1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. 13 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi UI UX Designer (Panduan UI UX)

13 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi UI UX Designer (Panduan UI UX)

Persiapan Kerja
Skill yang di butuhkan untuk menjadi UI UX Designer

Untuk menjadi UI UX designer, kamu tidak harus memiliki gelar pendidikan tertentu. Karena skills akan banyak berpengaruh pada pekerjaan yang kamu lamar. 

Untuk menjadi seorang UI UX designer, kamu dituntut untuk bisa menggunakan tools-tools tertentu. 

Selain itu, skill yang harus dimiliki UI UX designer adalah memiliki rasa empati, mampu berpikir kritis, memiliki kemampuan berkomunikasi, memiliki kemampuan dalam design grafis, mampu membuat wireframing dan prototype, dan lain-lain.

Jika kamu telah memiliki skill yang mendukung kamu untuk melamar pekerjaan sebagai UI UX designer, maka akan sangat mudah bagi kamu menjalankan peran dan tanggung jawab posisi tersebut. 

Kenapa Seorang UI UX Harus Memiliki Skill Kompetensi ?

Dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk dapat bekerja professional. Maka hal ini lah yang menjadi alasan kenapa kamu harus memiliki skill kompetensi. 

Sama halnya saat ingin bekerja menjadi UI UX Designer, kamu juga harus mempunyai skill yang relevan dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan itu nantinya

Skill yang Harus Dimiliki UI UX Designer

Sebelum melamar pekerjaan sebagai UI UX designer, pastikan kamu telah memiliki skill yang relevan. Adapun skill yang harus dimiliki UI UX designer antara lain : 

Soft Skill UI UX Designer

Softskill UI UX Designer

1. Komunikasi

Kemampuan komunikasi menjadi skill yang harus dimiliki oleh UI UX Designer. 

Hal ini akan membantu kamu dalam melakukan riset mengenai kebutuhan pengguna, menyampaikan informasi terhadap tim design, dan mempresentasikan solusi kepada klien ataupun tim.

2. Empati

Memiliki rasa empati akan memungkinkan kamu untuk dapat menyelesaikan masalah dan memberikan solusi berdasarkan sudut pandang pengguna. 

Kamu harus melakukan evaluasi untuk memahami apa yang pengguna butuhkan ataupun khawatirkan. Kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi pengguna dan memahami apa yang pengguna inginkan.

3. Belajar hal baru

Perkembangan teknologi yang begitu pesat akan menuntut kamu untuk paham tentang segala hal. 

Perkembangan teknologi juga akan menciptakan platform-platform baru yang mungkin akan berbeda dari sebelumnya. 

Maka, sangat penting bagi seorang UI UX designer untuk belajar hal baru agar dapat menciptakan produk yang nyaman, informatif, dan up to date.

4. Berfikir Kritis

Sebagai seorang UI UX designer, kamu harus dapat berpikir kritis. Hal ini karena kamu akan bertugas untuk mengumpulkan informasi yang apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna dalam suatu produk web atau aplikasi. 

Nantinya informasi tersebut akan membantu kamu untuk membuat konsep, menganalisa, dan mengevaluasi informasi yang telah dikumpulkan untuk membangun sebuah design yang interaktif, nyaman, dan mudah digunakan. 

5. Problem Solving

Seorang UI UX designer akan di hadapkan oleh kebingungan dan keresahan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau web. 

Maka sangat penting bagi kamu untuk dapat memberikan solusi dari semua kebingungan pengguna dan menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

6. Time management

Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena didalam dunia kerja terkadang terdapat pekerjaan-pekerjaan yang mungkin memiliki deadline yang sama. 

Perusahaan akan mencari seorang UI UX designer yang pintar mengatur waktu dan memprioritaskan tugas untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Hardskill UI UX Designer

Hardskill UI UX Designer

1. UX Writing/Writer

Kemampuan dalam melakukan UX writer akan mendorong kamu untuk dapat membuat web atau aplikasi yang memberikan pengalaman berkesan bagi pengguna dengan mikrokopi yang baik. 

2. Menguasai Tools Design

Terdapat banyak sekali tools design yang dapat kamu gunakan untuk merancang interface yang baik dan untuk mempermudah penggunaan produk. 

Dengan menguasai tools design, maka kamu akan dapat merancang elemen-elemen yang akan diterapkan dalam wireframe dan prototype.

3. Mampu melakukan riset

Seorang UI UX designer harus dapat menciptakan produk yang dapat memberikan semua kebutuhan pengguna. 

Maka UI UX designer harus mampu melakukan riset pengguna untuk dapat membuat design sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, riset untuk mengetahui kompetitor juga dibutuhkan guna menciptakan produk yang lebih baik.

4. Membuat Desain

Membuat design merupakan skill yang menjadi keharusan untuk menjadi seorang UI UX Designer. 

Dengan memiliki kemampuan untuk membuat design, kamu akan lebih mudah untuk membuat design interface yang baik dan mudah digunakan oleh pengguna.

5. Membuat Wireframe dan prototype

Wireframe adalah kerangka dasar dalam pembuatan website atau aplikasi. Dalam proses wireframe, kamu akan mengatur semua tata letak komponen-komponen seperti header, link, content, banner, dan lain-lain sesuai dengan keinginan pengguna.

Sedangkan prototype adalah sebuah metode untuk mengembangkan rancangan produk menjadi produk final yang siap untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

6. Melakukan pengolahan data

Sebagai seorang UI UX designer, kamu harus bisa mengumpulkan dan mengubah informasi yang didapat untuk menghasilkan keputusan. 

Nantinya keputusan tersebut akan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi pengguna.

7. User Testing

User testing berfungsi untuk mengumpulkan informasi mengenai pendapat pengguna saat menggunakan produk. 

Nantinya informasi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan dan 

Cara meningkatkan Skill UI UX Designer

Setelah mengetahui apa saja skill yang harus dimiliki ui ux designer, kamu dapat meningkatkan skill tersebut dengan belajar otodidak dengan menonton YouTube terkait pembahasan UI UX designer, mengikuti seminar-seminar yang membahas UI UX Designer, membaca blog terkait UI UX Designer dan lain-lain.

Selain belajar otodidak, kamu juga dapat mengikuti kursus mengenai UI UX Designer. Tentunya dengan mengikuti kursus kamu akan semakin paham tentang UI UX karena diajarkan langsung oleh para ahli yang telah berkecimpung lama di bidang terkait. 

Banyak sekali kursus yang menyediakan kursus mengenai UI UX designer, salah satunya Arkademi. Arkademi memiliki kelas untuk Belajar Desain UI dan UX Website dari Pemula sampai Mahir yang akan membantu kamu dalam meningkatkan skill dan mengembangkan karier profesional.

-Klik Banner di bawah ini untuk melihat kelas-

 

Kursus Belajar UI UX untuk pemula

Sumber :

https://www.coursera.org/articles/what-does-a-ux-designer-do

https://www.springboard.com/blog/design/ui-ux-skills/

Tag

Rekomendasi