel yang mereka konsumsi. Adapun daftar heading meliputi H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. H1 biasanya merupakan judul dari artikel.

Alt text

Alt text atau teks alternatif adalah teks yang digunakan dalam media yang diunggah dalam halaman website. Biasanya Alt text digunakan untuk memberikan nama pada media berupa gambar, karena Google crawler tidak dapat membaca gambar. Maka gambar yang dimuat dalam artikel perlu diberi nama sehingga Google dapat mengetahui isi dari gambar yang dimuat.

Keyword

Sama seperti penjelasan diatas, menuliskan keyword dalam artikel akan membantu website menemukan target audiens. Dalam melakukan riset keyword, kamu dapat menggunakan tools keyword seperti semrush, Google Search Console, Ahrefs, Moz, dan KeywordTool.io.

Meta

Meta description memiliki peran yang cukup penting dalam mengoptimasi artikel SEO. hal ini karena meta description merupakan rangkuman dari keseluruhan isi artikel.Dalam menulis meta description, tentunya kamu harus memasukan keyword dan kalimat deskriptif yang mengajak user untuk melihat artikelmu. Meta description sebaiknya ditulis dengan 160 karakter dan tidak terlalu panjang.

URL

URL atau link biasanya akan dicantumkan dalam artikel SEO. adanya backlink akan memberikan referensi dan membantu artikel melalui proses index secara lebih cepat.

Baca Juga : Ini 16 Pertanyaan Interview SEO yang Sering Diajukan Recruiter

CTA (Call to Action)

CTA merupakan kalimat yang berfungsi sebagai kalimat ajakan untuk mengajak user melakukan sesuatu, seperti melakukan pembelian produk atau membaca artikel lain pada website.

Cara Menulis Artikel SEO

Setelah memahami apa itu artikel SEO, dapat disimpulkan bahwa untuk membuat arikel seo yang baik maka harus melakukan langkah-langkah berikut : 

  1. Riset keyword
  2. Memahami apa yang dicari user
  3. Membuat struktur artikel yang baik
  4. Membuat judul yang menarik yang meliputi keyword
  5. Menggunakan heading dan subheading
  6. Menggunakan internal link dan eksternal link
  7. Optimasi meta description dan gambar.

Selain melakukan cara diatas, kamu dapat mempelajari SEO melalui pelatihan di Arkademi. Klik banner dibawah ini untuk belajar SEO bersama instruktur berpengalaman di bidang SEO! 

Ikuti Kursus SEO di Arkademi