1. Beranda
  2. Keselamatan Kerja
  3. Mengenal K3 dan Tujuan Keselamatan Kerja bagi Produktifitas Pekerja

Mengenal K3 dan Tujuan Keselamatan Kerja bagi Produktifitas Pekerja

tujuan keselamatan kerja
Keselamatan KerjaPengembangan Karier

Kata K3 mungkin sudah tidak asing bagi para pekerja. K3 merupakan singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja. K3 adalah sebuah upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

Ini juga menjadi pedoman untuk mengidentifikasi dan menilai risiko serta bahaya terhadap keselamatan serta kesehatan di lingkungan kerja. Dengan adanya K3, pekerja akan merasa lebih aman dan dapat bekerja dengan produktif.

Mengenal K3 Keselamatan Kerja

K3 keselamatan kerja adalah seluruh ilmu dan penerapan untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Hal tersebut meliputi kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

Tujuan keselamatan kerja adalah untuk mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian yang dilakukan yang mengakibatkan demotivasi serta defisiensi produktivitas dalam bekerja.

Keselamatan kerja akan menjamin pekerja untuk merasa aman dan sehat dalam menjalankan pekerjaannya. Keamanan dan kesehatan tersebut meliputi keamanan dari kecelakaan dan sehat dari berbagai macam faktor penyakit yang dapat timbul saat proses kerja.

Keselamatan dan kesehatan kerja dapat tercapai jika keamanan kerja juga berjalan. Keamanan kerja dapat diwujudkan dengan menggunakan perlengkapan keamanan saat bekerja seperti kacamata, helm, baju pelindung, dan lainnya.

Selain itu perlengkapan keamanan ruangan juga dibutuhkan berupa buku petunjuk penggunaan alat, imbauan, isyarat bahaya, dan petugas keamanan yang berjaga.

Alasan Adanya Program keselamatan dan Kesehatan kerja

Program keselamatan dan kesehatan kerja dibentuk atas dasar alasan sebagai berikut :

a. Berdasarkan perikemanusiaan

Manajer suatu perusahaan akan melakukan pencegahan kecelakaan kerja dengan mengurangi sebanyak-banyaknya rasa sakit dari pekerjaan yang diderita luka serta efek terhadap keluarga.

b. Berdasarkan Undang-Undang

Bagi seluruh individu maupun kelompok yang melanggar keselamatan dan kesehatan kerja merupakan pelanggar Undang-Undang dan akan dijatuhi hukuman denda.

c. Berdasarkan Alasan ekonomi

Keselamatan kerja akan memberikan dampak yang besar bagi setiap perusahaan, terutama pada materiil.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sertifikasi K3 Umum

Tujuan Keselamatan Kerja

Tujuan keselamatan kerja menurut UU No. 1 Tahun 1970 adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja, memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Adapun 3 tujuan keselamatan kerja berdasarkan UU No.1 Tahun 1970 antara lain :

  1. Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja
  2. Menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien
  3. Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas Nasional

Cara Pencapaian Keselamatan Kerja

tujuan keselamatan kerja k3 umum

Keselamatan kerja dapat diraih dengan menerapkan ergonomi, ergometri, otomatisasi dan penggunaan alat perlindungan diri. Adapun penjelasannya dijelaskan sebagai berikut :

Ergonomi

Ergonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan keterkaitannya dengan pekerjaan mereka. Artinya, ergonomi adalah penyesuaian pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia dalam menurunkan tingkatan stress yang akan dihadapi.

Ergonomi merupakan hukum yang mengatur tenaga kerja, sarana kerja dan pekerjaan.

Ergometri

Ergometri adalah ilmu yang digunakan untuk mengukur kemampuan kerja oleh pekerja dalam pekerjaannya serta daya kerja fisik maksimum tenaga kerja. Ini merupakan penyesuaian dari pekerja terhadap pekerjaannya.

Otomatisasi

Otomatisasi merupakan penggunaan alat-alat mekanik yang digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Peralatan Perlindungan Diri

Peralatan perlindungan diri sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya alat perlindungan seperti helm, kacamata, jas atau pakaian kerja, sarung tangan dan lainnya.

Selain itu juga terdapat alat perlindungan pernafasan seperti respirator dan alat bantu pernapasan. Kemudian adal alat perlindungan pendengaran berupa ear plug, semi insert ear plug, dan ear muff.

Baca juga: Rekomendasi Pelatihan K3 Umum Terbaik di Arkademi

Memahami tentang kesehatan dan keselamatan kerja akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan maupun pekerja. Hal ini karena jika telah memahami K3, baik pekerja maupun perusahaan akan mampu untuk mengurangi kerugian materiil yang dapat terjadi akibat kecelakaan kerja namun juga dapat mendorong produktivitas dan efisiensi kerja.

Untuk info selengkapnya mengenai kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

tujuan keselamatan kerja

Arkademi merupakan lembaga kursus yang menyediakan kelas K3 untuk memberikan pengetahuan K3 secara umum dan bagaimana penerapannya di lingkungan kerja. kursus sertifikasi K3 ini diselenggarakan oleh Arkademi bekerjasama dengan instruktur ahli K3 yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Rekomendasi