1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. Profesi Wartawan : Pengertian, Tugas, Skill, Tujuan, Prospek Kerjanya

Profesi Wartawan : Pengertian, Tugas, Skill, Tujuan, Prospek Kerjanya

Mengenal lebih dalam apa itu profesi wartawan
Pengembangan DiriPersiapan Kerja

Profesi wartawan mungkin sudah tidak asing di telingamu. Wartawan adalah seseorang yang bekerja dalam bidang jurnalistik. Sebagai seorang wartawan kamu harus memiliki kemampuan untuk menulis setiap informasi yang didapatkan berdasarkan fakta untuk menjadi sebuah berita yang akurat. Kemudian berita tersebut akan dimuat di media massa, baik media cetak maupun elektronik.

Apa Itu Wartawan

Menurut Pasal 1 ayat (4) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, Wartawan adalah seseorang yang memiliki kegiatan jurnalistik secara teratur. Kegiatan yang dilakukan oleh wartawan adalah mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan berita up to date kepada masyarakat melalui media massa, baik elektronik maupun cetak. Adapun pekerjaan yang termasuk wartawan adalah reporter, juru kamera berita, juru foto berita, editor, dan editor audio visual.

Tugas Wartawan dan Tanggung Jawab

Wartawan adalah profesi yang memiliki peran yang sangan penting dalam penyebaran berita kepada masyarakat. Adapun tugas dan tanggung jawab wartawan sebagai berikut:

  1.   Authenticator

Wartawan bertugas untuk memeriksa berita, apakah berita yang didapatkan sesuai dengan fakta atau tidak. Sehingga wartawan akan memilah dan menyebar luaskan berita berdasarkan dengan fakta dan keabsahannya.

  1.   Sense Maker

Wartawan tentunya harus dapat menjelaskan apakah informasi yang didapatkan jelas dan masuk akal.

  1.   Witness Bearer

Wartawan bertugas untuk memeriksa dan memonitor peristiwa tertentu dan dapat bekerjasama dengan reporter.

  1.   Empowerer

Wartawan harus mampu untuk menguatkan percakapan efektif tentang peristiwa tertentu agar menghasilkan informasi yang akurat sesuai dengan narasumber.

  1.   Investigator

Wartawan bertugas untuk mengamati peristiwa yang sedang terjadi dalam berbagai bidang agar dapat membongkar tindak kejahatan.

  1.   Organizer

Mengorganisasi berita merupakan hal penting dilakukan oleh wartawan untuk  menyortir berita lama maupun berita baru.

Skill dan Keterampilan Seorang Wartawan

Untuk menjadi seorang wartawan, tentunya kamu harus memiliki skill yang akan mendukung kamu menjadi wartawan profesional. Berikut skill yang harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang wartawan :

  1.   Kemampuan Komunikasi

Seorang wartawan memiliki tugas untuk memperoleh informasi langsung dari narasumber terpercaya. Maka tentunya kamu harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sehingga informasi yang didapatkan dapat disampaikan secara jelas dan terperinci.

  1.   Kemampuan Menulis

Menulis merupakan kemampuan dasar seorang wartawan. Sebagai wartawan, kamu akan menuliskan scripts ataupun berita dalam berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

  1.   Manajemen Waktu

Wartawan merupakan profesi yang tidak mengenal waktu kerja. Sebagai seorang wartawan tentunya kamu harus siap untuk meliput kapanpun dan dimanapun. maka sangat penting bagi seorang wartawan untuk memiliki kemampuan manajemen waktu agar seluruh pekerjaan yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu.

  1.   Memiliki Wawasan yang Luas

Seorang wartawan akan bertemu dengan berbagai latar belakang narasumber untuk diliput. Tentunya untuk dapat berkomunikasi baik dengan narasumber kamu harus memiliki wawasan yang luas.

  1.   Memiliki Kemampuan Beradaptasi

Dalam meliput berita, tentunya wartawan akan mengunjungi tempat-tempat baru yang cenderung selalu berbeda tergantung dari peristiwa yang terjadi. Tentunya untuk dapat bekerja professional, seorang wartawan harus mampu beradaptasi dengan cepat di berbagai lingkungan selama proses peliputan.

Tujuan Wartawan

Seorang wartawan memiliki tujuan untuk mendapatkan fakta atas peristiwa yang sedang terjadi. Fakta tersebut diperoleh melalui sumber yang kredibel dan dapat dipercaya sehingga berita yang dibuat informatif dan akurat.

Prospek Kerja Seorang Wartawan

Prospek kerja seorang wartawan sangat luas mengingat profesi ini memiliki peran penting dalam masyarakat maupun pemerintah. Wartawan adalah penghubung antara masyarakat dengan pemerintah. Wartawan akan menyampaikan informasi akurat tentang pemerintahan kepada masyarakat. Adapun beberapa kategori wartawan yakni berupa: 

1. Wartawan Profesional

Wartawan profesional merupakan seseorang yang menjadikan wartawan sebagai profesi utamanya.

2. Wartawan Kantor Berita

Wartawan kantor berita merupakan wartawan yang berasal dari suatu kantor berita yang bertugas untuk mencari berita untuk kantornya. Kemudian berita tersebut akan menjadi produk untuk dijual ke berbagai lembaga penerbitan.

3. Wartawan Freelance

Wartawan freelance merupakan wartawan yang tidak terikat dengan suatu perusahaan pers. Meskipun tidak terikat, wartawan ini dapat menyalurkan karyanya ke berbagai media.

4. Koresponden

Koresponden adalah seseorang yang memiliki tugas di suatu daerah atau negara. Koresponden akan melaporkan berita secara teratur kepada redaksi.

Gaji Wartawan

Menurut Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, penghasilan bagi seorang jurnalis pemula di Jakarta sebesar Rp. 8.420.000,-. Sedangkan menurut Indeed, gaji rata-rata seorang reporter di Indonesia sebesar Rp. 4.491.001,-.

Cara Menjadi Wartawan

Untuk menjadi seorang wartawan tentunya kamu harus menguasai skill yang akan mendukung pekerjaan sebagai wartawan. Kamu dapat berlatih menulis di media massa elektronik, berlatih mewawancarai orang, ataupun mengikuti kegiatan magang.

Selain itu, untuk menambah wawasan kamu terhadap jurnalistik, kamu juga dapat membaca buku atau tulisan-tulisan mengenai jurnalistik. 

Sebagai alternatif lain untuk belajar, kamu dapat mengambil kursus online dengan waktu yang fleksibel. Salah satunya dengan mengambil kelas jurnalistik di Arkademi.

Arkademi menyediakan kelas jurnalistik yang akan menjelaskan fundamental jurnalistik hingga mencontohkan teknik penulisan berita peserta akan mendapat sertifikat elektronik yang kredibel di akhir pembelajaran. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas jurnalistik, kamu dapat langsung klik banner di bawah ini.

Menjadi Jurnalis Profesional dengan kursus jurnalis di Arkademi

Rekomendasi