Ini Dia, 8 Tugas Quality Assurance dan Jenjang Karirnya!

tugas quality assurance
Pengembangan Diri

Quality Assurance adalah elemen kunci dalam setiap proses pengembangan produk atau layanan. Tugas Quality Assurance adalah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. 

Selain itu, tentunya masih ada banyak lagi tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh seorang Quality Assurance. Penasaran apa saja?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tugas Quality Assurance, tanggung jawab, serta mengapa peran mereka sangat penting dalam industri.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Quality Assurance

Tugas Quality assurance

Seorang Quality Assurance memiliki tugas-tugas utama yang mencakup:

1. Pemahaman terhadap Spesifikasi Produk

QA harus memiliki pemahaman mendalam tentang spesifikasi produk yang sedang dikembangkan. Mereka harus dapat memeriksa setiap aspek produk dan memastikan bahwa itu sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

2. Pengembangan dan Pelaksanaan Rencana Pengujian

Quality assurance adalah

QA harus merancang rencana pengujian yang efektif. Mereka harus mengidentifikasi area-area yang perlu diuji dan mengembangkan skenario pengujian yang relevan.

3. Pelaporan Hasil Pengujian

Setelah pengujian selesai, QA harus menyusun laporan hasil pengujian. Laporan ini akan memberikan informasi berharga kepada tim pengembangan untuk memperbaiki produk.

4. Pengujian dan Pemantauan Kualitas Produk

Tugas Quality assurance

Bagian penting dari tugas QA adalah mengidentifikasi kegagalan dan membantu dalam perbaikan. QA harus terus memantau kualitas produk selama pengembangan. Mereka perlu menjalankan pengujian berulang dan memastikan tidak ada penurunan kualitas.

5. Analisis Akar Masalah

Jika terjadi kegagalan, QA harus melakukan analisis akar masalah. Mereka harus mencari tahu mengapa masalah terjadi dan bagaimana mencegahnya di masa depan.

6. Kolaborasi dengan Tim Pengembangan

Quality assurance adalah

QA bekerja sama dengan tim pengembangan untuk memperbaiki produk. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan efektif dan membantu tim dalam mengimplementasikan perbaikan.

7. Menetapkan Pedoman Kualitas

QA juga bertanggung jawab untuk mengembangkan proses dan standar kualitas. QA harus menetapkan pedoman kualitas yang akan diikuti oleh tim pengembangan. Ini termasuk prosedur pengujian dan standar pengembangan.

8. Mengoptimalkan Proses Pengembangan

Mereka juga harus bekerja untuk mengoptimalkan proses pengembangan. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi dan kualitas produk.

Baca juga: Mengenal Project Quality Management, Elemen dan Kenapa itu Penting

Jenjang Karir Quality Assurance

Quality Assurance adalah pilar penting dalam industri pengembangan produk. Namun, seperti profesi lain, QA juga memiliki jenjang karier yang memungkinkan para profesional untuk terus berkembang dan mencapai puncak keahlian mereka. 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membangun karier sebagai QA:

1. Quality Assurance Junior

Pada tahap awal karier, seseorang akan memulai sebagai Quality Assurance Junior. Tugas utama termasuk membantu dalam pengujian produk, memvalidasi hasil, dan mendokumentasikan temuan.

2. Quality Assurance Analyst

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup, seseorang dapat naik ke posisi Quality Assurance Analyst. Pada tingkat ini, seorang analis QA akan mengembangkan rencana pengujian yang lebih kompleks, melakukan pengujian fungsional dan non-fungsional, dan berkolaborasi dengan tim pengembangan.

3. Quality Assurance Engineer

Quality Assurance Engineer adalah langkah selanjutnya dalam jenjang karier. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan alat dan sistem otomatisasi pengujian. Hal ini memungkinkan proses pengujian menjadi lebih efisien dan terukur.

4. Quality Assurance Lead

Seiring dengan pengalaman dan keterampilan kepemimpinan, seseorang dapat memajukan karier mereka menjadi Quality Assurance Lead. Posisi ini melibatkan mengelola tim QA, mengawasi proyek-proyek pengujian, dan memastikan semua tugas dilakukan dengan baik.

5. Quality Assurance Specialist

Sebagai seorang Quality Assurance Specialist, seseorang akan menjadi ahli dalam area spesifik, seperti pengujian keamanan atau pengujian kinerja. Mereka akan memberikan panduan dan bimbingan kepada tim QA.

6. Quality Assurance Manager

Posisi tertinggi dalam jenjang karier QA adalah Quality Assurance Manager. Manajer QA memiliki tanggung jawab besar dalam menentukan strategi QA, mengawasi semua aspek pengujian, dan berkolaborasi dengan tim manajemen senior.

Jika ingin mengembangkan karir sebagai QA, kamu bisa mulai belajar melalui pelatihan Quality Assurance : Fundamental Proses Pengujian Software dan Produk Digital. Pelatihan ini juga cocok untuk kamu yang ingin beralih profesi menjadi QA.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengikuti program kursus Quality Assurance lainnya di Arkademi untuk mengasah kemampuan kamu sebagai QA profesional.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Product Marketing, Tugas, Hingga Kenapa itu Penting

Tips Membangun Karier Sebagai QA yang Sukses

Bagi Arkawan yang ingin membangun karier yang sukses dalam QA, berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu mencapai tujuanmu.

1. Terus Belajar dan Berkembang

Industri teknologi terus berubah, maka penting untuk terus belajar tentang perkembangan terbaru dalam QA dan teknologi terkait.

2. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik adalah kunci untuk berkolaborasi efektif dengan tim pengembangan dan manajemen.

3. Asah Keterampilan Teknis

Selain pengujian, memahami alat-alat otomatisasi dan bahasa pemrograman akan meningkatkan nilai kamu sebagai seorang QA.

4. Terlibat dalam Komunitas QA

Bergabung dengan komunitas QA, baik secara online maupun offline, dapat membantumu membangun jaringan dan memperoleh wawasan berharga.

5. Menunjukkan Inisiatif

Selalu mencari cara untuk meningkatkan proses pengujian dan memberikan nilai tambah bagi tim dan perusahaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan terus meningkatkan keterampilanmu, kamu dapat membangun karier yang sukses dalam memastikan kualitas produk. Selamat memulai perjalanan menuju puncak keahlian QA!

Baca juga: Apa itu Market Research , Ini dia Penjelasan Lengkapnya

Saatnya Menjadi Quality Assurance yang Profesional!

Tugas Quality assurance

Seorang Quality Assurance memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kualitas produk dan layanan. Tugas dan tanggung jawab mereka mencakup pengujian, pemantauan, analisis, dan kolaborasi. 

Dengan melakukan pekerjaan mereka dengan baik, QA dapat membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengurangi biaya perbaikan, dan meningkatkan reputasi. Ini adalah investasi yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang.

Ketegori Kelas Terpopuler

Rekomendasi Artikel