Ini 16 Pertanyaan Interview SEO yang Sering Diajukan Recruiter

Pertanyaan interview SEO yang perlu kamu ketahui
Pengembangan Diri

Interview merupakan salah satu proses dalam seleksi penerimaan kerja pada suatu perusahaan. Setelah lulus screening berkas, perusahaan akan menghubungi kandidat untuk melakukan interview.

Jika kamu telah memasuki tahap ini, tentunya kamu merupakan kandidat yang sesuai dengan perusahaan. Posisi yang dilamar akan menentukan pertanyaan apa saja yang akan diajukan dalam proses interview, sama halnya dengan posisi SEO.

Artikel ini akan membahas pertanyaan interview SEO agar kamu lebih siap untuk menjawab pertanyaan yang mungkin akan diajukan saat proses. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Pertanyaan Interview SEO

Pertanyaan Interview SEO akan dibagi dalam dua bagian yakni pertanyaan dasar dan pertanyaan teknikal. Berikut penjelasannya :

Pertanyaan Dasar

Berikut ini beberapa pertanyaan interview SEO dasar yang sering diajukan.

Apa yang kamu ketahui tentang SEO

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang akan diajukan oleh recruiter. Recruiter ingin mengetahui apakah kamu paham tentang SEO secara umum. Kamu dapat menjawab pengertian dari SEO, tujuan, hingga tools yang biasa digunakan dalam strategi SEO.

Di sini, recruiter akan menanyakan hal umum tentang pengertian-pengertian seputar dunia SEO. berikut contoh pertanyaan sekaligus jawaban yang bisa kamu persiapkan:

Mengapa SEO penting untuk sebuah bisnis?

Kehadiran SEO dalam suatu bisnis memiliki berbagai manfaat penting, antara lain meningkatkan brand awareness, meningkatkan leads dan penjualan, menambah kredibilitas brand, strategi jangka panjang, dan lainnya.

Bagaimana Awal kamu Belajar SEO

Ceritakanlah awal mula kamu mencari tahu tentang SEO. Misalnya, kamu awal mula mengetahui SEO melalui iklan bootcamp, kemudian kamu mulai mencari tahu SEO di internet dan memulai untuk mempelajarinya melalui membaca artikel, mengikuti seminar, dan lain-lain.

Kenapa kamu tertarik Belajar SEO

Pada pertanyaan ini, kamu dapat menjelaskan alasan kamu  memilih untuk menekuni bidang SEO. Berikanlah beberapa contoh yang mungkin akan memperkuat jawabanmu, seperti ‘saya tertarik untuk belajar SEO karena bisnis digital terus berkembang dan posisi SEO memberikan saya spesifik skill untuk membangun karir saya’.

Apa tools SEO yang biasa kamu Gunakan

Seluruh tim yang bekerja di bidang SEO, terutama SEO Specialist tentunya akan memerlukan alat bantu atau tools yang digunakan untuk melakukan pekerjaannya. Jawablah dengan jujur apa saja tools SEO yang kamu kuasai. Misalnya Google Trends, Google Search Console, dan lain sebagainya.

Apa pencapaian kerja kamu dalam SEO

Pertanyaan ini merupakan indikator penilaian apakah kesuksesan yang kamu raih dengan perusahaan yang dilamar sama. Pertanyaan ini merujuk pada bagaimana cara pelamar menilai kesuksesannya apakah selaras dengan KPI (Key Performance Indicators) dari SEO Specialist yang telah ditetapkan.

Pernah Melakukan optimasi berapa website

Jawablah Pertanyaan ini dengan jujur apa saja kontribusi dalam optimasi website yang telah kamu berikan pada perusahaan dimana kamu bekerja.

Mengapa SEO Penting untuk bisnis

SEO hadir dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Selain itu SEO juga berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas brand meningkatkan leads dan penjualan, membangun strategi jangka panjang, dan lainnya.

Faktor apa saja yang mempengaruhi SEO

Kamu dapat menjelaskan faktor apa saja yang akan mempengaruhi rank website pada mesin pencari (Google). Adapun faktor yang mempengaruhi SEO meliputi kualitas konten, kekuatan brand, konten yang up to date, technical SEO yang digunakan, backlink relevan, pagespeed, user experience, dan domain authority.

Bagaimana cara kamu melakukan keyword Research

Untuk menentukan keyword yang akan digunakan, tentunya kamu harus melakukan pencarian keyword yang tepat. Caranya adalah dengan mengidentifikasi tujuan konten, memastikan relevansi keyword dengan topik, menganalisa pesaing, dan lainnya.

Apa itu Link building

Link building merupakan strategi marketing yang digunakan dalam membuat konten agar user mengunjungi website perusahaan. Link building menjadi salah satu elemen penting dalam penilaian Google terhadap website. Adanya backlink akan membuat Google beranggapan bahwa website perusahaan berkualitas.

Apa itu Organic Result

Organik result adalah hasil pencarian konten pada search engine yang dinilai berdasarkan relevansi, kualitas konten, serta variabel terikat lainnya tanpa harus membayar Google. Organik result ini didapatkan dari optimasi technical yang strategis.

Apa yang dimaksud On-Page dan Off-Page

On-page adalah teknik yang digunakan dalam konten SEO agar dapat terdeteksi oleh search engine. Teknik ini dilakukan dengan mengoptimalkan elemen konten yaitu judul, all text, heading, description, dan sebagainya.

Sedangkan off-page adalah strategi yang digunakan dengan menggunakan link building agar website memiliki kredibilitas tinggi serra dapat menempatkan website dalam ranking tertinggi di mesin pencari (Google).

Baca Juga :

Pertanyaan Teknikal

Adapun pertanyaan interview SEO mengenai teknikal skill yang sering diajukan adalah sebagai berikut.

Bagaimana cara kamu implementasi link building

Cara melakukan implementasi link building adalah dengan memproduksi konten yang berkualitas, memposting konten pada forum online, serta guest blogging.

Seberapa pengaruh broken link

Broken link merupakan tanda bahwa link pada halaman website rusak atau error dan tidak dapat bekerja semestinya. Tentunya broken link aka berpengaruh pada reputasi website dan dapat menurunkan ranking pada mesin pencari.

Bagaimana cara optimasi agar mobile friendly

Untuk mengoptimasi website agar mobile friendly, kamu harus mengubah situs web desktop menjadi situs versi mobile. Caranya dengan menggunakan layanan plugin CMS ataupun online site converter.

Apa yang dimaksud sukses dalam SEO

Sukses dalam SEO adalah mengukurnya dengan KPI. hal ini karena KPI berkaitan erat dengan kenaikan trafik website, inbound link, conversion, dan elemen SEO lainnya.

Nah, setelah mengetahui pertanyaan apa saja yang mungkin dilontarkan oleh recruiter pada saat interview. Kamu juga harus mempelajari SEO lebih dalam, salah satunya dengan mengikuti kursus SEO di Arkademi. Untuk mengikuti kursus SEO, kamu dapat langsung klik banner dibawah ini.

Ikuti Kursus SEO di Arkademi