1. Home
  2. Bisnis
  3. Tugas Business Consultant dan Perannya dalam Bisnis

Tugas Business Consultant dan Perannya dalam Bisnis

Bisnis Pengembangan Karier Persiapan Kerja
Gaji Business Consultant beserta pengertianya

Dalam dunia bisnis, istilah business consultant atau konsultan bisnis pasti sudah sering di dengar. Tapi sebenarnya tugas business consultant itu dan kenapa kita perlu menggunakan jasa ini.

business consultant adalah seorang yang membantu bisnis perusahaan dengan bekerja sama untuk meningkatkan bisnis supaya lebih efisien. 

Dengan gaji seorang business consultant yang bisa dibilang besar, tentu pekerjaan ini menuntut tugas dan tanggung jawab yang besar juga. 

Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa itu business consultant, tugas, hingga peranya dalam sebuah bisnis.

Apa itu Business Consultant

Dikutip dari BusinessnewsDaily, “Konsultan bisnis adalah seorang profesional yang mempunyai keterampilan dan bekerja sama dengan pemilik bisnis”

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa konsultan bisnis adalah seorang individu yang mempunyai pengalaman dalam bisnis dan memberikan layanan kepada pemilik bisnis dengan memberikan konsultasi terkait operasional, strategi dan lainnya.

Tentunya menjadi seorang bisnis konsultan tidak hanya memberi saran, tetapi juga harus memberikan solusi terkait masalah yang terdapat dalam sebuah bisnis.

Tugas Seorang Business Consultant

Biasanya terdapat 2 jenis konsultan bisnis, yaitu bisnis konsultan spesialis dan generalis. Seorang bisnis konsultan spesialis biasanya lebih paham dalam suatu bidang mengenai bisnis tersebut.

seorang bisnis konsultan generalis tentu memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menjalankan tugasnya. Berikut ini tugas seorang bisnis konsultan secara umum :

  1. Melakukan identifikasi masalah yang terdapat dalam perusahaan yang menghambat proses pertumbuhan dan efisiensi perusahaan

  2. Menentukan apa saja yang perlu dilakukan adanya  perubahan berdasarkan identifikasi masalah.

  3. Memberikan pelatihan kepada staf dan manajemen yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan

  4. Membantu perusahaan dalam membuat ide atau gagasan baru untuk membantu perkembangan perusahaan.

  5. Melakukan audit anggaran perusahaan untuk efisiensi terhadap hal yang tidak diperlukan

Baca Juga : Gaji Konsultan Pajak Mencapai 2 Digit, Intip SKill yang di Butuhkan

Peran Business Consultant dalam sebuah Bisnis

Konsultan bisnis memiliki peran yang penting dalam setiap bisnis, mulai dari bisnis start up. hingga perusahaan besar memerlukan konsultan bisnis dalam skalanya masing-masing, tapi sebenarnya kenapa sih bisnis perlu seorang bisnis konsultan.

Dengan adanya bisnis konsultan diharapkan akan membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya menjadi baik dan bertumbuh.

Gaji Business Consultant

Gaji Business consultant sangat dipengaruhi oleh pengalaman yang dia punya, semakin lama dia berpengalaman dalam menjadi seorang bisnis konsultan maka akan memiliki gaji yang semakin tinggi. 

Untuk pemula, Gaji Business consultant bisa mencapai Rp 4.500.000 – Rp.6.000.000, Untuk yang memiliki pengalaman sebelumnya bisa mencapai Rp.8.000.000 – Rp. 15.000.000. 

Cukup Menggiurkan bukan untuk gaji sebagai bisnis konsultan ini.

Cara Menjadi Business Consultant

Ada berbagai macam cara untuk menjadi seorang bisnis konsultan, berikut ini beberapa hal yang perlu arkawan siapkan untuk menjadi seorang bisnis konsultan.

  1. Pilih Jenis Konsultan

Ada beberapa jenis bisnis konsultan, kamu bisa mencoba untuk memilih yang kamu pahami dan ingin kamu mulai, beberapa jenis bisnis konsultan antara lain adalah Strategy dan manajemen konsultan, Financial Konsultan, Operation Konsultan, Marketing Konsultan hingga HR Konsultant.

2. Kursus Online

Mengikuti kursus online bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin terjun kedalam dunia bisnis konsultan ini, dengan mengikuti kursus online tentunya kamu akan mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan ini dari expert yang sudah berpengalaman dalam bidangnya sebelumnya. 

3. Dapatkan Sertifikat

Sertifikat bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus online bersertifikat, sehingga kamu memiliki bukti bahwa kamu berkompeten dalam bidang tersebut. Dengan adanya sertifikat, itu bisa dijadikan sebagai bukti bahwa kamu memang orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Menjadi konsultan bisnis bisa menjadi profesi yang bisa kamu pertimbangkan untuk tujuan karirmu. Selain itu, Gaji yang ditawarkan dengan menjadi seorang bisnis konsultan pastinya sangat menggiurkan. 

Dengan menjadi seorang bisnis konsultan tentu kamu perlu mempersiapkannya banyak hal dengan matang salah satunya adalah mengikuti kursus online.

Di Arkademi banyak sekali kursus yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skill sehingga dapat mendapatkan pengetahuan terkait jenis bisnis konsultan yang akan kamu pilih.

Selain itu, Arkawan juga bisa mencoba untuk download aplikasi Arkademi di Playstore untuk mendapatkan koin yang nantinya bisa digunakan untuk membeli kelas di Arkademi. Tunggu apalagi, yuk belajar di Arkademi untuk bisa menjadi bisnis konsultant.

Rekomendasi