Tugas Market Researcher dan Kenapa Penting Bagi Perusahaan

Tugas marketing analyst yang perlu diketahui oleh calon marketing analyst
Pengembangan Diri

“Market researcher bertugas untuk melakukan pengumpulan data dan informasi lalu menganalisisnya untuk membantu perusahaan atau client dalam pengambilan keputusan”

Seorang market research merupakan orang yang penting di dalam perusahaan, karena posisi ini memungkinkan untuk seseorang menganalisa mengenai pasar yang ada di dalam masyarakat dan apakah terdapat masalah yang belum memiliki jawabannya.

Karena peran market research merupakan posisi yang penting, tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang untuk mengisi posisi ini.

Persaingan yang semakin ketat, membuat kamu yang ingin  berprofesi sebagai market analyst membutuhkan skill yang relevan, oleh karena itu sangat penting sekali untuk mempunyai skill tersebut

Selain menguasai skill yang dibutuhkan, kamu juga harus paham mengenai tugas dan tanggung jawab dari seorang market researcher. Dalam artikel ini, kamu akan belajar mengenai tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh market researcher dalam sebuah perusahaan.

Kenapa Market Research Penting

Peran market research penting untuk perusahaan, berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa market research penting untuk kepentingan perusahaan.

  • Untuk Memahami kebutuhan pasar
  • Sebagai pengembangan produk
  • Sebagai bahan pengambilan keputusan
  • Meminimalisir risiko
  • Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Baca Juga : Rekomendasi Kursus Online Market Analyst Terbaik di Arkademi

Tipe Market Research

Dalam market research, terdapat beberapa tipe yang bisa digunakan, berikut ini merupakan beberapa tipe market research yang perlu diketahui :

#1. Riset Pasar Primer

Penelitian primer, berarti peneliti mengumpulkan informasi secara langsung daripada mengandalkan informasi yang tersedia dalam database dan publikasi lainnya.

Riset pasar primer meliputi survey, interview, observasi hingga grup, tetapi pada riset pasar primer ini memiliki kelemahan seperti biaya , waktu dan tenaga yang besar.

#2. Riset Pasar Sekunder

Berbeda dengan riset pasar primer, riset pasar sekunder ini menggunakan data dari pihak ketiga seperti artikel, jurnal hingga data pemerintahan yang memang menyediakan data untuk diolah.

Tugas dan Tanggung Jawab Market Researcher

Tugas utama market researcher adalah mengumpulkan data menganalisis data yang ada. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab seorang market researcher yang perlu diketahui :

Mengumpulkan Data

Tugas pertama yang dilakukan seorang market researcher adalah mengumpulkan data pasar yang dan relevan dengan bisnis. Kamu dapat mengumpulkan data dengan cara riset pasar primer atau sekunder.

Merancang Survey

Tugas dan tanggung jawab yang kedua adalah merancang survey. Survey merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mencari data. Kamu harus merancang survey yang relevan dengan bisnis supaya mendapatkan jawaban yang dibutuhkan perusahaan.

Menganalisis Data

Setelah data sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut. Data tersebut harus dianalisa untuk mendapatkan kesimpulan dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Dengan menganalisis data tersebut kamu akan memberikan informasi yang memang dibutuhkan untuk perusahaan.

Menjelaskan Data dan Membuat Laporan

Sebagai seorang market researcher, kamu harus bisa membuat laporan dan menjelaskan datanya agar mudah dipahami. Pembuatan laporan akan sangat penting karena berhubungan dengan keputusan yang akan diambil nantinya oleh perusahaan.

Mengikuti Perkembangan Trend

Tugas terakhir dari seorang market researcher adalah selalu mengikuti perkembangan trend yang ada dalam pasar. Kamu harus selalu mengikuti trend yang ada dalam pasar karena ini akan sangat berhubungan dengan produk yang menjawab kebutuhan pasar.

Gaji Market Researcher

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab besar kecilnya gaji seorang market analyst seperti pengalaman kerja, jenis perusahaan, jenis industri hingga skala besar kecilnya perusahaan tersebut.

Dilansir data yang terdapat pada HRDBacot Survey mengenai data gaji di Indonesia. Gaji seorang marketer analyst di DKI Jakarta dengan pengalaman 1 tahun berkisar Rp.7.000.000,. hingga Rp.8.000.000,.

Baca Juga : Gaji Marketing Analyst dan Faktor yang Mempengaruhinya

Kualifikasi Market Researcher

Tidak ada kualifikasi kusus yang menjadi dasar untuk seseorang dalam menjadi market research, tetapi dilansir dari prospects berikut ini merupakan kualifikasi yang setidaknya harus dimiliki oleh seorang  market researcher :

  • Memiliki skill market research
  • Suka mengenai research
  • Menyelesaikan minimal pendidikan S1

Itu dia penjelasan singkat mengenai tugas seorang market researcher yang perlu dikuasai. Jika kamu ingin meningkatkan skill market research ini, kamu dapat mengikuti kursus market analyst di Arkademi.

DIsini kamu akan belajar dari dasar mengenai ilmu market research hingga metode yang digunakan dalam proses research.