arkademi Kursus Online No. 1

Ketahui Bedanya Jurnalisme Investigasi dan Data Serta Temukan Pelatihan Jurnalistik di Indonesia!

2 min read

pelatihan jurnalistik di indonesia

Arkawan punya ketertarikan bekerja di bidang jurnalisme? Yuk cari tau dulu apa bedanya jurnalisme investigasi dan data, serta temukan pelatihan jurnalistik di Indonesia yang terjangkau untuk kamu ambil sebagai penunjang karir.

Bedanya jurnalisme investigasi dan data

Jurnalisme investigasi adalah bentuk jurnalisme yang menyelidiki dan mengungkap kejahatan, korupsi, dan pelanggaran lainnya. Jurnalis investigasi sering melakukan pelaporan investigasi untuk mengungkap masalah sosial dan/atau korupsi politik. Ada berbagai metode investigasi yang dapat digunakan dalam proses pelaporan investigasi. Ini termasuk:

·   Bukti dokumenter (dalam bentuk dokumen tertulis, rekaman suara atau potongan gambar yang terjamin keasliannya).

·   Kesaksian saksi atau hasil wawancara oleh wartawan yang sudah diambil sumpahnya untuk tidak menjaga keaslian data.

·   Laporan resmi dari lembaga penegak hukum, badan pengatur (misalnya, lembaga perlindungan konsumen).

Nah, ternyata untuk menjadi ahli di bidang profesi ini perlu pemahaman yang baik ya, ini mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk mengambil pelatihan jurnalistik di Indonesia. Sekarang, yuk lanjut cari tau apa itu jurnalisme data.

Jurnalisme data biasa dipahami sebagai sebuah cara melaporkan dan menganalisis berita menggunakan data. Ini adalah bidang yang berkembang pesat dan semakin penting dalam industri berita. Di dunia saat ini, hampir semua orang memiliki akses ke informasi digital yang belum pernah ada sebelumnya. Ini berarti bahwa jurnalis memiliki akses ke lebih banyak sumber untuk cerita mereka daripada sebelumnya, tetapi juga ada banyak tantangan yang terlibat dalam menemukan informasi online yang dapat diandalkan.

Semua pelatihan jurnalisme di Indonesia pasti akan menyediakan metode untuk memverifikasi data sebelum berita tayang untuk menghindari dari kesalahan penyampaian berita ke khalayak luas yang mungkin berdampak buruk.

pelatihan jurnalistik di indonesia

Apa Itu verifikasi data?

Verifikasi adalah proses konfirmasi atau validasi keakuratan informasi. Verifikasi adalah bagian penting dari jurnalisme dan bisa menjadi bagian yang menantang dari pekerjaan Anda sebagai jurnalis. Ketika jurnalis memverifikasi informasi, seseorang perlu memastikan bahwa apa yang ditulis atau laporkan dapat dipercaya. Memverifikasi informasi berarti memeriksanya dengan berbagai sumber sehingga penulis bisa yakin bahwa berita yang akan disebarkan tidak mengandung unsur ketidakpastian bahkan kesalahan.

Pentingnya seorang jurnalis memverifikasi data

Verifikasi penting karena membantu memastikan bahwa berita dan informasi akurat, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap jurnalis dan publikasi mereka. Sebuah berita dengan fakta yang tidak benar akan memiliki dampak yang lebih kecil daripada berita yang telah diverifikasi secara menyeluruh oleh reporter berpengalaman yang memiliki akses ke sumber terpercaya yang tahu apa yang mereka bicarakan.

Jika Arkawan ingin menjadi jurnalis di Indonesia, ada banyak cara untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk sukses. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi jenis jurnalisme apa yang ingin Arkawan lakukan, dan bergabung dalam pelatihan jurnalistik di Indonesia. Jika Arkawan memiliki waktu terbatas untuk pelatihan atau kendala dalam biaya pelatihan yang besar, saat ini terdapat banyak kursus online yang bisa Arkawan manfaatkan.

pelatihan jurnalistik di indonesia

Tips untuk menemukan pelatihan jurnalistik di Indonesia

·   Tentukan jenis jurnalisme apa yang ingin kamu tekuni.

·   Cari kelas offline/online.

·   Perhatikan deskripsi dan materi kelas yang ditawarkan.

·   Bandingkan beberapa Lembaga pelatihan jurnalistik di Indonesia.

·   Pertimbangkan harga, dan durasi penyelesaian kelas pelatihan jurnalistik.

·   Pastikan Lembaga terakreditasi/terpercaya.

·   Pilih pelatihan jurnalistik di Indonesia yang menawarkan sertifikat.

Salah satu pelatihan jurnalistik di Indonesia tersedia di aplikasi kursus online bersertifikat – Arkademi, kelas Menjadi Jurnalis Profesional yang diantarkan langsung oleh Pepih Nugraha, seorang profesional di dunia jurnalisme bisa Arkawan dapatkan dengan harga Rp500.000. Materi pembelajaran sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini, sehingga sertifikat yang nanti kamu dapatkan akan bermanfaat untuk meningkatkan daya jual dibanding para pelamar lainnya, sertifikat juga bisa digunakan untuk membuktikan kemampuan kamu dibanding rekan selevel.

Saat ini pelatihan jurnalistik di Indonesia lebih banyak diselenggarakan tatap muka, ini mengapa dengan mengambil kelas di Arkademi menjadi pilihan yang menarik untuk kamu yang memiliki kendala waktu dan biaya. Arkademi terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menawarkan banyak kelas lainnya melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

Yang baru di Arkademi!

Oh ya jika kamu pengguna baru Arkademi segera download aplikasinya dan lengkapi data diri untuk dapat koin hingga 25.000 Arkademi Koin ya! Selanjutnya kamu bisa menggunakan koin untuk mendapat potongan harga kelas, beberapa kelas juga menyediakan cashback Arkademi Koin untuk kamu kumpulkan dan gunakan di kemudian hari. Jika Arkawan butuh informasi lebih lanjut, silahkan baca halaman ini untuk mendapat informasi lebih dalam terkait cara mendapatkan dan menggunakan Arkademi Koin yaa! 

arkademi Kursus Online No. 1